Mengenal 10 Pernak-Pernik Natal Dan Makna di Baliknya


  • Mengenal 10 Pernak-Pernik Natal Dan Makna di Baliknya
    Aksesoris yang harus dimiliki untuk perayaan Natal. (Foto: Ddok.Gary/pexels)


    Hari Natal identik dengan suasana suka cita dari keluarga yang menyatu dan membawa kebahagiaan. Selain itu, dekorasi rumah dengan pernak-pernik yang unik juga turut memeriahkan. 

    Selain pohon Natal, banyak pula aksesoris lain yang harus ada dalam momen ini. Bahkan diantaranya juga mengandung makna yang mendalam jika diletakkan di dalam rumah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 pernak-pernik Natal yang patut kamu ketahui dan miliki:



    (Baca Juga: 10 Inspirasi Hadiah Natal untuk Pasangan) 



    1. Rangkaian Bunga Bundar

    (Rangkaian bunga di depan pintu saat Natal.Foto:Dok/Pexels)


    Susunan bunga atau daun yang dibuat lingkaran atau dikenal dengan Wreaths, merupakan aksesoris wajib dimiliki saat perayaan Natal. Biasa diletakkan di depan pintu atau di jendela rumah, wreaths tak hanya hiasan tapi juga memiliki makna yang mendalam. Melansir laman New York Times, aksesoris ini mengartikan kesempurnaan, persatuan serta kehangatan dari Natal. Dengan menggantung aksesoris ini di pintu dan jendela, memiliki makna keberuntungan bagi siapapun yang hadir dan ikut merayakan momen ini.


    2. Pohon Natal

    (Pohon natal dan maknanya.foto:Dok/Pexels)


    Perayaan Natal tak lengkap tanpa pohon natal yang penuh dengan lampu meriah dan pernak-pernik lainnya. Namun, apa sebetulnya makna pohon natal? Melansir laman History, dengan menghadirkan aksesoris ini di dalam rumah, akan menjaga keluarga dari roh jahat dan penyakit saat hari Natal tiba.


    3. Lonceng

    (Lonceng untuk aksesoris natal.foto:dok/pexels)


    Dikutip dari laman Why Christmas, lonceng selalu hadir di setiap perayaan Natal sebagai simbol keceriaan dan membangun suasana bahagia. Oleh sebab itu, lonceng tak boleh luput dari dekorasi natal tahun ini.


    4. Tinsel atau Hiasan Kertas

    (Tinsel untuk pohon natal.Foto:Dok/Pexels)


    Dibentuk dari kertas dan karton berwarna metalik, tinsel mengandung makna cahaya yang menerangi pada perayaan hari Natal. Biasa digantungkan pada pohon Natal atau pintu rumah, hiasan ini akan memantulkan cahaya ketika terkena lampu.


    5. Kaos Kaki

    (Kaos kaki natal. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Kerap digantung di atas perapian, kaos kaki juga menjadi salah satu tradisi yang kerap menghiasi Natal. Konon, Santa Claus akan memberikan hadiah dengan memasukkannya ke dalam kantong atau kaos kaki Natal ini. Ada juga yang meyakini kaos kaki dengan hiasan Natal ini khusus diberikan dan dipakai saat Natal tiba. 


    6. Gingerbread Men 

    (Gingerbread dalam perayaan natal.Foto:Dok/Pexels)


    Awalnya gingerbread men hanyalah populer di negara-negara bagian Eropa dengan bentuknya yang terdiri dari dua yaitu santa claus dan malaikat. Kemudian seiring berjalannya waktu, kue ini mulai memiliki bentuk-bentuk unik lainnya, salah satunya berbentuk manusia. Melansir laman TIME, gingerbread men pertama kali dibuat oleh Ratu Elizabeth. Gingerbread Men sendiri merupakan makna dari kasih dan cinta untuk seseorang.


    7. Candy Cane

    (Permen natal untuk dekorasi rumah.Foto:Dok/Pexels)


    Candy cane atau permen tak pernah luput dari aksesoris di momen perayaan natal. Bentuknya yang unik serta garis-garisnya yang mengelilingi permen itu ternyata memiliki makna yang mendalam. Melansir laman Insider, tiga garis kecil bermakna kekuatan yesus untuk menyembuhkan dan tiga garis besarnya bermakna darah Yesus yang tumpah di kayu salib untuk hidup yang kekal.  


    8. Kado Natal 

    (Kado natal di hari natal.Foto:Dok/Pexels)


    Tradisi tukar kado sudah jadi bagian dari perayaan natal yang meriah. bahkan acara ini sudah ada sejak dulu ketika kelahiran yesus disambut dengan berbagai hadiah. Kado Natal sendiri berarti pemberian anugerah kepada sesama.


    9. Santa Claus

    (Santa Claus untuk hari Natal.Foto:Dok/Pexels)


    Santai Claus selalu hadir di perayaan natal untuk memberikan kejutan. Untuk itu, dengan memilih santa claus sebagai aksesoris natal bisa membawa anugerah dan kebahagiaan di dalam sukacita natal.


    10. Bintang 


    (Pernak-pernik untuk rayakan Natal.Foto:Dok/Pexels)

    Hiasan bintang biasanya diletakkan di atas pohon natal yang menjulang tinggi. Tak hanya sekedar aksesoris, bintang juga bermakna petunjuk untuk bertemu dengan yesus.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below