Pekan Peragaan Busana 'Mode Doraemon' Tiba di Indonesia


  • Pekan Peragaan Busana 'Mode Doraemon' Tiba di Indonesia
    Koleksi 'Kuroba' rancangan Ivan Gunawan (Foto: Dok. Tim Muara Bagdja)

    'Mode Doraemon' atau disingkat 'Modo' yang merupakan pekan peragaan busana Doraemon diadakan di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun ini. Berlangsung di Main Atrium East Mall Lt. 1 Grand Indonesia, gelaran mode ini menampilkan kolaborasi karakter Doraemon dengan sejumlah perancang busana ternama Indonesia.

    (Baca juga artikel: Perpaduan 3 Budaya di Koleksi 'Tresno' Bramanta Wijaya)

    “Doraemon adalah karakter kartun asal Jepang yang telah memiliki citra sangat kuat di Indonesia. Bahkan robot kucing ini masih memiliki penggemar setia yang mengikutinya sejak pertama kali diperkenalkan hingga sekarang. Berjalan seiring dengan perkembangan dunia mode yang semakin pesat, membuat kami terdorong untuk memperkenalkan Doraemon pada level high fashion yang membidik pasar high teens dan young adults. Untuk itu kami berkolaborasi dengan beragam desainer Tanah Air agar berada pada jejak tendensi mode masa kini tanpa kehilangan unsur Jepang yang sangat kental melekat pada karakter Doraemon. Para desainer menginterpretasikan karakter Doraemon ke dalam karya sesuai dengan karakter mereka. Desain yang lahir dari tangan-tangan kreatif inipun menjadi penuh ragam, mulai dari yang kasual hingga formal dalam sentuhan selera rasa yang tinggi. Para penggemar setia Doraemon seolah diajak untuk memasuki dunia Doraemon dari sudut pandang tiap desainer sehingga dengan mudah dapat menentukan untuk tetap menggunakan karakter Doraemon yang dicintainya pada level yang setara dengan gaya hidup dan citra diri pemakainya.” cerita Helena Irma K. Tegoeh, Direktur AI Indonesia mengenai alasan mengapa Modo 2019 digelar. 



    Pekan mode ini menampilkan berbagai koleksi hasil kolaborasi desainer dan label asli Indonesia dengan kartun ikonis dari Jepang tersebut, termasuk Ivan Gunawan yang menghadirkan koleksi bertajuk 'Kuroba' yang elegan dan mewah dengan motif para karakter kartun tersebut, maupun baling-baling dan lonceng khas Doraemon.



    Koleksi 'Kuroba' terdiri dari 25 busana wanita dan lima busana pria. Untuk presentasi koleksi, Ivan Gunawan membagi dua karakter busana yang ditampilkannya. Koleksi ini didominasi oleh tekstil polos modern, seperti mikado, brokat, velvet, tulle hingga netting dalam hitam dan putih. Ciri khas Doraemon dimunculkan dalam bentuk topi dengan baling-baling dan lonceng.

    (Baca juga artikel: Eksplorasi Berbagai Teknik di Koleksi Terbaru Purana)

    “Saya menamai koleksi ini ‘Kuroba’ (bermakna: sayap hitam), yang merupakan interpretasi saya terhadap tokoh Doraemon yang saya cintai sejak kecil. Tergenggam harapan sayap ini membawa Doraemon ke jenjang yang lebih tinggi. Doraemon dengan aroma mapan, elegan dan mewah yang sejalan dengan karakter desain Ivan Gunawan, tanpa kehilangan kenangan masa kecil yang lekat di dalamnya,” ujar Ivan tentang koleksinya.

    Pada sesi pertama, karakter Doraemon dan teman-temannya disulap menjadi motif bahan yang dicetak khusus. Mulai dari bahan bermotif karakter menjelma bentuk dan potongan busana baru yang lurus, longgar serta bertumpuk dalam yang merupakan gaya khas harajuku yang edgy. Bahan yang digunakan beragam, mulai dari katun, hingga mika. Warna nude, hitam dan putih menjadi penanda kuat dari koleksi ini. 

    Untuk sesi kedua, karakter Doraemon dibuat menjadi bentuk yang lebih halus dengan desain yang lebih elegan, sophisticated, dan clean, yang merupakan jiwa rancangan Ivan Gunawan selama ini.

    Ivan Gunawan juga berkolaborasi dengan desainer aksesori kelas dunia, Rinaldy Yunardi, untuk membuat aksesorinya dan menggunakan kacamata Optik Seis untuk melengkapi koleksi ini.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below