Review Film: 'Happy Death Day 2U'


  • Review Film: 'Happy Death Day 2U'
    Melanjutkan kisah Tree yang mengalami kematian berkali-kali, Happy Death Day 2U masih mengusung komedi yang sama, dan tetap menghibur. (Foto: Dok/UniversalPictures)


    Melanjutkan kisah pertamanya, film 'Happy Death Day 2U' masih membuat Tree sang tokoh utamanya mengalami kematian berkali-kali. Namun, kali ini dengan twist cerita yang menarik, karena tak bisa ditebak. 

    Jika sebelumnya, Tree (yang diperankan Jessica Rothe dengan asik) bangun di kamar tidur pasangannya Carter dan mengalami hari yang sama, kali ini adegan itu terulang kembali. Bedanya ini bukan tentang siapa yang membunuhnya tapi siapa yang membuatnya bangun dan mengalami kematian lagi dan lagi. 



    Kembali ditulis dan disutradarai Christopher Landon (Paranormal Activity: The Marked Ones), film komedi-thriller ini menghibur dari awal hingga akhir, dengan joke dan kejutan yang muncul hampir di setiap adegan.

    (Baca juga: Review Film: The Possession of Hannah Grace)

    Alur cerita atau plot film Happy Death Day 2U baiknya tak diungkapkan di sini, karena justru berbagai kejadian dan peristiwa yang dialami Tree kali ini membuat banyak kejutan yang menarik.

    Dan yang pasti, Landon sebagai sutradara dengan cerdas menyelipkan flash-back cerita bagian pertama, sehingga yang melewatkannya masih akan nyambung dengan sekuel ini. 



    (Happy Death Day 2U. Foto: Dok/UniversalPictures)


    Lewat trailernya yang dirilis beberapa waktu lalu, film ini memperlihatkanbahwa Tree kembali lagi mengalami kematian berkali-kali. Bedanya, ia tak sendiri. Hampir setiap orang terdekatanya kali ini juga diburu 'serial killer'. Dari mulai Lori (rekan sekamarnya), Carter (pria yang disukainya), dan Ryan (teman Carter). 

    Demi membuat film ini make sense, Landon menyisipkan alasan ilmiah dengan berbagai teori soal mesin waktu. Tree mungkin hidup di dimensi yang berbeda sehingga ketika ia mengalami kematian, ia akan dihidupkan kembali di hari yang sama. Namun, meski di dimensi yang berbeda dari yang sebelumnya ia tinggali, selalu saja ada serial killer yang memburunya. Siapa dia sebenarnya? 

    Film produksi Blumhouse (Glass, Get Out) dan Universal Pictures ini dibuat serius melanjutkan Happy Death Day (2017) yang secara mengejutkan sukses secara komersil. Jessica Rothe sebagai lead actress bisa dibilang berhasil memainkan sosok Tree yang kompleks, di mana ia kadang tampak rapuh tapi juga berani, konvensional tapi juga gaul, tak begitu cantik tapi menarik. 

    (Baca juga: Review Film: The Nun

    Para pemain di film pertamanya pun juga kembali lagi, tapi kali ini dengan porsi berbeda. Ada Lori (Ruby Modine), Carter (Israel Broussard) dan Ryan (phi Vu). Di sekuel ini, ia kemudian menambah teman yang tak kalah uniknya, Samar (Suraj Sharma), dan Dre (Sarah Yarkin). 


    (Film Happy Death Day 2U. Foto: Dok/UniversalPictures)


    Bersama Carter, Ryan, Samar dan Dre, Tree mesti menyelesaikan puzzle yang membuatnya kembali mengalami kematian berkali-kali. Tak semudah yang ia kira, tapi di bagian inilah yang membuat film ini menarik untuk diikuti hingga akhir karena menimbulkan penasaran. 

    Di luar itu, karakter lain yang muncul membuat lorong teka-teki film ini menarik, ada Danielle (Rachel Matthews) sebagai presiden kediaman Kappa, Professor Gregory (Charles Aitken), dan Dean Bronson (Steve Zissis). 

    Sekilas film ini akan mengingatkan pada Groundhog Day yang menjadi inspirasi dari film ini. Tak hanya itu, pengulangan momen kembali ke masa lampau atau masa depan juga merujuk pada film Back to the Future Part 2, yang menariknya juga disebutkan dalam dialog paruh pertama film. 

    Dengan pengulangan waktu dan terjebak di dimensi yang berbeda, pengalaman kematian berkali-kali yang dijalani Tree tak lagi terasa menakutkan. Malah sebaliknya, menjadi lucu dan menghibur. 

    Happy Death Day 2U bisa dibilang berhasil sebagai sekuel karena menghadirkan sesuatu yang baru dan tak meniggalkan 'senjata' andalannya di bagian pertama. Bahkan, sepertinya film ini bersiap untuk bagian ketiga ketika satu adegan kecil muncul di bagian kredit title usai film. 

    Film Happy Death Day 2U tayang di bioskop Indonesia mulai 13 Februari 2019. 




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below