Women of the Year 2019: Tety Sianipar


  • Women of the Year 2019: Tety Sianipar
    Tety Sianipar mendirikan Kerjabilitas.com sebagai wadah bagi para pencari kerja disabilitas. (Foto: Dok/herworldIndonesia)


    Berdiri pada 2014, Kerjabilitas adalah wadah bagi pencari kerja disabilitas. Tety Sianipar mengaku ide ini justru datang dari Rubby Emir selaku CEO dan keduanya pun memutuskan untuk membangun Kerjabilitas.

    Ketertarikan Tety pada disabilitas berawal sejak dirinya terlibat dengan program pemberdayaan pada 2012. Kala itu ia bekerja untuk lembaga Amerika di Indonesia yang salah satu kegiatannya adalah bekerja dengan kelompok pemuda inklusif di mana beberapa di antaranya merupakan penyandang disabilitas.



    Meski memiliki sepupu dengan disabilitas, baginya ini bukan satu-satunya alasan tunggal ia mendirikan Kerjabilitas. Ia sadar bahwa disabilitas adalah isu bersama yang harus ditanggung bersama pula. Dalam mengembangkan usahanya, ada banyak tantangan yang dirasakan. Salah satunya datang dari penyedia kerja.

    (Baca juga: 10 Sosok Women of the Year 2019 Herworld Indonesia) 


    “Kebanyakan dari mereka menolak karena merasa tak tahu cara bekerja sama bahkan ada yang meragukan,” lanjut Tety. Ia pun berusaha mencari common ground.

    “Ada yang dengan pendekatan seperti equal employment act yang biasanya sudah diterapkan di negara maju hingga menceritakan kisah sukses dari para disabilitas yang sudah bekerja di sektor formal,” lanjutnya. Nyatanya, Tety sempat merasa ingin menyerah.

    “Bekerja setiap hari di sektor ini selama lima tahun seolah membuat isu yang ada jadi beban personal. Apalagi sebagai startup, Kerjabilitas sering tidak mengikuti jam kerja hingga banyak pekerjaan yang dibawa ke rumah,” ungkap Tety.

    Namun ia berhasil menyiasatinya dengan mencari kesibukan untuk diri sendiri, sesimpel berjalan kaki atau naik sepeda. Kini, perusahaan yang sempat mengikuti program Launchpad Accelerator di Silicon Valley pada 2016 ini tengah bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di bawah Kementerian Ketenagakerjaan. “Disabilitas adalah isu lintas sektor, semoga kami bisa bekerja sama dengan BLK atau kementerian lain,” tutup Tety.


    Awarding Night 'Women of the Year 2019' herworld Indonesia berlangsung Selasa, 22 Oktober 2019, pukul 18:30 WIB di Hotel Sultan Jakarta.

    (Teks Kiki Riama Priskila. Foto: Dok/Pribadi)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below