8 Cara Mencegah Penyakit Diabetes


  • 8 Cara Mencegah Penyakit Diabetes
    Mencegah penyakit diabetes bisa dilakukan dengan berbagai cara(Foto:Dok.Negative Space/Pexels)


    Diabetes jadi salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang siapapun diusia berapapun. Biasanya pula penyakit ini menyerang mereka yang tidak menjalani pola hidup sehat, seperti tidur larut, mengonsumsi lemak berlebih dan jarang berolahraga. Bahkan beberapa diantaranya terserang difaktori keturunan dari generasi sebelumnya.

    Melansir laman Healthline diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Yang bahayanya, hal ini bisa menghambat kinerja sel di dalamnya yang tak lagi peka pada insulin. Lalu bagaimana cara mencegahnya?



    Meskipun sulit untuk menjalaninya, namun menjalani rutinitas sehat jadi cara utama untuk mencegah ragam penyakit berbahaya, salah satunya diabetes. Dengan menjaga asupan gizi, tidur nyenyak dan mengendalikan stres, cara berikut ini juga dipercaya bisa mencegah terserangnya diri dari penyakit diabetes.

    (Baca Juga: Mengenal Diabetes: Gejala, Sebab dan Pencegahannya)


    1. Mengurangi Asupan Gula dan Karbohidrat


    (Hindari makanan yang tinggi akan gula.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Makanan yang mengandung gula dan karbohidrat berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes menyerang. Hal Ini dikarenakan bisa mendorong peningkatan gula darah dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Melansir layman Healthline, penelitian telah menunjukkan hubungan antara seringnya konsumsi gula atau karbohidrat olahan dan risiko diabetes. 


    2. Konsumsi Buah Dan Sayur


    (Perbanyak makan sayur dan buah.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Mengganti menu makananmu dengan aneka asupan nabati bisa jadi upaya untuk mencegah tubuh terserang penyakit diabetes. Pilihlah makanan yang mengandung Lemak nabati dan aneka buah dan sayuran. Hindari pula asupan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh dan gula agar efektif mengurangi risiko diabetes. 

    (Baca Juga: 5 Gejala Penyakit Diabetes yang Perlu Diwaspadai)


    3. Konsumsi Air Secara Maksimal


    (Kurangi minuman perasa dengan gula yang banyak.Foto:Dok.Alexander Mils/Pexels)

    Melansir laman Everyday Health, mengonsumsi minuman manis jadi salah satu pemicu risiko terserangnya diabetes. Jika kamu pecinta minuman manis, mulailah untuk mengganti minumanmu dengan air putih. Namun, bila terasa sulit bisa pula kamu menggantinya dengan infuse water agar lebih sehat.


    4. Berolahraga


    (Berolahraga setiap hari.Foto:Dok.Paul Sky/Pexels)

    Olahraga menjadi salah satu cara untuk membuat sel lebih sensitif terhadap insulin. Dengan berolahraga selama 150 menit per minggu bisa menjaga kadar gula darah terkendali. Bahkan hal ini pula bisa menurunkan lemak dalam tubuh yang juga berpengaruh pada peningkatan risiko terserangnya diabetes. 

    (Baca Juga: 7 Makanan Ringan untuk Penderita Diabetes)


    5. Berhenti Merokok


    (Berhenti merokok.Foto:Dok.Aphiwat/Pexels)

    Banyak penelitian telah membuktikan bahwa rokok menjadi salah satu faktor penyebab munculnya banyak penyakit. Diantaranya adalah penyakit jantung, emfisema dan kanker paru, payudara, prostat dan saluran pencernaan. Melansir laman Healthline sebuah analisis dari beberapa studi membuktikan bahwa merokok meningkatkan risiko diabetes hingga 44% pada perokok rata dan 61% pada orang yang merokok lebih dari 20 batang setiap hari.


    6. Hindari Hal yang Memicu Stres


    (meditasi bisa jadi cara untuk menghilangkan stres.Foto:Dok.Theformfitness/Pexels)

    Stres ternyata menjadi salah satu hal yang memicu risiko diabetes. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan beberapa hormon yang bisa meningkatkan gula darah. Untuk mengurangi stres yang berlebih, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti meditasi, berbicara dengan teman, mengikuti kegiatan positif dan lainnya. Sehingga, saat dirimu telah mampu mengatasi stres, maka risiko terserangnya diabetes pula bisa menurun. 

    (Baca Juga: 5 Cara Hindari Stres)


    7. Tidur yang Cukup


    (Tidur yang cukup bisa mengurangi risiko diabetes.Foto:Dok.Bruce Mars/Pexels)

    Tidur yang cukup bisa jadi salah satu cara untuk tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit diabetes. Sulit tidur biasanya akan berpengaruh pada metabolisme tubuh, yang bisa membuat berat badan menjadi meningkat dan energi yang berkurang. Untuk itu optimalkan jam tidurmu minimal 8 jam setiap hari agar bugar setiap hari!


    8. Medical Check Up


    (Medical Check Up ke Dokter.Foto:Dok/Pexels)

    Hal yang sangat penting untuk dilakukan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatahui kondisi tubuhmu secara detil dan jelas. Lakukan ini minimal satu tahun sekali untuk mengetahui kesehatanmu, terutama kondisi gula darah pada tubuh.


    Kamu bisa melakukan delapan cara di atas untuk mencegah terserangnya penyakit diabetes. Selamat hari diabetes!



 

Related Articles

8 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

8 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

oleh Hafizah Rana Dalilah

Cara Mencegah Diabetes

Cara Mencegah Diabetes

oleh Kiki Riama Priskila

10 Cara Mencegah Diabetes

10 Cara Mencegah Diabetes

oleh Yolanda Deayu

Advertisement - Continue Reading Below