10 Simbol Imlek dan Makna di Baliknya


  • 10 Simbol Imlek dan Makna di Baliknya
    Tahun baru Imlek kerap ramai dengan warna merah dan pernak-pernik meriah. Tapi, apakah kamu tahu arti di balik 10 simbol imlek ini? (Foto: Dok. Andrew Haimerl/Pexels)


    Tahun Baru China atau Imlek selalu ramai dengan warna merah dan pernak-pernik meriah. Tak hanya itu, di setiap peringatan ini juga selalu ada angpao, barongsai hingga lampion yang kemudian menjadi simbol Imlek tersendiri.

    Namun, apa sebenarnya makna di balik penanda setiap benda tersebut? 



    Warna merah ternyata bukan sembarang pilihan warna. Angpao pun bukan sekadar hadiah biasa. Cari tahu makna di setiap simbol Imlek berikut ini: 

    (Baca juga: 8 Dekorasi Rumah untuk Memeriahkan Perayaan Imlek)

    1. Warna merah


    (Lampion merah. Foto: Dok/pexels.com)

    Menggambarkan pengharapan di tahun yang baru. Segala kesedihan serta kegelapan dipercaya akan hilang dan digantikan dengan kebahagiaan. Merah juga kerap menjadi simbol kebaikan dan ketulusan hati. Pelafalan kata merah yang dalam Bahasa Mandarin adalah “hung” identik dengan arti “makmur”.


    2. Jeruk 



    Perayaan Imlek tak akan lengkap tanpa kehadiran buah jeruk. Dalam Bahasa Mandarin, jeruk disebut dengan “Ju” yang memiliki lafalan sama dengan kata yang berarti “keberuntungan”. Kehadiran jeruk saat Imlek menjadi lambang keberuntungan yang akan selalu menyertai.


    3. Angpao


    Salah satu ciri khas saat tahun baru Imlek adalah angpao. Biasanya, angpao diberikan oleh seseorang yang lebih dewasa pada anak-anak atau yang belum menikah. Pemberian angpao juga bisa dilakukan dalam berbagai acara, misalnya seperti dalam pernikahan.


    4. Ikan 



    Selain jadi makanan favorit, ikan diyakini sebagai lambang keberuntungan. Dalam Bahasa Mandarin, kata ikan adalah “Yu” yang sama dengan lafalan bermakna “lebih”. Gambar ikan pun diharapkan mampu memberikan hidup sehat dan bahagia serta usaha yang lebih lancar.


    5. Gambar Dewa Rezeki (Cai Shen)



    Menurut kepercayaan, Dewa Rezeki bertugas untuk membagikan rezeki pada umat manusia, sehingga kedatangannya menjadi momen paling ditunggu. Gambar atau patungnya pun kerap kita temui di rumah warga Tionghoa saat merayakaan Imlek.


    6. Barongsai



    Tarian Barongsai turut menjadi salah satu ciri khas dalam perayaan Imlek. Barongsai menjadi lambang ketidak-beruntungan sehingga tarian ini ditujukan untuk “mengusir” nasib buruk tersebut.


    7. Lampion



    Tak hanya memiliki arti sebagai penerang hidup, lampion juga melambangkan persatuan, kebersamaan, keberuntungan, semangat, dan kebahagiaan. Biasanya lampion digantung di rumah atau tempat umum saat perayaan Imlek.

    8. Puisi (Dui-Lian)


    Dui-Lian biasanya berisikan harapan bahagia yang ditempel di sisi kanan dan kiri pintu sebagai permohonan atas kehidupan yang lebih baik di tahun baru ini. Selain itu, puisi ini juga menjadi tanda suka cita bagi mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek.


    9. Petasan (Bian Pao)



    Suara ledakan yang dihasilkan dari petasan ini dipercaya mampu mengusir roh jahat serta berbagai ketidak-beruntungan dan menggantinya dengan keberuntungan sekaligus kebahagiaan. Petasan juga awalnya digunakan untuk mengusir hewan buas bernama Nian.


    10. Mi



    Hidangan lezat yang wajib disajikan saat Imlek ini memiliki arti khusus yakni simbol dari umur panjang, kebahagiaan, dan rezeki yang berlimpah. Mi pun menjadi sajian yang paling ditunggu di perayaan besar.

    Itulah 10 makna yang terdapat dalam simbol Imlek. Simbol mana yang paling menarik perhatianmu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below