Life & health

Oppo Rilis Seri F11: Andalkan Kamera untuk Minim Cahaya

By : Rahman Indra - 2019-03-18 10:22:00


Mengusung kamera yang dapat diandalkan untuk foto portrait dalam kondisi minim cahaya, OPPO meluncurkan seri terbaru F11 Pro dan F11 di Indonesia. 

Kehadiran seri F11 ini sekaligus menandai perubahan fokus produk OPPO dari Selfie Expert menjadi Brilliant Portrait. Diluncurkan di Senayan City, Jakarta akhir pekan lalu, publik diajak melakukan perbandingan akan ketajaman hasil foto dari kamera ponsel yang mereka miliki. Hasilnya, Oppo seri F11 memberikan gambar lebih baik. 

“Fotografi portrait merupakan jenis foto paling populer dalam fotografi ponsel pintar. Itulah mengapa kami meluncurkan seri F11 yang mampu menghasilkan foto portrait yang brilliant,” ujar Alinna Wenxin, Marketing Director OPPO Indonesia.

(Baca juga: Setelah Merah dan Biru, Oppo Rilis F9 Starry Purple) 

Fitur unggulan 

Setelah bertahun-tahun menjadi Selfie Expert yang berfokus pada pengembangan fotografi swafoto, kini dengan meluncurkan seri F11, OPPO mulai memperkenalkan identitas baru sebagai Portrait Master. 

Demi mendapatkan gambar yang tajam dalam kondisi minim cahaya, kamera belakang seri F11 disebutkan telah dilengkapi dengan sensor 48MP dan bukaan diafragma sebesar F1.79. Bersama dengan lensa 6P, kamera tersebut dapat mendeteksi lebih banyak cahaya ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya – memastikan hasil gambar yang lebih detail. 


(Peluncuran Oppo F11. Foto: Dok/HerworldIndonesia) 


Ketika mengambil foto portrait di malam hari, teknologi Tetracell yang terdapat di kamera akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6?m. Teknologi ini melipatgandakan ukuran piksel fotosensitif, sehingga mampu mengabadikan foto portrait yang lebih terang dan minim noise pada malam hari.

Selain itu, F11 Pro dan F11 juga menerapkan teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping. Teknologi tersebut memanfaatkan kecerdasan buatan dan pengurangan multi-frame noise, memperoleh stabilisasi genggam, mencapai penekanan sorotan, dan meningkatkan rentang dinamis. 

Semua teknologi ini dikombinasikan untuk memungkinkan pengguna menangkap tingkat pencahayaan dan detail yang melebihi batas kemampuan mata manusia. Ketika mengambil foto portrait malam hari, seri F11 secara otomatis dapat membedakan wajah manusia dengan latar belakangnya, memastikan manusia sebagai fokus foto tersebut.

Dengan menggunakan lensa 48MP, Ultra Night Mode, dan Color Mapping, OPPO seri F11 memiliki kombinasi peranti keras dan peranti lunak yang memungkinkan pengguna menangkap foto portrait malam hari yang tajam dan menakjubkan dengan mudah. 



(Beda ketajaman hasil gambar potret dengan kamera android dan Oppo F11 Pro. Dok/HerworldIndonesia) 


AI Beauty 

Tidak hanya menangkap portrait mengesankan dengan kamera belakangnya, Seri F11 juga melanjutkan tradisi "Selfie Expert" dari Seri F. 

Dilengkapi dengan kamera depan 16 MP yang dilengkapi AI beauty, perangkat Seri F11 ini mendukung fitur beautification yang dapat disesuaikan dengan delapan opsi penyesuaian, termasuk fitur "face lift" dan "make-up touchup". Hasil swafoto yang diambil dengan menggunakan perangkat Seri F11 pun dapat senatural mungkin dan seindah biasanya.

Daya tahan 

Seri F11 juga berhasil meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Baik F11 Pro maupun F11, keduanya dilengkapi dengan baterai 4.000 mAh, 500 mAh lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Teknologi pengisian baterai VOOC Flash Charge 3.0 pada Seri F11 ini pun memanfaatkan algoritma FFC baru yang dapat mempersingkat waktu pengisian baterai hingga 20 menit dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan demikian, perangkat ini dapat mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu 80 menit. 

Keamanan pengisian daya telah disertifikasi oleh TÜV SÜD, sebuah organisasi internasional terkemuka untuk pengujian teknologi. Selain itu, Seri F11 juga dapat mengurangi konsumsi daya melalui teknologi peranti keras dan peranti lunak yang dioptimalkan. 

Prosesor daya rendah 

Seri F11 ditenagai prosesor MediaTek Helio P70 CPU yang berdaya rendah dan ram yang dilengkapi display untuk memonitor konsumsi daya yang dipakai oleh aplikasi demi mengoptimalkan kinerja aplikasi. Dengan demikian, Seri F11 dapat menghadirkan baterai yang tahan lebih lama melalui teknologi pengisian yang lebih cepat, baterai berkapasitas lebih besar, dan konsumsi daya yang lebih rendah.

