Fashion

7 Label Batik Stylish untuk Hari Batik Nasional

By : Yolanda Deayu - 2019-09-30 20:32:00 7 Label Batik Stylish untuk Hari Batik Nasional

Keindahan batik yang telah diakui dunia patut kita banggakan. Hari Batik Nasional yang akan jatuh pada 2 Oktober menjadi waktu yang tepat untuk tampil istimewa mengenakan batik. Berikut adalah tujuh label batik yang menyediakan deretan busana batik modis dan modern.

(Baca juga artikel: Menyambut Hari Batik dengan Batik Ramah Lingkungan)

1. Iwan Tirta Private Collection



Nama Iwan Tirta sudah sangat melegenda di dunia batik Indonesia. Ia melestarikan batik melalui inovasi modern. Selama masa hidupnya, ia telah membuat lebih dari 10.000 desain batik orisinil. Karyanya memiliki ciri khas tersendiri, yaitu corak yang berani dan besar, sehingga cocok untuk kamu yang tak takut untuk menjadi pusat perhatian. Melanjutkan warisan sang desainer, label Iwan Tirta Private Collection terus menghadirkan beragam produk premium kontemporer. Mulai dari kemeja formal, gaun malam, syal, hingga aksesori rumah.

Lokasi: Plaza Senayan, Senayan City, Pondok Indah Mall 2.


2. Alleira Batik



Telah berdiri sejak 2005 silam, Alleira Batik kini telah memiliki sejumlah butik di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, hingga Medan. Desain batik yang cantik dihadirkan menjadi busana siap pakai modern, baik dalam bentuk blouse, kemeja, rok, celana, terusan, maupun syal. Brand batik premium ini juga seringkali berkolaborasi dengan desainer Indonesia. Salah satunya adalah bersama Rama Dauhan dengan koleksi bertajuk 'Purna' yang ditampilkan di Plaza Indonesia Men Fashion Week pada pekan lalu.

Alleira Batik pun telah memiliki situs belanja online bernama Alleira Plaza. Mereka tak hanya menjual produknya secara daring, tetapi juga menjadi wadah bagi para produsen produk asli Indonesia yang ingin memasarkan produknya hingga ke mancanegara.  

Lokasi: Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Central Park, Pondok Indah Mall 2, Pacific Place Mall, Tunjungan Plaza 4, Galaxy Mall, Seminyak Square.

Website: www.alleiraplaza.com


3. Balijava by Denny Wirawan



Selain mengolah kain tenun menjadi busana modis, perancang busana Denny Wirawan juga seringkali menyulap batik sehingga tak kalah trendi. Salah satu label miliknya, Balijava, terus menghadirkan koleksi premium ready to wear yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Contohnya adalah cheongsam blouse dengan motif batik Parang dengan detail sulaman Sawunggaling.

Lokasi: Alun Alun Indonesia - Grand Indonesia, Sogo - Plaza Senayan, Galeries Lafayette - Pacific Place.

(Baca juga artikel: Eksotika Batik Madura di Pesona Batik Wastra Nusantara)


4. Days by Danar Hadi



Ragam warna cerah dan cutting yang unik menjadi ciri khas batik Days by Danar Hadi. Koleksi yang dihadirkan merupakan perwujudan ekspresi dan eksperimen dengan media batik. Koleksi ini cocok untuk kamu yang berani tampil beda dan tetap ingin mempromosikan batik sebagai kekayaan nasional.

