JFW 2020: 'Eco Fashion' Ala Humbang Kriya


  • JFW 2020: 'Eco Fashion' Ala Humbang Kriya
    Bekerjasama dengan label Purana Indonesia dan desainer Windy Chandra, Humbang Kriya mengeluarkan koleksi Eco Fashion. (Foto: Dok/HumbangKriya)


    Eco-fashion menjadi salah satu perhatian yang cukup keras digaungkan dalam pekan mode Jakarta Fashion Week 2020 tahun ini. Diantara show yang turut mengusung pesan peduli lingkungan itu hadir dalam koleksi busana kolaborasi Humbang Kriya dengan menggandeng Purana Indonesia dan Windy Chandra. 

    Tampil di hari ketiga pekan mode, Kamis (24/10), dua peragaan busana ini mengangkat tema 'Laboring Love, Weaving Hope'. Sesuai temanya, koleksi yang dihadirkan memberi perhatian pada penggunaan kain Humbang Kriya yang diproduksi sesuai konsep eco fashion. Diantaranya yakni penggunaan pewarnaan natural dan bahan pakaian serat alami. 



    (Baca juga: JFW 2020: Gebrakan 4 Desainer LPTB Susan Budihardjo) 

    Humbang Kriya merupakan kelompok pegiat kain binaan Rumah Kreatif Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. Dalam koleksi yang ditampilkan di JFW kali ini, para desainer menggunakan beberapa jenis kain Humbang Kriya, yakni Humbang Shibori, Humbang Batiq, Tenun Songket Humbang dan Humbang EcoPrint.

    Humbang Kriya memakai kain berbahan dasar alami seperti katun, linen dan sutera, dan pewarna kain seperti kulit biji kopi, kulit jengkol, kayu meranti sisa pembuatan mebel, kulit kayu putih, daun jati, tanaman hisik-hisik dan sanduduk/gamak-gamak.


    Humbang Kriya X Purana Indonesia 


    (Humbang Kriya X Purana Indonesia. Foto: Dok/HumbangKriya) 


    Menampilkan 34 look/busana, Purana Indonesia lewat koleksi kolaborasi ini masih mengandalkan gaya busana resort yang santai dan enak dilihat. Sekilas koleksi ini akan mengingatkan pada JFW tahun lalu, ketika Purana menggunakan kain Humbang Shibori dengan 48 look. 

    Bedanya, kali ini koleksi yang dihadirkan beragam, dengan terdiri dari blazer, outerwear, dress, sarong pants, cigarette pants dan lainnya. Dengan lebih banyak memakai rona earth colors seperti cokelat, palm green, kuning mostar (mustard) dan sedikit merah dari biji buah-buahan.

    Pemilihan warna ini disebutkan konsisten dengan judul koleksi yang diangkat Purana yaitu “Roots” karena “semua kembali ke akar yaitu alam”. Pengerjaan yang rapih, dan potongan yang pas membuat koleksi Purana dengan Humbang Kriya kali ini patut diapresiasi. 


    Humbang Kriya X Windy Chandra 


    (Koleksi Humbang Kriya X Windy Chandra. Foto: Dok/HumbangKriya) 


    Mengangkat tema 'Midnight in Manhattan', Windy Chandra menampilkan 14 look/busana untuk kolaborasinya bersama Humbang Kriya. Menggunakan kain Humbang Shibori dan Humbang Ecoprint, ia menampilkan busana berupa gaun, atasan dan celana bergaya elegan yang bisa bisa dipakai untuk menghadiri pesta cocktail atau gala dinner.

    Lewat koleksi ini, ia seolah ingin menunjukkan menunjukkan bahwa kain tradisional pun dapat merangkum tema internasional. Untuk itu, Windy memilih warna-warna seperti abu-abu, dusty purple, dusty yellow, lalu ada pink tapi bukan yang terlalu cerah. Beberapa item busana dari koleksi ini cukup mencuri perhatian. 




 
Advertisement - Continue Reading Below