Tips Rambut Mudah Diatur dengan Kondisioner Tanpa Bilas


  • Tips Rambut Mudah Diatur dengan Kondisioner Tanpa Bilas
    Menggunakan kondisioner menjadi penting untuk menjaga rambut tetap halus dan terawat. Bagaimana jika menggunakan kondisioner tanpa bilas? (Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


    Kondisioner tanpa bilas? Mendengar kata ini akan melayangkan ingatan pada rambut basah, lepek dan lengket. Dan itu tidak sepenuhnya benar. 

    Seperti diketahui dalam merawat rambut supaya tetap halus dan mudah diatur, keramas dengan shampo saja tak cukup. Seseorang juga hendaknya menggunakan kondisioner, karena selain menjaga kelembapan rambut, kondisioner memberikan banyak keuntungan, seperti mencegah rambut patah, rontok dan awut-awutan, juga membuat rambut halus dan mudah diatur. 



    Kini, kamu tak perlu repot lagi memakai kondisioner ketika mandi, kondisioner tanpa bilas pun bisa jadi pilihan. Alasannya, selain mampu membuat rambut lebih halus, berkilau dan bervolume, kondisioner tanpa bilas juga lebih praktis dan hemat waktu. 

    Namun, pertanyaannya, bagaimana memilih yang tepat sesuai jenis rambut dan mengaplikasikannya? 

    (Baca juga: Maksimalkan Fungsi Conditioner Rambut Anda)

    Kondisioner tanpa bilas

    Bicara tentang kondisioner, saat ini, terdapat dua jenis kondisioner di pasaran, dengan bilas dan tanpa bilas. Bedanya, kondisioner dengan bilas biasanya punya tekstur cenderung kental dan creamy. Sementara, kondisioner tanpa bilas berstektur cenderung lebih ringan. 


    (Ilustrasi. Foto: Dok/pixabay/pexels.com)


    Keuntungan pakai kondisioner tanpa bilas 

    Jika dirunut lebih jauh, kondisioner tanpa bilas membawa beberapa keuntungan atau kelebihan dibanding kondisioner dengan bilas. Di antaranya, dapat menghemat waktu dan praktis karena jenis kondisioner ini tidak perlu dibilas yang berarti bisa mengenakannya sembari beraktivitas. Dalam pengaplikasiannya, juga tidak perlu banyak. Cukup teteskan seukuran koin dan ratakan penggunaannya pada rambut. 

    (Baca juga: 4 Cara Mengatasi Rambut Kusut)

    Cara pakai kondisioner

    Sebelum memutuskan untuk menggunakan kondisioner, ada baiknya mengetahui pemakaiannya sesuai jenis rambut. Karena dengan begitu, rambut akan tetap terawat dan tidak mudah rontok. 

    Rambut berminyak 

    Untuk rambut berminyak, misalnya, aplikasikan kondisioner hanya pada ujung rambut saja. Sebab, ujung rambut merupakan rambut yang lebih tua daripada rambut yang berada di akar. Hal ini membuat ujung rambut cenderung lebih kasar, terlihat rusak, dan bercabang karena lapisan minyak alaminya sudah terkikis. Rambut yang ada di dekat akar masih memiliki minyak alami sebagai pelindung. Jika mengaplikasikan kondisioner dari akar rambut malah membuat rambut semakin berminyak dan memicu datangnya ketombe. 

    Rambut kering 

    Jika rambut kering, kasar, rusak atau diwarnai, gunakan kondisioner pada seluruh permukaan rambut, bukan pada kulit kepala dan akar rambut. Gunakan jari untuk mengaplikasikan kondisioner, sisir (dengan jari) dari tengah ke ujung, lalu ke atas dan ke ujung lagi. Lakukan hingga kondisioner merata pada seluruh permukaan tengah hingga ujung rambut. Bisa juga menggunakan sisir untuk mengaplikasikan kondisioner, hanya saja gunakan yang gigi sisir jarang agar rambut tak tersangkut pada sisir. 


    (Pantene Perfect On. Foto: Dok/Pantene)


    Perfect On

    Salah satu yang terdapat di pasaran baru-baru ini, yakni kondisioner tanpa bilas Pantene Perfect+On. Kondisioner ini mengandung formula pro vitamin yang ringan dan meresap hingga ke dalam rambut sehingga rambut halus, mudah diatur, harum, terlindungi dari kerusakan dan membuat rambut nggak awut-awutan. 

    Kondisioner ini juga diyakini dapat mengatasi berbagai masalah rambut, dari mulai rambut awut-awutan, hingga rambut singa dalam waktu singkat. Dengan ukurannya yang mini 40ml, produk ini juga lebih praktis bisa dibawa ke mana saja, dan dipakai kapan saja karena tak perlu air dan tanpa bilas. Cukup oleskan dari tengah rambut sampai ke ujung rambut, dan dianjurkan untuk menggunakannya pada rambut setengah kering. Bahannya yang water-based membuat kondisioner tanpa bilas ini juga tidak lengket. 

    (dari berbagai sumber/artikel ini kerjasama Herworld dengan Pantene Indonesia) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below