Serba Serbi Pemilu 2019: dari TPS Unik ke Tinta Ungu


  • Serba Serbi Pemilu 2019: dari TPS Unik ke Tinta Ungu
    Seperti apa keseruan Pemilu tahun ini? (Foto: dok/Instagram/@antarafotocom)


    Rabu (17/4) menjadi hari yang penting dan bersejarah di Indonesia, karena digelarnya Pemilihan Umum serentak, untuk Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif. Ini kali pertama dan setiap orang berhak memilih dengan lima surat suara. 

    Tak hanya itu, ini juga menjadi pertaruhan antara dua pasangan calon presiden yang akan memimpin Indonesia untuk lima tahun mendatang, yakni Jokowi dan Prabowo Subianto. 



    Seperti apa keseruan Pemilu tahun ini? Cek beberapa di antaranya di bawah ini: 

    (Baca juga: Hal yang Patut Diketahui Sebelum Coblos di Pemilu 2019) 


    Google Doodle Pemilu 

    Google pun meramaikan perhelatan akbar pemilihan umum Indonesia, 17 April 2019, dengan gambar mesin pencari berupa karikatur Pemilu. 



    Yang Mencoblos 

    Kandidat capres-cawapres pun menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2019. Potret Jokowi dan Ma'ruf Amin, serta Prabowo dan Sandiaga Uno mencoblos di TPS di Jakarta dan Bogor menjadi salah satu yang cukup mencuri perhatian kala Pemilu tahun ini. 


    (Pasangan capres-cawapres memilih. Foto: Dok/Instagram/@antarafotocom) 

    TPS Unik 


    Sejumlah Tempat Pemungutan Suara di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia tampil unik dengan dekorasi atau kostum para panitia pemilu yang mengusung tema tertentu. Di antaranya ada yang mendekor mirip pesta pernikahan, ada juga yang panitianya mengenakan kostum para superhero Avengers, dan Superman. 


    (Deretan TPS Unik. Foto: Dok/Instagram/@antarafotocom)

    Selfie para seleb 

    Usai menggunakan hak pilih dan mencoblos, sejumlah selebriti tanah air memamerkan jari dengan tinta ungu mereka. Di antaranya yang cukup viral dan heboh, yakni Nicholas Saputra yang jarang sekali selfie di akun Instagramnya. Lalu, ada juga Dian Sastrowardoyo, Nia Ramadhani, Bunga Citra Lestari, Maudy Ayunda, Eva Celia, dan lainnya. 


    Nicholas Saputra 


    (Nicholas Saputra. Foto: Dok/[email protected])


    Dian Sastrowardoyo 




    Maudy Ayunda 




    Bunga Citra Lestari 




    Eva Celia 




    Nia Ramadhani 





    Hasil Quick-count 

    Setelah beberapa jam dari penutupan pencoblosan, hasil hitung cepat atau quick-count sejumlah lembaga mengungkapkan kemenangan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden terpilih 2019-2024. Keduanya meraih suara di angka kisaran 55%, unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang meraih kisaran 46 persen suara. Namun, real count atau perhitungan resmi KPU baru akan diumumkan pada 22 Mei mendatang. 





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below