Lokasi: Rumah Batik Danar Hadi Melawai,

Website: www.danarhadistore.co.id/days


5. Batik Keris


View this post on Instagram

Sackdress midi motif Ron Kencana Kombinasi ini wajib banget untuk kamu koleksi lho, Batik Keris Lovers. Hayoooooo, die-hard-fans dress batik mana suaranyaaaaaa?!?. . Lengkapi dengan aksesoris etnik dan heels favorit, dress batik cap ini siap membuatmu cantik di segala acara. . Tersedia di gerai Batik Keris tertentu, sackdress midi motif Ron Kencana Kombinasi hadir dalam pilihan warna biru hitam (seperti pada gambar) dan biru merah. Untuk pengalaman belanja yang lebih lengkap dan mudah, langsung kunjungi Batik Keris Online, ya. . Informasi harga dan ketersediaan produk, silahkan kunjungi Batik Keris Online (www.batikkerisonline) atau customer service kami di nomer 08112647167 (WhatsApp text only). . #batikkeris #batikkerisonline #batikindonesia #batik #pusatkerajinannusantara #indonesiansouvenirs #batikkerislovers #dressbatik #sackdress

A post shared by Batik Keris (@batikkerisindo) on


Label lain yang juga sering ditemui di pusat perbelanjaan adalah Batik Keris. Walaupun sudah melalui perkembangan dari generasi ke generasi hingga lebih dari 90 tahun menjadikannya, mereka tetap berpegang pada filosofi untuk mempertahankan kualitas dan warisan budaya Indonesia. Berbagai jenis batik dalam bermacam-macam jenis produk bisa ditemukan di sini. Mulai dari terusan motif Gordha Satha hingga outer motif Gurdo Kamajaya kombinasi Truntum Sajiwo.

Lokasi: Plaza Indonesia, Central Park, Pacific Place, Puri Indah Mall, Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall 2, Kuningan City, Lippo Mall Puri, Lotte Shopping Avenue, Mall Kelapa Gading, Mall Taman Anggrek, Emporium Pluit Mall

Website: www.batikkerisonline.co.id


6. Anne Avantie


View this post on Instagram

The Heritage by Annne Avantie hadir dalam konsep ready to wear ????? . . dan Karya THE HERITAGE by ANNE AVANTIE bisa di miliki melalui pameran PASAR TIBAN • • >> PASAR TIBAN “DAMAI HATIKU, DAMAI NEGERIKU” 24 - 29 september 2019 di MALL TAMAN ANGGREK ..???? • >> PASAR TIBAN “INSPIRASI, KARYA & CINTA” 22 - 27 Oktober 2019 di SUN PLAZA, MEDAN ..???? • Atau bisa melalui online di website www.anneavantiemall.com @anneavantiemall Hotline ???? 0838-3826-2626 (WA only) • • • CP Event : komunitas/perorangan ???? Margaretha 0878-7877-5535 • • • Kebaya Private @officialanneavantie Grand Indonesia - west mall Lantai UG/07 ?? 021-23580252 ???? rietha 0813-9073-2101 #anneavantieheart #jalerbyanneavantie #batikenbyanneavantie #theheritagebyanneavantie #inavbyintanavantie #herballove #anneavantiemanagement #anneavantiemall #officialanneavantie #jakartainfo #malltamananggrek #mta #maltamananggrek #eventmedan #pasartiban #sunplaza #sunplazamedan #medandaily #medaninfo #event #medan #pasartibananneavantie #pasartibanmedan #theheritagebali #krisnaoleholehbali #theheritagebandung #rumahbatiktoeannjoja #inspirasianneavantie

A post shared by Anne Avantie Heart (@anneavantieheart) on


Anne Avantie memang identik dengan kebayanya. Tetapi ia juga seringkali menghadirkan beragam busana batik yang stylish dan kekinian. Kombinasi antara katun batik dengan brokat menjadi salah satu ciri khasnya. Koleksi rancangannya pun bisa didapatkan dengan mudah melalui situs miliknya Anne Avantie Mall.

Lokasi: Grand Indonesia

Website: www.anneavantiemall.com


7. Populo Batik



Memadukan antara batik tradisional Indonesia yang kuat dengan sentuhan corak, siluet, serta penggunaan warna internasional, Populo Batik selalu menghadirkan koleksi yang batik modis yang trendi. Busana lansiran label ini cocok untuk kamu yang ingin tampil stylish dengan mengenakan batik dalam potongan busana masa kini.

Lokasi: Jl. Terusan Hang Lekir 1 No.25 Jakarta Selatan

Website: populo-batik.myshopify.com

Fashion