5 Cara Buat Merayakan 'Hari Batik Nasional'


  • 5 Cara Buat Merayakan 'Hari Batik Nasional'
    Komunitas pelestari batik tulis. (Foto:Dok/Batik.or.id)


    Sejak ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan tak Benda pada 2 Oktober 2009, Indonesia meneruskannya dengan merayakan 'Hari Batik Nasional' setiap 2 Oktober. Di tahun ke-10 perayaannya, batik makin berkembang pesat dan populer.

    Di balik setiap perayaan itu, siapa sangka bahwa terdapat kisah menarik di baliknya. Batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an.



    Dengan banyaknya goresan sejarah dari munculnya Batik sebagai busana asal Indonesia, banyak cara untuk merayakan momen ini. Selain menggunakan busana serba batik, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk merayakan 'Hari Batik Nasional' setiap 2 Oktober. Apa saja? 

    (Baca Juga: 7 Label Batik Stylish untuk Hari Batik Nasional)


    1. Menggunakan Busana Bercorak Batik


    (Batik Jawa Hokokai.Foto:Dok/Batik.or.id)

    Untuk memeriahkan momen bersejarah ini, menggunakan busana serba Batik, bisa jadi cara sederhana untuk merayakan hari ini. Beragam corak dan warna bisa jadi pilihanmu untuk tampil menawan dengan menggunakannya ke tempat kerja, sekolah atau pun acara-acara menarik di hari ini.


    2. Posting di Media Sosial




    Lewat akun instagramnya, presiden Jokowi membagi ucapan selamat Hari Batik Nasional dengan postingan mengenakan busana batik. Ia juga mengakhiri caption postingannya dengan ajakan, sudahkah kenakan batik hari ini? Selain menambah keseruan, hal ini pula sekaligus bisa mengingatkan orang lain untuk ikut merayakannya. 


    3. Membatik Bersama

    Selain menggunakan busana batik, tak ada salahnya jika kamu belajar bagaimana cara membuat batik yang jadi favoritmu selama ini. Kamu bisa mengunjungi Kampung Batik Laweyan yang berada di Solo, untuk belajar membudidayakan Batik dari mulai batik tulis dan batik cap. Hal ini pula bisa menambah rasa cintamu pada budaya Indonesia yang satu ini.

    (Baca Juga: Menyambut Hari Batik dengan Batik Ramah Lingkungan)


    4. Meramaikan peringatan Hari Batik Nasional 

    Hari Batik Nasional tak lengkap jika tak ada acara spesial yang diselenggarakan pada hari itu. Seperti tahun ini, Yayasan Batik Indonesia, akan menyelenggarakan membatik bersama dengan 500 pengrajin Batik di kota Solo. Kegiatan ini pula jadi salah satu puncak acara untuk merayakan momen hari batik nasional. Namun, selain itu, banyak pihak, organisasi, dan juga pusat perbelanjaan yang juga merayakannya. Datang dan ramaikan! 


    5. Melihat Aneka Batik di Museum


    Untuk mengetahui secara dalam mengenai sejarah dan koleksi batik dari berabad-abad lalu, mengunjungi museum bisa jadi kegiatan seru untuk merayakan momen 'Hari Batik Nasional' pada 2 Oktober 2019. Beberapa di antaranya adalah Museum Tekstil Jakarta yang menampilkan beragam corak batik kuno dan tahun ke tahun. Selain itu pula, kamu juga bisa mengunjungi Museum Batik di Yogyakarta untuk melihat lebih banyak motif batik yang mengandung nilai budaya Indonesia.


    Lalu, cara manakah yang kamu pilih untuk merayakan Hari Batik Nasional, tahun ini?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below