Mengenal Penyakit Autoimun dan Cara Mencegahnya


  • Mengenal Penyakit Autoimun dan Cara Mencegahnya
    Mengenal penyakit autoimun dan cara mencegahnya agar tidak menyerang tubuh. (Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Penyanyi Ashanty Siddik Hasnoputro tengah ramai dibicarakan karena penyakit yang dideritanya saat ini. Dari berita yang beredar, kabarnya sekujur tubuh Ashanty dipenuhi dengan bentol-bentol. Bahkan karena hal ini, dirinya harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

    Telah ditangani oleh dokter, diduga penyakitnya ini disebabkan oleh autoimun yang dideritanya. Apa sebenarnya autoimun?



    (Baca Juga: 3 Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita)


    Melansir laman Healthline, autoimun merupakan kondisi sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan bakteri dan virus, justru keliru dan menyerangnya. Hal ini disebabkan sistem ini tak lagi bisa membedakan sel asing dan sel tubuhnya sendiri. Dampak dari autoimun juga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti radang usus, anemia pernisiosa, Systemic lupus erythematosus (SLE), Psoriasis, Diabetes tipe 1 dan lainnya.

    Lalu bagaimana cara mencegahnya? Meski belum diketahui apa penyebab penyakit ini menyerang, kamu bisa mencegah penyakit ini dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat di bawah ini.

    (Baca Juga: 10 Penyakit yang Sering Dialami Masyarakat Indonesia)


    1. Olahraga

    (Berolahraga untuk hindari penyakit autoimun.Foto:Dok.Jonathan/Pexels)


    Olahraga jadi salah satu langkah untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan meluangkan waktu 30 menit setiap harinya untuk berolahraga, kamu bisa terhindar dari banyak penyakit. Selain tubuh lebih berstamina, beraktivitas fisik juga bisa melancarkan sistem peredaran darah, menstabilkan hormon dan lainnya. 


    2. Mengonsumsi Omega 3


    (Omega 3 bisa mencegah gangguan imun menyerang.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Melancarkan sistem imun bisa dengan memperkaya asupan dengan kandungan omega 3. Selain itu, kandungan ini juga bisa menguatkan fungsi otak dan jaringan tubuh lainnya. Omega 3 bisa kamu dapatkan di dalam ikan, telur, minyak kanola, kacang kedelai, dan labu.


    3. Hindari Stres


    (Hindari stres untuk mencegah gangguan imun.Foto:Dok.Prasanth/Pexels)


    Stres menjadi salah satu pemicu timbulnya banyak penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas dan gangguan sistem imun atau autoimun. Cara menghindarinya kamu bisa melakukan meditasi dan berusaha berpikir positif pada semua hal yang telah dihadapi.