Kepulauan Anambas, Destinasi Wisata Menjanjikan di 2019


  • Kepulauan Anambas, Destinasi Wisata Menjanjikan di 2019
    Dari lima destinasi wisata 2019 yang direkomendasikan pakar traveling dan konsultan Julia Perowne, Kepulauan Anambas masuk salah satunya. (Foto: Dok/Instagram/@bawahreserve)


    Buat yang masih belum punya atau membuat wish-list destinasi wisata tahun ini, Kepulauan Anambas patut masuk dalam daftar. Kenapa? 

    Hamparan pantai dan pemandangan indah laut birunya adalah salah satu alasan. Namun di luar itu, baru-baru ini seperti dikutip dari Mr.Porter, Julia Perowne, konsultan private yang kerap mengatur perjalanan liburan para CEO dan bintang film, menempatkan Kepulauan Anambas sebagai satu dari lima destinasi wisata rekomendasinya di 2019. Surprising? 



    Siapa mengira, kabupaten di Kepulauan Riau itu masuk dalam daftar rekomendasi Perowne, selain Paris, Zimbabwe, Grenada dan Carolina AS. 

    (Baca juga: 8 Barang yang Harus Dibawa saat Solo Traveling)

    Julia, yang juga CEO Perowne International itu telah bekerja dengan berbagai hotel di seluruh dunia, dan rekomendasinya meliputi berbagai tempat yang patut dikunjungi, entah itu karena ada hal baru di tempat yang dituju, atau benar-benar tersembunyi hingga memberi pengalaman baru yang berkesan. 

    Menurutnya, Kepulauan Anambas yang memiliki lebih dari sekitar 250 pulau kecil tak banyak dikunjungi para traveler. Padahal, karang di kepulauan ini dilaporkan 10 kali lebih beragam daripada terumbu karang terbesar dunia The Great Barrier Reef, Australia. 

    Dengan moda transportasi yang kini sudah tersedia, akses ke Kepulauan Anambas pun kini patut dilirik sebagai destinasi wisata yang menjanjikan. Untuk tempat menginap, Julia menganjurkan Bawah Reserve yang baru saja dibuka tahun lalu dan tak banyak yang dengar akan hal ini. 



    Kepulauan Anambas 

    Beribukota Tarempa, kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kepulauan Natuna pada 2008. Dengan hamparan pantai dan pemandangan indahnya, pulau Anambas pernah juga dinobatkan oleh CNN sebagai pulau tropis paling indah se-Asia. Konon, kecantikan pantainya mengalahkan Maldives. Penasaran? 

    Kepulauan Anambas punya beberapa tempat yang bisa dikunjungi, dari mulai Tarempa, Pulau Penjalin, Pulau Piugus, Pulau Durai, Pulau Telaga, hingga Pulau Bawah. Jika memang berniat menjejak kaki di Kepulauan Anambas, bisa mengawalinya di Pulau Bawah ini. 

    Menurut catatan beberapa traveler asing, laguna di Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia. Tak hanya di permukaan, formasi karangnya juga tak kalah cantik. Untuk mencapai Pulau Bawah, dari kota Tarempa lama perjalanan sekitar 7 jam dengan naik perahu bermotor, dan atau speedboat sekitar 4 jam. 

    How to get there

    Untuk mencapai Anambas, terdapat dua jalur lewat Tanjung Pinang (Pulau Bintan) dan Batam.  

    Lewat Tanjung Pinang 

    - penerbangan langsung dari bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Raja Haji Fisabilillah di Tanjung Pinang. Penerbangan dari Jakarta - Tanjung Pinang. Durasi 1 jam 30 menit. Penerbangan Lion Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia di harga mulai dari Rp686 ribu hingga Rp1,8juta sekali jalan. 

    - dilanjutkan dengan kapal feri dari Bintan (setiap Senin, Rabu, Jumat). Lama perjalanan 8-9 jam. Kapal singgah di Letung, Pulau Jejama sebelum berlabuh di Dermaga Tarempa di Pulau Siantan. 

    - dari bandara Tanjung Pinang, bisa juga naik Susi Air dengan rute Tanjung Pinang-Letung (setiap Selasa, Kamis, 08:50). Untuk menuju Terempa, naik speedboat 2-3 jam dari bandara Letung di Pulau Jejama.  



    Lewat Batam 

    - penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta menuju Banda Hang Nadim di Batam. Penerbangan dari Jakarta -Batam. Durasi sekitar 1 jam 40 menit. Penerbangan dengan Lion Air, Citilink Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air, Gaurda Indonesia di harga mulai dari Rp983 ribu hingga Rp1,9juta sekali jalan.

    - lanjut naik kapal feri (setiap Selasa, Kamis, Sabtu) dari pelabuhan telaga Punggur, Batam. Lama perjalanan 8-9 jam. Kapal singgah di Letung, Pulau Jejama. 

    - bisa juga dari Batam dilanjutkan dengan Wings Air menuju Bandara Letung Pulau Jejama (setiap Senin, Rabu). Selain WingsAir ada Susi Air (Senin, 11:05). 

    - jika ingin ke Tarempa, lanjutkan perjalanan dengan speedboat dari Letung, Pulau Jejama.  



    Where to Stay 

    Bawah Reserve 

    Resort yang mengusung konsep eco-resort ini memiliki 35 bungalow yang terbagi atas: Garden Suite, Beach Suite, Overwater Bungalow, dan Deluxe Beach Suite, dengan harga inap mulai dari sekitar Rp18,5 juta hingga Rp23,7 juta rupiah. Untuk reservasi bisa dilakukan di situs Bawah Reserve. Resort ini juga menyediakan layanan private seaplane (pesawat amfibi) berkapasitas 10 orang dengan lama penerbangan dari bandara Batam ke resort sekitar 80 menit. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below