Kala Meghan dan Kate Tak Lagi Boleh Memakai Wedges


  • Kala Meghan dan Kate Tak Lagi Boleh Memakai Wedges
    Menjadi anggota Kerajaan Inggris berarti harus siap mengikuti aturan kerajaan, begitu juga dengan Meghan Markle dan Kate Middleton. (Foto: People.com)


    Menjadi anggota Kerajaan Inggris berarti harus siap mengikuti protokoler dan aturan kerajaan lainnya. Jadi, orang yang baru menjadi anggota keluarga kerajaan tidak dapat mengubah peraturan tersebut. Bahkan, meskipun peraturan tersebut terkesan sepele.

    Dari penelusuran sejumlah sumber, salah satu aturan itu adalah kebijakan tidak memakai sepatu wedges. Hal ini bahkan disampaikan sendiri oleh Ratu. Meskipun peraturan kerumahtanggaan ini sifatnya tidak resmi, namun berbagai sumber mengatakan bahwa Meghan Markle maupun Kate Middleton memang tidak akan memakai wedges saat tampil di depan publik bersama pemimpin kerajaan Inggris berusia 92 tahun itu.



    “Ratu itu bukan penggemar sepatu wedges,” kata sebuah sumber, seperti dikutip Vanity Fair. “Ia benar-benar tidak menyukainya, dan hal itu sudah lama diketahui para perempuan di keluarga kerajaan.”

    (Baca juga: 16 Fakta Meghan Markle: Dari Jando sampai Jago Masak)

    Jadi, baik Duchess of Cambridge (Kate) maupun Duchess of Sussex (Meghan) tidak akan menemui Ratu secara resmi dengan mengenakan sepatu bersol tebal itu. Padahal, seperti Anda ketahui, Kate penggemar sepatu wedges. Koleksi wedges-nya antara lain dari Stuart Weitzman Corkswoon, Monsoon, juga Pied a Terre “Imperia”. Hanya saja, selama ini ia mengenakan sepatu tersebut saat tidak bersama Ratu.



    Sedangkan Meghan jarang sekali terlihat memakai wedges. Perempuan 36 tahun ini hanya pernah memakai wedges keluaran Aquazzura saat menonton Pangeran Harry bertanding polo musim semi lalu. Untuk penampilan kasual ia lebih suka memakai sepatu flat atau sepatu sandal dari Sarah Flint dan Madewell. Selain itu ia lebih sering terlihat memakai stiletto.

    Aturan no-wedges ini hanya salah satu dress code dari kerajaan yang perlu dipatuhi Kate dan Meghan ketika sedang bersama Ratu Elizabeth. Ada sejumlah aturan berbusana lain yang juga harus mereka ikuti,. Berikut beberapa di antaranya:

    (Baca juga: Duduk Silangkan Kaki, Meghan Markle Dinilai Tidak Sopan)

    Memakai stoking

    Meghan tidak pernah memakai stoking sebelumnya, tapi sejak menikah ia harus mengikuti aturan yang ditetapkan Ratu ini. Tak peduli apapun cuacanya, Meghan dan Kate harus selalu menyimpan stoking warna kulit dalam tas pakaian mereka.

    Tidak memakai perhiasan berlebihan

    Sejak dulu Meghan kerap terlihat memakai beberapa cincin emas pada jemarinya, dan ia pernah memakai mismatched earrings. Namun, sejak resmi menjadi anggota keluarga kerajaan semua koleksi perhiasannya terpaksa harus disimpan saja.

    Tidak memakai cat kuku warna terang

    Meghan hanya boleh memakai cat kuku warna nude, bening, atau tidak sama sekali.

    Tidak memakai gaya messy hair

    Perempuan kelahiran 4 Agustus 1981 ini terkenal dengan gaya messy bun-nya yang khas. Sayang, tatanan rambut tersebut harus digantikan dengan gaya sleek updo yang rapi.



    Selalu siap dengan little black dress

    Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip suatu kali terpaksa kembali ke Inggris dari Kenya hanya dengan busana normal begitu mendengar Raja George VI wafat. Sejak itu, anggota keluarga kerajaan harus selalu siap dengan busana hitam untuk berjaga-jaga jika ada peristiwa kematian.

    Tidak memakai rok mini

    Rok yang dimiliki anggota keluarga kerajaan harus sepanjang lutut atau di bawahnya.

    Harus memakai topi sebelum pukul 18.00

    Anggota keluarga kerajaan harus memakai topi atau headpiece untuk acara formal. Namun setelah pukul 18.00, yang harus mereka pakai adalah tiara.

    Tidak memakai busana berbulu

    Aturan ini sudah berlaku sejak abad ke-14, di mana Raja Edward III melarang anggota kerajaan memakai busana berbulu. Tetapi, Pangeran William dan Kate pernah melanggar aturan ini ketika memakai scarf bulu pada tur di Canada.

    Aturan berbusana bagi anggota keluarga kerajaan ini sifatnya mutlak. Jika Kate dan Meghan melanggarnya, hm… salahkan jiwa muda mereka.

    (Editor: Rahman Indra)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below