Kelly Vallerie, Juara 'Asia NewGen Fashion Award' 2019


  • Kelly Vallerie, Juara 'Asia NewGen Fashion Award' 2019
    Kelly Vallerie (tiga dari kiri), juara ANFA 2019 bersama Iwet Ramadhan, Ria Lirungan, Dea Yuliana, Andandika Surasetja dan Ria Juwita. (Foto: Dok.ANFA2019)


    Ajang kompetisi desainer muda, Asia NewGen Fashion Award (ANFA) kembali diadakan pada bulan Maret lalu. Telah diselenggarakan oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia sejak tahun 2013, ajang pencarian bakat muda ini berhasil mewadahi para desainer bertalenta di seluruh Asia dan melahirkan sejumlah nama besar di industri fashion, diantaranya Peggy Hartanto, Wilsen Willim, Sean & Sheila dan masih banyak lagi.

    Bertujuan untuk mewarnai panggung fashion secara global, kali ini ANFA menobatkan Kelly Valerie dari Indonesia sebagai pemenang Grand Final ANFA 2019 mengalahkan 8 finalis lainnya dari berbagai negara diantaranya, Singapura, Vietnam dan Thailand. Dengan desainnya yang bertajuk ‘freak’, Kelly berhasil membuat kagum sejumlah juri internasional.



    “Perjalanan mengikuti kompetisi ANFA 2019 ini merupakan perjalanan panjang yang sangat berharga, penuh tantangan dan tak terlupakan bagi saya. Dengan ini saya dapat mengeksplorasi desain dan memperluas hubungan di industri fashion yang menghantarkan brand saya ke panggung fashion,” ujar Kelly.

    (Baca juga: Kiprah Desainer Indonesia di Asia NewGen Fashion Award) 



    Perjalanan Kelly dapat meraih juara pertama tidaklah mudah. Sebelum memasuki babak final dan berkompetisi di ajang regional melawan 8 finalis lainnya, ia harus mengikuti seleksi tingkat Nasional terlebih dahulu.

    Dengan mendapat bimbingan dari para editor sampai perancang mode tersohor, diantaranya Michael Pondaag (Head of Stylist Harper’s Bazaar Indonesia), Didi Budiardjo (Creative Consultant Harper’s Bazaar Indonesia dan Fashion Designer), Ria Juwita (Event and Promotions Senior Manager PT. Plaza Indonesia) serta Ria Lirungan (Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia) dan Sebastian Gunawan (Fashion Designer), Kelly dapat lebih menyempurnakan koleksi dan mendapat arahan mengenai industri fashion secara global yang menghantar ia untuk akhirnya maju ke babak selanjutnya.


    (Kelly Vallerie mempresentasikan salah satu koleksinya yang bertajuk 'freak'. Foto: Dok/ANFA2019) 

    Ide dan kreativitas dibalik desain Kelly berhasil membuat para juri terkesima. Terinspirasi oleh karakter-karakter unik yang terdapat di film musikal The Greatest Showman, koleksi Kelly tampil multifungsi. Setiap look mampu bertransformasi menjadi beragam tampilan yang tentunya unik dan wearable sehingga selain untuk event formal, juga dapat diaplikasikan untuk pakaian sehari-hari. Lewat hal ini, Kelly sukses membawa pulang hadiah beasiswa dari Instituto Marangoni dan uang tunai sebesar 10.000 SGD.


    (Andandika Surasetja (alumni ANFA 2018), Dea Yuliana (pemenang ANFA 2019 tingkat nasional), Kelly Vallerie (pemenang ANFA 2019). Foto: Dok/ANFA2019) 


    Tidak hanya berhenti disitu, hadir pula Dea Yuliana (pemenang ANFA 2019 tingkat nasional) serta Andandika Surasetja (alumni ANFA 2018) yang turut hadir membagikan pengalamannya dengan antusias.

    Melihat besarnya peluang prestasi yang diraih dan antusiasme desainer muda terhadap ANFA, Harper’s Bazaar Indonesia kembali mencari talent terbaik dan berbakat dalam dunia fashion untuk kembali mencetak berbagai prestasi dibidang fashion dalam ajang kompetisi ANFA tahun depan (2020) dengan tema ‘sustainability’. Pendaftarannya sudah dibuka dari tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan 27 Januari 2020.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below