Virginie Viard Ditunjuk Jadi Direktur Artistik Chanel


  • Virginie Viard Ditunjuk Jadi Direktur Artistik Chanel
    Virginie Viard ditunjuk menjadi Direktur Artistik Chanel. (Foto: @virginieviard/Instagram)


    Setelah kepergian perancang busana ikonis Karl Lagerfeld di usia yang ke-85 tahun, banyak orang yang bertanya-tanya siapa yang akan menggantikan dirinya sebagai direktur artistik di rumah mode Chanel. 

    Pria asal Jerman tersebut telah menjadi direktur srtistik bagi Chanel sejak tahun 1983 untuk koleksi haute couture, busana siap pakai, serta aksesori. Salah satu karya ikonis Karl adalah tas Gabrielle yang diciptakannya pada tahun 2016.



    Alain Wertheimer selaku CEO Chanel pun akhirnya mengumumkan sosok yang menggantikan Karl sebagai direktur kreatif rumah mode asal Prancis tersebut. Ia menunjuk Virginie Viard sebagai Direktur Artistik untuk koleksi haute couture, busana siap pakai, dan aksesori. Ia juga menunjuk Eric Pfrunder sebagai Artistic Director Fashion Image untuk Chanel.

    (Baca juga: Ikon Fashion, Desainer Karl Lagerfeld Meninggal Dunia) 

    Virginie Viard mengawali kariernya sebagai seorang pegawai magang di Chanel pada tahun 1987. Ia sempat bekerja di bawah Karl Lagerfeld di rumah mode Chloé pada tahun 1992, dan kembali ke Chanel lima tahun setelahnya sebagai koordinator haute couture, ditambah dengan koleksi busana siap pakai pada tahun 2000.



    Karl Lagerfeld sendiri mengakui pentingnya keberadaan Virginie untuk rumah mode Chanel melalui film dokumenter 7 Days Out yang menampilkan kejadian di balik layar pembuatan koleksi haute couture Chanel. Ia mengatakan, "Virginie adalah orang yang paling penting, tidak hanya untukku tetapi juga untuk atelier, untuk segalanya. Dia adalah tangan kanan saya, dan bahkan jika saya tidak melihatnya, kita selalu berbicara di telepon."

    Sementara itu, Eric Pfrunder juga merupakan seseorang yang telah bekerja sejak tahun 1983 bersama Karl di Chanel. Ia bertanggung jawab untuk bagian periklanan, marketing, film, acara, dan berbagai produk digital lainnya.

    Alain Wertheimer menegaskan keyakinannya pada tim yang bekerja dengan Karl Lagerfeld selama lebih dari 30 tahun. Ia juga yakin kepada semua orang yang merupakan bagian dari tim mode di Chanel di bawah kepemimpinan Bruno Pavlovsky yang menjabat sebagai Fashion President di Chanel, untuk lebih mengembangkan kreativitas dan vitalitas Fashion di CHANEL .