3 Tipe Senyuman yang Wajib Diketahui


  • 3 Tipe Senyuman yang Wajib Diketahui
    'Monalisa Smile', 'Social Smile', dan 'Complex Smile'. Apa perbedaannya? (Foto: Dok. i love simple beyond/Pexels)


    Memberikan senyum yang manis saat pertama kali berkenalan dengan seseorang dapat memberikan kesan positif bagi orang tersebut. Namun, senyum yang dipaksakan dan terlihat aneh dapat membuat suasana menjadi awkward dan tidak nyaman, terutama bagi pihak penerima. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melatih senyuman kamu agar tidak membuat orang lain salah paham.

    Ada berbagai tipe senyuman yang perlu diketahui menurut  drg Astrid Khatalia, Sp. Pros melalui acara 'Dental Expert Forum' pada minggu lalu yang dilakukan pada minggu lalu bersama dengan Pepsodent.



    (Baca jug artikel: 5 Faktor Penyebab Gigi Sensitif)

    Pada sesi pertama yang bertemakan “Beautiful Smile without Sensitive Teeth”, ia memperkenalkan tiga jenis senyuman, yaitu 'Monalisa Smile', 'Social Smile', dan 'Complex Smile'.

    'Monalisa Smile' yang dikenal juga sebagai senyum kecil yang hanya memperlihatkan gigi bagian atas. Sedangkan 'Social Smile' atau senyum sosial merupakan senyuman yang didapat dari mengangkat bibir ke arah atas dan kedua gigi baik atas maupun bawah terlihat. Sementara itu, 'Complex Smile' merupakan senyum dengan bibir terangkat maksimal.

    Dalam menciptakan senyum yang ideal untuk pasien, dokter gigi dapat memilih untuk melakukan tindakan perawatan veneer. drg Astrid menjelaskan bahwa veneer adalah perawatan yang dirancang untuk menghasilkan kombinasi senyuman sehat dan indah dengan memerhatikan proporsi dan bentuk gigi yang simetris, refleksi atau warna gigi serta keharmonisan antara keseluruhan gigi, bibir dan wajah.

    Prosedur perawatan harus melalui perencanaan yang baik dan sesuai dengan standar operasional yang ada, sehingga pasien dapat memperoleh hasil treatment yang tidak merugikan kesehatan giginya. Tindakan perawatan yang tidak tepat seperti mengambilan lapisan email terlalu banyak atau dalam rangkaian tahapan veneer terkadang menstimulus gigi menjadi sensitif, sehingga pasien harus diedukasi bahwa jika muncul gejala sensitif ini, dapat menggunakan pasta gigi khusus sensitif yang tepat.

    (Baca juga artikel: 3 Cara Alami Memutihkan Gigi Menjelang Pernikahan)

    Selain drg. Astrid, dokter lain yang turut menjadi pembicara di acara 'Dental Expert Forum' kali ini adalah drg. Bernard O. Iskandar,Sp.KG,FICCDE,FICD. Di kesempatan ini, ia memberikan paparan dan diskusi lebih mendalam kepada lebih kurang 250 dokter gigi yang hadir terkait penanganan gigi melalui perawatan endodontik. Perawatan endodontik adalah perawatan untuk memperbaiki gigi yang mengalami infeksi mencapai ruang saraf gigi.

    Ada juga drg. Griya Ridha Raharja dan tim yang memberikan live demo pengalaman mereka dalam menangani beberapa kasus gigi depan yang rusak yang memerlukan perawatan anterior direct composite restoration.



    (Meisya Siregar, drg. Ratu Mirah Afifah, dan drg. Andy Wirahadikusuma. Foto: Dok. Unilever Indonesia)


    Kegiatan 'Dental Expert Forum' merupakan acara yang rutin diadakan sejak tahun 2013 oleh Pepsodent. Tahun ini, acara tersebut diadakan untuk memberikan edukasi lebih mengenai gigi sensitif. Label perawatan gigi tersebut juga memperkenalkan kembali produk pasta gigi khusus gigi sensitif yang dilansir nama baru, 'Sensitive Expert by Pepsodent'. Pasta gigi ini dirancang khusus agar mampu meredakan rasa ngilu pada gigi sensitif dalam waktu 30 detik dan mencegahnya datang kembali.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below