Mengintip Inspirasi Busana Batik 2020 Dari Bateeq


  • Mengintip Inspirasi Busana Batik 2020 Dari Bateeq
    Tren busana batik yang mengeksplorasi ragam motif dari daerah di Indonesia(Foto:Dok.Bateeq)


    Ragam busana batik lahir dengan warna-warna yang lebih berani dan cerah. Ditambah dengan coraknya yang lebih variatif, tak lagi menjadikan batik hanya sebagai pakaian formal, tapi juga bisa jadi pilihan busana untuk keseharian.

    Mendekati tahun 2020, kini banyak koleksi busana batik yang lahir dan juga menginspirasi. Beberapa diantaranya bahkan telah diperlihatkan dalam ajang fashion show Jakarta Fashion Week beberapa waktu lalu. Salah satunya yang mencuri perhatian adalah corak batik dari brand busana Bateeq yang bermain dengan motif-motif batik asal daerah di Indonesia.



    Di koleksi terbarunya, ragam busana yang diluncurkan diberi tajuk 'Sejari' yang berarti persatuan di tengah keragaman. Ide ini lahir dari perjalanan suku Betawi yang juga dicampurkan dengan berbagai etnis dan budaya dari, Jawa, Sunda, Sumbawa, Ambon, Melayu, Bali, Tionghoa dan Arab. Meskipun berbeda suku, namun semuanya tetap mempertahankan budayanya. 

    (Baca Juga: Eksplorasi Busana Batik dan Kebaya Dari Alleira Batik)

    Inspirasinya ini melahirkan tiga motif diantaranya Aluwung, Abimantrana dan kawung Rante yang diangkat dari bahasa sanskerta dengan makna dan arti masing-masing. Ketiganya pula tergambar dalam kreasi motif yang berbeda di setiap kainnya.



    Aluwung menjadi motif yang berasal dari bahasa sanskerta yang berarti 'Lebih Baik'. Dari maknanya itu, melahirkan motif batik Kawung yang tampak dengan unsur gradasi yang bisa jadi pilihan busana yang membawa kesempurnaan dan kemurniaan saat dikenakan.

    Ada pula motif Abimantrana, yang berarti 'Berkah' mengambil kepala ondel-ondel yang kemudian dimainkan dengan warna-warna dalam busananya. Dan yang terakhir adalah Kawung Rante yang berarti Kawung corak batik asal Jawa Timur dan 'Rante' yang berarti 'Rantai'. Makna ini kemudian ditorehkan dalam corak batik kawung yang bermain-main dengan ukurannya. 



    Mengusung kurang lebih 20 busana sekaligus, rangkaian koleksinya ini terbagi antara pakaian pria dan wanita. Masing-masing busananya mengambil palet warna netral dan cerah seperti, navy, off white, golden rod, dan exuberance orange.

    (Baca Juga: 7 Corak Batik khas Indonesia yang Mencuri Perhatian)


    Tak hanya jadi inspirasi busana batik tahun depan, Bateeq juga bereksplorasi dengan kain-kain yang ramah lingkungan dan tetap nyaman saat dipakai. Dengan memilih tenun sebagai kekuatannya, koleksinya kali ini memadukan dengan material lain seperti cotton twill, cotton polyester, chiffon dan lainnya. Dipilihnya kain-kain itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang ingin tampil elegan tapi juga santai, dari pagi hingga malam hari.