Hair & beauty

Tips Sukses Waxing di Rumah yang Patut Diketahui

By : Rahmi Davita - 2018-08-23 15:57:00 Tips Sukses Waxing di Rumah yang Patut Diketahui


Hingga kini, waxing masih menjadi teknik konvensional andalan untuk mendapatkan kulit mulus bebas bulu. Jika tak sempat ke salon, kamu juga bisa melakukannya di rumah.

Caranya? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, dengan tentunya tetap memberi perhatian lebih pada proses waxing berlangsung. Dari penelusuran sejumlah sumber, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar waxing di rumah berjalan lancar.


Tips mudah waxing di rumah yang bisa dilakukan


1. Memperhatikan kondisi bulu sebelum waxing

Pastikan bulu sudah tumbuh minimal sepanjang 0,5cm. Apabila kurang dari itu, bulu akan sulit tercabut. Namun jika panjang bulu kira-kira sudah melebihi 2cm, sebaiknya gunting ujungnya terlebih dahulu untuk menghindari kekusutan. 


2. Eksfoliasi

Proses eksfoliasi menggunakan scrub membantu melembutkan bulu, mengeliminasi komedo serta sisa bulu in grown, dan membuka pori-pori. Langkah ini akan memudahkan dan mengurangi rasa sakit saat proses waxing. Idealnya, scrubbing dilakukan 1 hari hingga 2 jam sebelum waxing.



Coba: L’Occitane Shea Butter Ultra Rich Body Scrub Rp530.000 (Foto: Dok. L'Occitane)


(Baca juga: 6 Scrub Wajah untuk Tampilan Lebih Segar)


3. Memastikan suhu wax sudah tepat

Panaskan wadah lilin di microwave selama 20 detik. Cek suhunya terlebih dahulu di pergelangan tangan, jika teksturnya masih terlalu padat, panaskan kembali selama lima sampai sepuluh detik. Namun jika terlalu panas, diamkan hingga suhunya turun dan terasa nyaman di kulit sebelum memulai waxing. Tahap ini sangat penting diperhatikan untuk mencegah kulit terbakar dan iritasi. 


Coba: Sugarpot Matcha Sugar Wax Kit Rp85.000 (Foto: Dok. Sugarpot Wax)


Di dalam paket ini terdapat lilin penghilang bulu alami dengan infusi teh hijau jepang, dua spatula kayu, serta 12 wax strips yang bisa dicuci dan digunakan kembali.

Note: Anda juga bisa merendam wadah lilin di dalam air panas hingga mendapatkan suhu dan tekstur yang ideal. 


4. Mengoleskan dan menarik ke arah yang benar

Menggunakan spatula kayu, oleskan lilin searah tumbuhnya bulu pada satu area. Tempelkan wax strip, gosok perlahan hingga melekat sempurna, kemudian tarik berlawanan dari arah tumbuhnya bulu dengan cepat. Tekan area yang baru di-wax dengan telapak tangan untuk meredakan rasa menyengat dan mencegah timbulnya memar ringan. Ulangi teknik serupa untuk tiap area.


5. Hindari waxing di area yang sama lebih dari dua kali

Mengingat proses pencabutan bulu merupakan hal yang menimbulkan trauma pada kulit, hindari mengaplikasikan wax lebih dari dua kali di area sama untuk mencegah ruam atau iritasi. Cabut sisa bulu menggunakan pinset setelah seluruh proses pencabutan dengan lilin selesai. 


(Baca juga: Jenis-jenis Waxing Yang Anda Perlu Ketahui)


6. Mengaplikasikan produk penenang kulit

Kini sudah banyak produk di pasaran untuk menenangkan dan memberi sensasi sejuk pada kulit setelah waxing. Aplikasikan secara merata ke seluruh area yang membutuhkan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan thermal atau natural water spray yang juga mampu meredam iritasi sekaligus menghidrasi kulit. 

Coba:


Gigi Skin Calming Lotion @Beauty Choice Rp220.000 (Foto: Dok. www.beautychoice.com)



Nelsons Arnicare Arnica Cooling Gel @Watsons Rp185.000 (Foto: Dok. www.watsons.co.id)



Avène Thermal Spring Water @Guardian Rp188.000 (Foto: Dok. Avene)


7. Menyediakan produk pencegah in-grown

Setelah produk skin calming terserap dan mengering, aplikasikan juga produk anti in-grown di area-area yang rentan seperti ketiak dan bikini. Jika sulit mendapatkannya, Anda juga bisa rutin melakukan eksfoliasi sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. Tunggu hingga tiga hari setelah waxing untuk melakukan eksfoliasi. 


Coba: Thalgo Biodépyl 3.1 Solution Targets Ingrown Hairs @Seibu Rp520.000 (Foto: Dok. Thalgo)


Beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah waxing:

  1. Hindari kontak dengan air panas selama 24 jam.
  2. Untuk area ketiak, hindari pemakaian deodoran atau antiperspirant selama 24 jam.
  3. Jaga kelembapan dan hidrasi kulit dengan pelembap bertekstur ringan.


Coba: Cetaphil Restoraderm Skin Restoring Body Moisturizer @Century Rp360.000 (Foto: Dok. Cetaphil

Hair & beauty