Hari Kartini:4 Buku Tentang Kiprah dan Kisah Inspiratif


  • Hari Kartini:4 Buku Tentang Kiprah dan Kisah Inspiratif
    Buku selalu bisa jadi medium untuk menuangkan kisah dan juga pengalaman hidup yang menginspirasi. Apa saja? (Foto: Dok/berbagaisumber)


    Ketika Kartini menuliskan gagasan dan terangkum dalam buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang', pemikiran akan upaya kesetaraan gender yang dituangkannya itu lalu bertahan hingga kini. 

    Buku menjadi medium untuk mengisahkan pengalaman dan gagasan yang menginspirasi banyak perempuan lainnya. Ini juga yang kini mudah ditemukan dalam berbagai buku yang ditulis oleh para penulis perempuan.



    Sebut saja di antaranya buku memoar yang ditulis Michelle Obama berjudul Becoming, atau kiprah sukses Sheryl Sandberg dalam bukunya Lean In: Women, Work and the Will to Lead. Di antara banyak buku yang menyuguhkan hasil pemikiran, kisah inspiratif dan kata-kata yang menyuarakan women empowerment, berikut empat yang bisa jadi pegangan. 

    (Baca juga: Hari Kartini: 6 Tokoh Perempuan Hebat Masa Kini) 


    1. Becoming

    by Michelle Obama

     

    Buku berisikan 24 bab ini dibagi ke dalam tiga bagian: ‘Becoming Me’, ‘Becoming Us’, dan ‘Becoming More’ di mana setiap bagiannya membahas seputar kehidupan personal Michelle Obama yang tumbuh di area Selatan Chicago dan pengalamannya mengemban pendidikan di Princeton University dan Harvard Law School hingga perjalanan kariernya sebagai pengacara di firma hukum, Sidley Austin.

    Buku ini juga menceritakan kisah asmaranya bersama sang suami, Barack Obama, dan awal karier politiknya. Di akhir buku, Michelle mendeskripsikan malam pemilihan di 2008 saat Barack terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat dan bagaimana hidupnya berubah menjadi American’s First Family.


    2. Dead Feminists; Historic Heroines Living Color

    by Chandler O’Leary & Jessica Spring


    Buku ini seakan mengajak kita kembali ke masa lalu dan melihat bagaimana perempuan-perempuan di masanya melakukan perubahan luar biasa yang punya dampak besar bagi kehidupan. Tak hanya itu, nama demi nama pun pada akhirnya berhasil menjadi inspirasi bagi gerakan feminis modern yang kini sering digaungkan.

    Ditulis dengan bahasa yang ringan, buku ini layaknya dokumentasi yang menunjukkan bahwa ide feminisme terus berkembang seiring berjalannya waktu. Penting dan menyenangkan untuk dibaca.


    3. Lean In: Women, Work, and the Will to Lead

    by Nell Scovell & Sheryl Sandberg


    Ada banyak kisah tentang kegagalan, perjuangan, dan kesuksesan yang diceritakan dengan manis di tiap lembarnya. Di sini, Sheryl dan Nell berharap bahwa buku yang mereka tulis dari hasil pengalaman pribadi dan penelitiannya terhadap para perempuan yang pernah mereka temui dengan segala konfliknya bisa memberi harapan, cahaya, dan semangat bagi mereka yang putus asa dan kurang percaya diri dalam menggapai mimpi. Salah satu buku terbaik tentang women empowerment yang harus dimiliki.


    4. Journey To Impact

    by Veronica Colondam


    Dalam bukunya, Veronica mengungkapkan perjalanan hidup, pengalaman spiritual, dan termasuk latar belakang pendirian YCAB. Menurutnya, buku sangat berpengaruh dan lewat ceritanya ia berharap dapat menjadi inspirasi buat banyak orang. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, buku ini memuat rangkaian pengalaman yang dijalani Veronica dalam meningkatkan kehidupan anak-anak Indonesia. Peluncuran buku Journey to Impact juga sekaligus jadi malam penggalangan dana yang diharapkan dapat mengumpulkan uang untuk biaya pendidikan 1000 anak putus sekolah.


    (Teks: Rengganis Parahita & Rai Rahman Indra) 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below