Katedral Notre Dame di Paris Terbakar


  • Katedral Notre Dame di Paris Terbakar
    Gereja bersejarah dan ikonis Perancis, Notre Dame terbakar. Bagian menara dan atapnya hangus dilalap api pada Senin (15/4) malam. (Foto: Dok/notredamecathedralparis)


    Gereja bersejarah dan ikonis Perancis, katedral Notre Dame terbakar. Bagian menara dan atapnya hangus dilalap api pada Senin (15/4) malam waktu setempat, atau Selasa dini hari.

    Belum diketahui penyebab pasti kebakaran, tapi ditengarai terkait dengan renovasi yang sedang berlangsung di gereja yang menjadi landmark wisata kota Paris tersebut. 



    Kebakaran yang melanda Katedral tersebut dapat dipadamkan setelah hampir sembilan jam sejak api menjalar. 

    (Baca juga: 5 Tempat Wisata di Nice Perancis) 



    Ribuan orang dikabarkan bekumpul di jalan-jalan sekitar katedral dan menyaksikan lalapan api dalam hening. Beberapa tampak menangis, menyanyikan himne dan berdoa. Beberapa gereja di kota Paris membunyikan loncengnya sebagai respons terhadap kebakaran yang menimpa Notre Dame. 



    (Katedral Notre Dame terbakar. Foto: Dok/Apnews) 


    Tak hanya di Paris, warga dunia pun menyampaikan kesedihan mendalamnya yang diungkapkan di media sosial. Beberapa di antaranya juga berbagi kenangan saat berada di Notre Dame. 

    Diyakini dibangun pada abad 12, Notre Dame punya sejarah panjang dan kebanggaan tersendiri bagi Perancis. Di sini terdapat sejumlah benda seni dan keagamaan yang sakral. Di antaranya mahkota duri yang disebut dipakai Yesus Kristus sebelum disalib. Ada juga jubah yang disebut dipakai Raja Louis IX saat membawa mahkota duri. Keduanya dilaporkan berhasil diselamatkan. 



    Dibangun kembali 

    Presiden Perancis, Emmanuel Macron menyatakan akan membangun kembali Katedral Notre Dame yang merusak sebagian bangunan bersejarah itu. 

    Mengutip AFP, Miliuner asal Prancis, François-Henri Pinault, selaku CEO Kering yang memiliki merek Gucci dan Yves Saint Laurent, juga berjanji akan menggelontorkan dana sebanyak 100 juta euro atau Rp1,5 triliun untuk pembangunan Notre-Dame.  

    Ungkapan kesedihan dan duka mendalam akan kebakaran yang melanda Notre Dame masih terus bergulir. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below