10 Tempat Wisata Turki yang Menarik untuk Dikunjungi


  • 10 Tempat Wisata Turki yang Menarik untuk Dikunjungi
    Turki memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, dari mulai Hagia Sophia, Blue Mosque, hingga pasar terbesar Grand Bazaar. (Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia)


    Berada di antara Asia dan Eropa, Turki punya banyak tempat wisata unik yang dapat dikunjungi, dan patut masuk dalam top travel-list tahun ini. 

    Kenapa tidak? Di sini terdapat bangunan bersejarah Hagia Sophia, masjid enam menara yang ikonis Blue Mosque, hingga pusat perbelanjaan tertua dan terbesar Grand Bazaar dan lainnya. 



    Merangkum perjalanan dari Bursa dan Istanbul bersama Samsung Galaxy S10 beberapa waktu lalu, berikut sepuluh tempat yang sayang untuk dilewatkan begitu menjejak Turki:

    (Baca juga: Kala Eksplorasi Turki dengan Samsung Galaxy S10) 

    Bursa 


    1. Uludag 


    (Uludag. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Merupakan gunung bersalju di kota Bursa, sekitar dua jam perjalanan dari Istanbul. Begitu sampai di sini, naik cable-car atau gondola dengan jarak tempuh sekitar 8 kilometer menuju puncak yang sepanjang perjalanan menyuguhkan pemandangan mengesankan, berupa pinus hijau dan salju putih serta rumah-rumah kota Bursa yang berwarna dari ketinggian. Di sini,bisa memutuskan bermain salju, naik snow bike atau selancar. Menghabiskan waktu di Uludag dengan pemandangannya yang indah memberi kesan tersendiri. 


    2. Green Mosque 


    (Green Mosque. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Sesuai namanya, masjid ini di dalamnya punya detail yang didominasi warna hijau. Konon, masjid bersejarah di Bursa, Turki ini merupakan bagian dari kompleks besar Ottoman Turki sebelum datang Konstantinopel pada abad ke 15. Dengan detail ukiran, dan desainnya yang unik, memasuki Green Mosque memberi pengalaman yang menempel di ingatan. 


    3. Silk House 


    (Silk House. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Berada tak jauh dari Green Mosque, terdapat Silk House atau disebut juga Silk Bazaar. Di sini, sejumlah rumah dengan warna mencolok merah hijau dan biru berderetan dan ketika masuk ke dalamnya akan mendapati aneka sutra, dan juga lampu lampu khas Turki yang warna warni. Jika ada waktu lebih, luangkan lebih banyak melihat kain sutra di bangunan ini dari mulai lantai satu hingga tiga. Konon, tempat ini dulunya merupakan salah satu yang dilalui jalur sutra. 


    Istanbul 


    4. Galata Tower 


    (Galata Tower. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Menara batu di kawasan Galata ini termasuk salah satu yang juga bersejarah di Turki. Dibangun abad ke lima, bangunan ini disebutkan dulunya adalah penjara, kemudian menara pertahanan yang dari atasnya dapat melihat Istanbul keseluruhan, dari mulai selat Bosphorus, Golden Horne hingga Blue Mosque dengan enam menaranya. Dengan ketinggian 66 meter, menara ini dapat dinaiki dengan lift dan menapaki tangga. 


    5. Hagia Sophia 


    (Hagia Sophia. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Sejak 1 Februari 1935, bangunan bersejarah Turki ini menjadi museum dan dibuka buat umum. Sebelumnya, Hagia Sophia adalah katedral saat dibangun pertama kali pada abad ke-6, lalu menjadi masjid di masa Ottoman. Di dalamnya lafal Allah bersanding dengan Jesus, dan sejumlah mozaik Kristen masih tetap dipertahankan. Setiap sudut dari bangunan Hagia Sophia akan membuat takjub dan decak kagum, karena ukiran, detail dan ketahanannya yang sudah berusia ribuan tahun. 


    6. Blue Mosque


    (Blue Mosque. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia)


    Dari salah satu jendela di lantai atas Hagia Sophia, tampak jelas bangunan mencolok dan ikonis Blue Mosque, Turki. Masjid ini memiliki enam menara, yang membuatnya berbeda dan juga spesial dibanding yang lain. Datanglah kala masjid ini tak sedang direnovasi sehingga dapat leluasa masuk dan menikmati setiap detail di dalamnya. 


    7. Basilica Cistern 


    (Basilica CIstern. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Berada tak jauh dari Hagia Sophia, Basilica Cistern adalah peninggalan bersejarah Yunani kuno. Penampungan air besar dengan sekitar tiga ratusan tiang ini berada di bawah tanah. Dibangun abad ke-6, konon dulunya tempat ini bisa menampung hingga 80 ribu kubik meter air. Di dalamnya selain tiang-tiang besar yang membuat takjub, juga ada dua patung Medusa yang dibuat terbalik.


    8. Selat Bosphorus 


    (Selat Bosphorus. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Bosphorus atau Bosporus adalah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan Asia, menghubungkan Laut Marmara dengan Laut HItam. Memanjang hingga 30 km, menyusurinya dengan naik perahu memberi kesempatan untuk dapat melihat bangunan khas Turki dari dekat, dari mulai hotel, perumahan hingga deretan bangunan lainnya. 


    9. Taman Emirgan 


    (Emirgan Park. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Merupakan taman publik yang terbesar dan bersejarah di Turki. Bunga tulip menjadi salah satu yang khas dan biasanya menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat tiga area khusus, yakni pink, kuning dan putih. Mengelilingi taman ini, baik berjalan atau jogging memberi kesan tersendiri. Apalagi saat langit cerah, ketika bayangan pohon pinus yang jatuh menimpa jalanan setapak taman menyuguhkan pemandangan berbeda. 


    10. Grand Bazaar


    (Grand Bazaar. Foto: Dok/RahmanIndra/herworldIndonesia) 


    Disebut juga sebagai pasar terbesar dan tertua di dunia, Grand Bazaar didiami sekitar lebih dari empat ribuan toko yang untuk mengelilingi dan melihat semuanya butuh waktu cukup banyak. Di sini dijual berbagai jenis barang dair mulai khas Turki seperti makanan, perhiasan, busana, hingga barang antik. Pasar ini termasuk salah satu objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung, bahkan disebutkan ada 250 ribu hingga 400 ribu pengunjung setiap harinya. 

    (Foto-foto diambil dengan Samsung Galaxy S10). 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below