Review Film: 'Five Feet Apart'


  • Review Film: 'Five Feet Apart'
    Film 'Five Feet Apart' menyuguhkan kisah cinta dramatis dan menyentuh hati antara dua pasien Cystic Fibriosis yang mesti berjarak lima kaki. (Foto: Dok/imdb.com)


    Film 'Five Feet Apart' mengisahkan romansa dua orang pasien Cystic Fibriois yang mesti menjaga jarak supaya tidak saling tertular. 

    Mereka adalah Stella dan Will. Keduanya dianjurkan selalu berjarak enam kaki atau 1,8 meter. Dari mulai perkenalan tak sengaja di rumah sakit, keduanya saling goda dan jatuh cinta. 



    Stella menantang Will untuk berani memangkas jarak 1 feet saja, sebagai penanda bahwa mereka inginkan hidup yang sebenarnya, tanpa batasan yang sudah digariskan. Maka jadilah kisah percintaan yang selalu terpisahkan sejauh five feet apart atau lima kaki (1,5m). 

    (Baca juga: Review Film: Alita: Battle Angel) 

    Film 'Five Feet Apart' mengisahkan Stella Grant (Haley Lu Richardson) yang mengidap Cystic Fibrosis sedari kecil. Namun, ia tak patah semangat dan sembari menjalani pengobatan ia terus membuat video (vlog) yang merekam proses pengobatannya. 

    Di rumah sakit yang sama, ia ditemani Poe (Moises Arias), sesama penderita cystic fibrosis. Suatu kali, Stella tak sengaja berpapasan dan bertemu Will Newman (Cole Sprouse) yang juga mengidap sakit yang sama, dan karenanya ia mesti berjarak sejauh enam kaki supaya tak saling tertular.  



    (Five Feet Apart. Foto: Dok/imdb) 


    Pertemuan demi pertemuan tak sengaja membuat Stella dan Will menjadi dekat, saling goda satu sama lain dan jatuh cinta. Namun, keduanya tak bisa bersentuhan layaknya pasangan normal pada umumnya. 

    Yang bisa mereka lakukan adalah saling dukung satu sama lain. Stella mendorong Will menjalani terapi. Di sisi lain, Will mendorong Stella menjalani hidup lebih 'hidup' selagi masih bisa. Hingga keduanya sadar bahwa sebesar apapun cinta yang mereka miliki, ada jarak yang membuat mereka terpisah. Memangkas jarak ini membuat keduanya dekat dengan kematian. 

    Penyakit cystic fibrosis atau fibrosis kistik sendiri adalah penyakit genetika yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket, sehingga menyumbat berbagai saluran, terutama saluran pernapasan dan pencernaan. Dalam keadaan normal, lendir di dalam tubuh bersifat cair, licin, dan berperan sebagai pelumas. Sedangkan pada penderita fibrosis kistik, terdapat kelainan pada gen yang menyebabkan lendir menjadi lengket dan menghambat sejumlah saluran, termasuk saluran yang terdapat pada paru-paru dan pankreas. Kondisi ini mengakibatkan gangguan pernapasan dan pencernaan bagi penderitanya sejak usia dini.

    (Baca juga: Review Film: Happy Death Day 2U) 

    Disutradarai Justin Baldoni, film Five Feet Apart sekilas akan mengingatkan pada The Fault in Our Stars, ketika sepasang pengidap sakit yang sama saling jatuh cinta di antara kematian yang mengintai satu sama lain. Bedanya, di film ini, pasangan yang di mabuk asmara meski menjaga jarak, sesuatu yang membuat drama ini lebih terdengar dramatis. 



    (Five Feet Apart. Foto: Dok/imdb) 


    Haley Lu Richardson menghidupkan karakter Stella yang cerdas, penuh semangat dan juga rapuh di saat yang sama. Sementara, Cole Sprouse dengan pesonanya membuat film ini menjadi lebih 'hidup', seperti karakternya yang pemberontak. 

    Terdapat beberapa adegan yang menguras emosi di sepanjang film. Dari mulai kesedihan mendalam Stella akan kehilangan yang kerap dialaminya, dari mulai ayah dan kakak perempuannya, hingga sahabat, dan kemungkinan kehilangan Will. 

    Dengan penggarapan yang pas dan tak berlebihan, serta sedikit bumbu adegan sensual Richardson dan Sprouse, film 'Five Feet Apart' menjadi film drama romantis yang cukup berkesan. Menghangatkan hati sekaligus menggugah kesadaran akan pasien penyakit cystic fibrosis dan risiko yang dihadapi. Sebagai tambahan, musik pengiring film ini tak kalah mengasikkan. 

    Film ini juga mengingatkan bahwa sentuhan menjadi hal paling berharga dan seseorang patut menghargainya selagi bisa. Karena terpisahkan jarak lima kaki itu sungguh menyiksa. 

    Film 'Five Feet Apart' tayang di bioskop Indonesia mulai 15 Maret 2019. 





 

Related Articles

Wajib Coba: Port Five Six

Wajib Coba: Port Five Six

oleh Yolanda Deayu

Review Film : 'Dolittle'

Review Film : 'Dolittle'

oleh Hafizah Rana Dalilah

Review Film: 'John Wick 3: Parabellum'

Review Film: 'John Wick 3: Parabellum'

oleh Hafizah Rana Dalilah

Review Film: 'Alpha'

Review Film: 'Alpha'

oleh Rahman Indra

Advertisement - Continue Reading Below