Women of the Year 2019: Alti Firmansyah


  • Women of the Year 2019: Alti Firmansyah
    Komikus Alti Firmansyah menjadi line artist bagi Marvel Comics. (Foto: Dok/herworldIndoensia)


    Alti Firmanyah, 36, Komikus

    Punya hobi menggambar sejak kecil nyatanya berhasil mengantarkan perempuan lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB ini pada salah satu pencapaian terbesarnya yaitu menjadi Line Artist bagi Marvel Comics.



    Sejauh ini, sudah 18 nomor yang ia gambar. Mulai dari seri Star Lord and Kitty Pryde, X-Men ‘92, Gwenpool, Thor vs Hulk, hingga The Unstoppable Wasp, semua dikerjakannya sejak tahun 2015 sesaat setelah talentanya ditemukan oleh C.B. Cebulski yang pada saat itu masih bekerja sebagai Marvel Talent Scout di wilayah Asia Tenggara.

    Alti yang sedang tergabung dalam studio komik lokal bernama Glitch kebetulan memang sedang membuka booth di ajang Comic Con Jakarta. Di sanalah ia bertemu dengan Cebulski yang tengah mencari bakat baru. Ia pun segera di email, portofolionya dinyatakan diterima, dan langsung dipasangkan dengan Sam Humphries sebagai penulis cerita.

    (Baca juga: 10 Sosok Women of the Year 2019 Herworld Indonesia) 


    “Jadi prosesnya dimulai sejak skrip datang. Saya nervous luar biasa! Takut kalau gambar saya nantinya tak sebagus komik-komik sebelumnya. Tapi untunglah sang penulis dan editor sangat membantu. Mereka rajin menanyakan referensi yang saya butuhkan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, semua jadi terasa lebih mudah. Dari sejak tulisan masuk, mengimajinasi adegan, melukis tiap angle, membuat sketsa, menunggu approval, sampai pada tahap menintai (inking), saya dapat waktu sekitar lima minggu per 20 halaman. Benar-benar bikin deg-degan. Hahaha.”

    Namun kini, tak ada lagi rasa canggung yang menghantui. Sebab selain namanya dijadikan salah satu karakter dalam seri Future Foundation besutan Marvel Comics, ia pun dipercaya oleh perusahaan komik online milik Amazon bertajuk ComiXology untuk membuat seri Goliath Girls.

    “Dari yang dulunya saya blank sampai harus tanya-tanya teman tentang ribetnya Marvel Universe sampai bisa berkontribusi sejauh ini rasanya masih sulit dipercaya”, tutup salah satu perempuan kebanggan Indonesia yang mengawali kariernya sebagai visualizer di advertising agency berikut.


    Awarding Night 'Women of the Year 2019' herworld Indonesia berlangsung Selasa, 22 Oktober 2019, pukul 18:30 WIB di Hotel Sultan Jakarta.

    (Teks: Rengganis Parahita, Foto: Hadi Cahyono, Stylist Rahmi Davita, Makeup and Hairdo Pac by Martha Tilaar, Wardrobe Wilsen Willim)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below