Rentique Tawarkan 'Sustainable Fashion' Dari 3 Desainer


  • Rentique Tawarkan 'Sustainable Fashion' Dari 3 Desainer
    Rentique merupakan digital platform untuk menyewakan busana dan aksesoris untuk wanita Indonesia yang berkolaborasi bersama 3 desainer muda. (Foto: Dok/JFW2020)


    Demi keberlangsungan lingkungan hidup yang lebih baik dan mengurangi jumlah mikrofiber ke alam, Rentique meluncurkan 'Lemari Tanpa Batas' sebuah aplikasi yang ditujukan untuk penyewaan busana dan aksesoris untuk wanita Indonesia. Hal ini pula sekaligus bentuk dukungannya pada 'sustainable fashion' sebagai gerakan baik yang kini digandrungi sejumlah desainer muda Indonesia.

    Menggaet tiga desainer muda untuk berkolaborasi di ajang Jakarta Fashion Week 2020 diantaranya adalah, JII By Gloria Agatha, Reves Studio dan Tertiaenda, yang lolos dalam uji 'Sustainable Practice'. Masing-masing desainer itu pula memiliki estetika desain dan karakteristik unik pada busananya yang disewakan.



    Seperti koleksi Jii Gloria yang mengusung tema 'Weekend Gateaway' yang terinspirasi dari alam laut dan warna-warna tropical. Ada pula rancangan busana 'Reves Studio' yang bermain dengan potongan-potongan berani untuk membuat wanita lebih percaya diri dan aman saat mengenakan koleksinya yang bertajuk 'L'ammour De Soi'. Yang terakhir adalah koleksi 'Harmony' dari 'Tertiaenda' yang cocok untuk pakaian formal atau hang out bersama keluarga dan teman.

    (Baca juga:  Panggung Unik Peragaan Busana Tangan di JFW 2020) 


    Reves Studio 


    (Koleksi Reves Studio. Foto: Dok/JFW2020)


    Koleksi busana yang ditawarkan oleh tiga desainer itu pula merupakan busana ready to wear yang terbagi dari one and two pieces yang bisa dikenakan untuk acara formal, keseharian maupun busana liburan yang menyenangkan. Koleksi yang ditawarkan pula tidak menggunakan material dari hewan untuk mewujudkan impian wanita Indonesia yang selalu ingin tampil stylish, tanpa harus memperkaya limbah tekstil.

    "Riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa lebih dari 80% penggemar fashion Indonesia lebih memilih belanja produk fast fashion karena harya yang lebih terjangkau dibandingkan koleksi desainer,' Jelas Dea Amira CEO Rentique.


    JII by Gloria


    (Koleksi Jii Gloria. Foto: Dok/JFW2020) 


    Tertiaenda


    (Koleksi Tertiaenda. Foto: Dok/JFW2020) 


    "Namun ternyata usia pemakaian hanya 2-3 kali setelah pembelian. Perilaku ini mendorong lebih banyak limbah tekstil yang terproduksi. Melalui Rentique, kami menawarkan nilai lebih, mereka bisa mendapatkan banyak pilihan untuk lebih fashionable, sekaligus meminimalisir limbah tekstil," tambahnya.

    Setiap wanita sekarang dapat lebih bebas mengekspresikan diri dengan pilihan busana untuk aktivitas sehari-hari. Dengan bergabung menjadi pengguna Rentique, konsumen dapat menyewa pakaian selama 4-8 hari hanya dengan membayar sekitar 5% dari harga eceran; atau jika berlangganan program DreamCloset, konsumen akan mendapatkan delapan buah produk fashion (Busana & aksesoris) rancangan desainer, dengan tarif mulai Rp290.000/ bulannya. Busana ini bisa sudah dapat disewa sejak 31 Oktober 2019.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below