5 Trik Rahasia Cantik Tiongkok Kuno


  • 5 Trik Rahasia Cantik Tiongkok Kuno
    Kulit cerah dan awet muda menjadi salah satu daya tarik perempuan di Negeri Lampion. Simak rahasia klasiknya! (Ilustrasi: Foto:/Dok/pixabay/pexels.com)


    Kulit cerah dan awet muda menjadi salah satu daya tarik perempuan di Tiongkok. Beberapa ritual tradisional seperti akupunktur atau menggunakan alat kecantikan kuno seperti gua sha hanya satu atau dua beberapa di antaranya.

    Masih banyak rahasia klasik mereka yang masih relevan hingga saat ini. Apa saja?



    Simak rahasia cantik mereka lewat beberapa treatment berikut ini: 

    (Baca juga:  Berbagai Manfaat Jade Roller yang Patut Diketahui)


    1. Accupressure + Accupuncture

    Kedua metode tradisional ini berfungsi untuk menstimulasi tiap acupoint pada tubuh. Ritual ini juga memiliki manfaat tersendiri bagi kulit. Aplikasi tekanan, baik dengan jarum ataupun tangan, mampu mendetoksifikasi, mengaktivasi produksi kolagen alami, hingga mengeliminasi gejala eksim dan psoriasis.


    2. Alat Face Sculpting 

    Alat kecantikan kuno asal Tiongkok seperti jade roller dan gua sha tool memang terbukti menjaga tampilan awet muda. Ternyata, di Tiongkok, bentuk wajah yang indah merupakan hal yang paling didambakan kaum perempuannya. Tak heran mengapa alat face sculpting yang melancarkan sistem limfatik untuk mengurangi puffiness ini begitu diandalkan. 


    3. Kacang Hijau

    Tak hanya dijumpai pada banyak menu makanan, kacang hijau juga umum dikenal sebagai pengobatan jerawat di sana. Biji-bijian satu ini kaya akan antioksidan dan phytonutrients yang efektif meredakan jerawat hingga ruam. Biasanya, kacang hijau ditumbuk, lalu bubuknya dilarutkan dengan air untuk dijadikan masker. Patut dicoba!

    (Baca juga: 7 Set Kuas Makeup yang Unik dan Cantik)


    4. Toner Alami

    Selama berabad-abad, perempuan di Asia Timur, termasuk Tiongkok telah memercayakan air rendaman beras untuk mencerahkan kulit wajah. Ini termasuk metode yang mudah dan hemat untuk dicoba. Cukup rendam beras hingga warna airnya berubah menjadi seputih susu, lalu pisahkan. Air rendaman beras ini dapat disimpan di dalam lemari es selama tiga hari. Aplikasikan ke kulit wajah menggunakan kapas sebagai toner, lalu lanjutkan dengan produk perawatan selanjutnya.

    Tip: Setelah menggunakan rice toner, Anda juga bisa mencoba masker daun mint untuk mencerahkan wajah secara instan. Tumbuk daun mint, campur dengan air, lalu aplikasikan ke wajah selama 10-15 menit. 


    5. Goji Berry

    Selain antioksidan, goji berries juga memiliki kandungan vitamin C dan beta carotene yang sangat tinggi. Nutrisi alami ini efektif untuk melawan tanda penuaan dini akibat agresi eksternal seperti polusi dan sinar UV. Ia juga dapat membantu memperkuat imunitas kulit dan menyingkirkan toksin.

    Kamu bisa mengonsumsi goji berries kering sebagai kudapan, memasukkannya ke dalam jus atau smoothie, dan menyeduhnya sebagai teh. 


    (Teks: Rahmi Davita/ Foto: Dok/123rf.com)





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below