Women of the Year 2019: Wida Winarno


  • Women of the Year 2019: Wida Winarno
    Pendiri Indonesian Tempe Movement, Wida Winarno mengenalkan makanan khas Indonesia dan khasiatnya. (Foto: Dok/herworldIndonesia)


    Wida Winarno, 53, Founder Indonesian Tempe Movement

    Ingin mempromosikan Indonesia lewat makanan membuat Wida, ayahnya, dan anaknya mendirikan Indonesian Tempe Movement, sebuah gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan tempe dan khasiatnya.



    Punya latar belakang di bidang food and bio technology membuat Wida sangat tertarik dengan tempe karena makanan asli Indonesia ini adalah makanan non-daging satu-satunya yang mengandung vitamin B12. Ia pun memulai gerakannya melalui International Conference on Tempe yang diadakan pada 2015 dan dihadiri para scientist dunia.

    Sering membahas soal tempe, Wida pun tertarik mengajar membuat tempe karena proses ini cukup sulit dan umumnya hanya bisa dilakukan oleh para ibu-ibu di desa dengan keahlian khusus. Akhirnya, Wida membuat workshop perdananya di penjara Cipinang.

    (Baca juga: 10 Sosok Women of the Year 2019 Herworld Indonesia) 


    “Pertama kali mengajar di sana, saya melihat tidak ada ‘cahaya kehidupan’ di mata para napi. Namun seiring waktu, semua itu berubah. Di situ saya sadar, workshop ini bisa memberikan harapan. Setidaknya saat mereka keluar nanti, ada pride dan dignity yang bisa dibawa,” jelas Wida.

    Ia pun memantapkan hati bahwa movement ini tidak boleh berhenti karena punya power untuk memberikan harapan bagi sesama. Baru-baru ini Wida juga menemukan penelitian baru bahwa tempe memiliki manfaat untuk kecantikan sehingga bisa dijadikan body and facial scrub dan sudah bekerja sama dengan hotel ternama di Jakarta.

    Meski terlihat sukses, awalnya ia mengaku sempat dianggap sebelah mata.

    “Banyak yang bilang kenapa harus tempe? Memangnya tempe bisa dibawa ke mana lagi? Tapi saya percaya bahwa sesuatu yang awalnya diremehkan, lama-lama ia akan membesar dan semakin kuat,” balas Wida. Bicara soal rencana, ia berharap bisa segera membantu menghubungkan para petani kedelai dengan start up yang dibangunnya untuk membuat chips dari tempe untuk diekspor ke luar negeri.


    Awarding Night 'Women of the Year 2019' herworld Indonesia berlangsung Selasa, 22 Oktober 2019, pukul 18:30 WIB di Hotel Sultan Jakarta.

    (Teks Kiki Riama Priskila, Foto: Hadi Cahyono, Pengarah gaya Amalta R Dyandra, Tata rias wajah Ranggi Beauty Artisan, Tata rias rambut Hari by Rangga Yusuf, Busana Wilsen Willim)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below