Mengenal Teknik Balayage yang Mulai Menggantikan Ombre


  • Mengenal Teknik Balayage yang Mulai Menggantikan Ombre
    Teknik balayage, misalnya, ternyata masih menjadi teknik pewarnaan rambut yang paling sering diinginkan saat ini. Apa itu teknik balayage? (Foto: Dok/TheWhaleandTheRose)


    Me-makeover rambut tidak hanya bisa dilakukan dengan membuat guntingan dengan model yang berbeda, tetapi juga dengan memberi warna. Teknik balayage, misalnya, ternyata masih menjadi teknik pewarnaan rambut yang paling sering diinginkan saat ini. Hasil akhirnya yang lembut dan terlihat alami lah yang membuatnya disuka.

    Namun, apa sih sebenarnya teknik balayage, dan apa yang membedakannya dengan ombre?



    (Baca juga: Tips Mewarnai Rambut Sendiri) 

    Apa itu balayage?

    Balayage dari kata Perancis yang berarti menyapu atau mengecat. “Teknik pewarnaannya dilakukan dengan tangan (freehand), yang membuat campuran warnanya benar-benar alami tanpa menimbulkan garis-garis perbedaan warna ketika rambut mulai tumbuh,” ujar penata rambut selebriti Richard Ward. 

    Balayage memberi kesan sun-kissed pada warna rambut, dan ketika rambut tumbuh lagi perbedaan warnanya lebih lembut dan tidak begitu terlihat. Prinsipnya ketika menciptakan sentuhan multiwarna yang natural adalah less is more. Metode ini bagus kalau kamu ingin menyegarkan warna rambut tetapi tidak ingin warna yang terlalu berani.

    Apa perbedaan antara ombre dan balayage? 

    Balayage adalah teknik mengaplikasikan warna. Pewarnaan tidak selalu dilakukan sampai ujung rambut, dan transisi antara warna gelap dan terang akan lebih alami karena tidak menimbulkan garis perbedaan antara yang dicat dan yang tidak. Sedangkan gaya ombre lebih kontras antara akar dan ujung rambut, dan warnanya dimulai dari pertengahan helai rambut ke bawah. Transisi dari akar yang warnanya lebih gelap dan ujung yang lebih terang akan lebih pendek.


    (Ombre lebih ke gaya pewarnaan, sedangkan balayage adalah teknik. Foto: Dok/Instagram Ava Martin Hair)


    Bagaimana cara menerapkan teknik balayage?

    Balayage diaplikasikan pada permukaan helai rambut dan warnanya tidak dibuat penuh dari bagian-bagian sampai ujung rambut. Cara ini untuk pencampuran warna yang lebih mulus. Selain itu juga disebut teknik freehand teknik karena tidak menggunakan foil atau meche untuk menciptakan highlight-nya.


    Berapa lama mengaplikasikan balayage? 

    Kedalaman balayage bisa bervariasi, dari “Sedikit highlight yang hanya dalam hitungan menit hingga full highlight dengan tiga kali proses yang bisa memakan waktu hingga 3 jam,” kata Josh Wood, pendiri Josh Wood Atelier dan direktur kreatif Redken Global Colour. Meskipun bisa memakan waktu cukup lama untuk membuat balayage yang multiwarna, teknik pewarnaan ini daya tahannya lebih lama. Kalau kamu ingin sedikit balayage babylights, waktunya mungkin sekitar 45 menit.


    Cocokkah untuk semua jenis rambut?

    Balayage cocok untuk semua tekstur rambut, entah itu lurus, bergelombang, atau keriting. Selain itu juga bisa diterapkan untuk rambut gelap maupun terang, tergantung seberapa banyak warna terang yang kamu mau. Namun pada rambut panjang yang bertekstur, hasilnya memang lebih menarik karena menciptakan gaya beachy yang cantik.

    Namun jika ingin menerapkan balayage pada rambut bob kamu, bisakah mencoba gaya beachy yang panjang? Bisa, pakai saja hair extension dengan bayalage yang mudah membaur dengan rambut asli kamu.


    (Teknik balayage juga cocok untuk rambut pendek. Foto: Dok/Instagram/Sebafrex)


    Bisakah menutupi rambut beruban?

    Gaya ini cocok untuk semua warna dasar rambut, tapi sayangnya tidak bisa menutupi uban. Menurut Wood, pewarnaan ini hanya akan membantu membaurkan uban untuk menyamarkannya. Namun kalau kamu ingin menutupi seluruh uban, memakai teknik balayage bukan pilihan yang tepat.


    Perawatan apa yang dibutuhkan?

    "Biasanya balayage tidak membutuhkan banyak perawatan karena tumbuhnya bagus dan tidak menimbulkan garis perbedaan warna yang jelas dengan rambut yang baru tumbuh," jelas Ward. Kalau kamu ingin membuat balayage bertahan selama mungkin, pilih gaya babylight. "Ini jenis warna paling halus yang bisa kamu pilih," tambah Wood. Memilih pewarnaan rambut yang berkualitas juga membuat rambut kamu terlihat bagus lebih lama kan?


    (Balayage babylight, campuran warnanya lebih halus. Foto: Dok/InstagramHair by Nicole Broadhead)


    Berapa lama balayage bisa bertahan?

    Salah satu daya tarik gaya pewarnaan rambut ini adalah karena tidak memerlukan banyak perawatan sebagai warna tradisional, demikian menurut Wood. Campuran warnanya membuat kamu tidak perlu sering-sering kembali ke salon, dan tergantung pada gaya pewarnaannya, balayage bisa bertahan sampai empat bulan sebelum di-top up.

    Pendeknya, teknik balayage ini akan pas untuk kamu yang ingin terlihat menarik tanpa terlalu menarik perhatian.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below