Untuk pencinta game, OPPO secara mandiri telah mengembangkan mesin akselerasi kinerja yang disebut Hyper Boost. Teknologi ini memungkinkan perangkat Seri F11 untuk memainkan 11 mobile game kenamaan secara optimal, termasuk PUBG dan AOV. 

Dengan mengoptimalkan sumber daya pada sistem, sumber daya peranti keras dapat dimanfaatkan lebih efektif, menghasilkan respons waktu yang lebih cepat pada saat bermain game, tidak terjadi jaringan yang putus secara tiba - tiba, dan tidak ada penurunan frame rate. Sementara itu, OPPO telah memperkenalkan dua alat yang bermanfaat untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih mendalam, yaitu Game Space dan Game Assistant. 


(Peluncuran Oppo. Foto: Dok/OppoIndonesia) 


Sistem ColorOS 6

F11 dan F11 Pro juga dilengkapi dengan sistem ColorOS 6 terbaru yang dirancang khusus untuk smartphone full screen. Desain tanpa batas yang inovatif ini semakin meningkatkan kemudahan penggunaan perangkat. ColorOS 6 memiliki banyak fungsi, termasuk Riding Mode, OPPO Cloud Service, Smart Assistant, dan Gesture Navigation. Fitur-fitur tersebut memungkinkan pengguna merasakan gaya hidup yang lebih cerdas. 

Desain modis 

Untuk peluncuran seri F11 ini, Oppo mencapai terobosan baru dengan menerapkan keindahan alam pada seri F11 melalui desain warna gradasi. Terobosan desain ini terinspirasi dari estetika "ciptaan alam" yang kemudian diterapkan dalam bahan serta teknis pengerjaan seri F11. 

Salah satunya, adalah desain gradasi tiga warna, Thunder Black. Desain unik ini memadukan warna merah dan biru menjadi warna hitam klasik, seperti meteor yang melesat melintasi langit malam. Selain Thunder Black, Oppo juga menciptakan desain gradien warna ganda yang unik, yaitu Aurora Green. Warna ini terinspirasi dari warna samudra biru yang terhubung dengan benua hijau yang subur. 

Dengan pola ikonik berbentuk S, warna biru dan hijau tersebut menyatu menjadi satu, dan ketika terpapar dengan cahaya yang dinamis, ia akan memancarkan vitalitas yang berbeda. 


(Peluncuran Oppo F11. Foto: Dok/OppoIndonesia) 


Oppo F11 Pro vs OPPO F11. Apa bedanya? 

F11 Pro dilengkapi dengan layar full HD 6.53 inci yang menampilkan rasio aspek 19,5:9 dan rasio screen-to-body hingga 90,9%. F11 Pro juga memiliki modul kamera depan tersembunyi untuk memperluas display full screen, yaitu Rising Camera. Untuk memastikan kepuasan pengguna, kamera depan tersebut telah melewati uji coba secara intensif untuk penggunaan sebanyak 100 kali dalam sehari selama enam tahun tanpa gagal. Terkait dengan penyimpanan, F11 Pro memiliki RAM 6 GB dan kapasitas internal 64GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan menggunakan microSD. 

Sementara untuk F11, OPPO membawa RAM 4GB dengan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan tambahan kartu microSD. Selain itu, OPPO F11 mengusung layar waterdrop screen dengan bentang 6.53 inci dan memiliki aspek rasio 19,5:9. Layar F11 juga dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 5. 

Harga jual 

Hadir dengan keunggulan kamera belakang ganda 48MP + 5MP, Rising Camera pada kamera depan, layar panorama, dan VOOC Flash Charge 3.0, OPPO F11 Pro dijual dengan harga Rp4.999.000. Sementara OPPO F11, yang hadir dengan desain layar waterdrop screen, dijual seharga Rp3.999.000.

Hadir dalam dua pilihan warna, Thunder Black dan Aurora Green, pemesanan awal OPPO F11 Pro bisa dilakukan mulai 14 Maret sampai 22 Maret 2019 di seluruh gerai resmi OPPO Indonesia dan berbagai situs e-dagang Indonesia. Sementara untuk penjualan perdana, akan dilakukan mulai tanggal 23 Maret 2019. 

Khusus bagi pemesanan awal, pelanggan akan mendapatkan Powerbank OASE 10.000 mAh dan Earphone Bluetooth OASE MD-K10, serta gratis perdana IM3 Ooredoo unlimited Youtube dan Apps selama 1 tahun tanpa potongan pulsa. Sementara itu, F11 yang hadir dalam balutan warna Thunder Black, dapat mulai dipesan pada 1 April 2019. Perangkat ini akan mulai dijual pada 19 April 2019.

Life & health