Mengenal Pemain Badminton Tampan, Jonatan Christie


  • Mengenal Pemain Badminton Tampan, Jonatan Christie
    Ini dia pebulutangkis rupawan asal Indonesia yang baru berusia 20 tahun. (Foto: Dok.bwfbadminton.com)


    Bagi pencinta olahraga, nama Jonatan Christie tentu tak asing lagi. Dikenal sebagai salah satu atlet bulutangkis nasional paling muda kelahiran 15 September 1997, ia berhasil menyuguhkan permainan seru nan apik pada final badminton tunggal putra Asian Games 2018 melawan pebulutangkis terbaik dunia asal China, Chen Long, Rabu (22/8).

    Meski pada akhirnya kalah dengan selisih nilai yang tak terlalu jauh yaitu 16-21 dan 18-21, Jonatan atau yang biasa dikenal dengan panggilan Jojo ini sangat sukses menampilkan kemampuan dan teknik bertanding yang luar biasa. Ia pun sempat menang di set pertama dengan perolehan skor 21-19.



    Jadi sebenarnya siapa sih sosok pencuri perhatian ini? Muda, ganteng, sekaligus bergelimang prestasi. Berikut serba-serbi Jonatan Christie untuk kamu yang sedang kepincut oleh aksinya malam tadi.

    (Baca juga: 37 Fakta Menarik Lindswell Kwok, 'Ratu Wushu Asia')


    Kiprah pertandingan

    Sebagai atlet asal PB. Tangkas Specs Jakarta, ia memiliki tinggi 179cm. Saat usianya belum genap 17 tahun, Jonatan bahkan telah memenangkan gelar Internasional Senior pertamanya di Indonesia International Challenge pada usia 15 tahun (2014).

    Sejak itu, ia mulai rajin ikut turnamen-turnamen senior yang levelnya lebih tinggi seperti Grand Prix, Grand Prix Gold, Super Series, dan Super Series Premiere.




    Mendapati skill-nya kian terasah, performanya makin baik, dan auranya semakin benderang di lapangan, ia pun mulai diandalkan pada kejuaraan-kejuaraan besar layaknya Sudirman Cup 2015, SEA Games 2015, Thomas Cup 2016,  Sudirman Cup 2017, SEA Games 2017, dan Asian Games 2018.

    Perolehan medali yang ia bawa pulang dari turnamen tingkat internasional juga tak bisa dikatakan sedikit, terlebih untuk atlet seusianya. Ada  7 buah medali emas, 9 medali perak, dan 2 medali perunggu. Pencapaiannya ini kemudian juga mengantarkannya pada pemberian Satya Lencana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan masuk dalam peringkat 21 dunia sebagai pebulutangkis terbaik tahun 2017. Kini, ia sudah berada di posisi ke-11. Hebat, kan!




    Jadi aktor

    Tak hanya piawai berolahraga, ia pun terbilang lihai dalam bermain peran. Pasalnya, Jonatan pernah ikut terlibat dalam produksi film 'King' (2009) garapan sutradara Ari Sihasale yang mengisahkan tentang atlet badminton legendaris nasional, Lim Swie King. 

    So, tak hanya tampan tapi Jojo juga mengantongi sejumlah pengalaman yang menjadikannya seperti sekarang.




    Rekam jejak

    Sedikit flashbcak ke masa lalu,  sang ayah lah yang mengenalkannya pada permainan bulutangkis ketika ia baru menginjak usia 6 tahun.  Sejak itu, bakatnya mulai terlihat dan dorongan dari keluarga juga kian besar dalam memupuk Jojo untuk menjadi yang terbaik. Lama kelamaan, fokusnya makin terarah pada cabang olahraga ini. Kian dewasa, Jojo pun kian profesional dan mulai menonjol di Tim Nasional. Ini lah yang membuat prestasinya tiba-tiba melesat dan sontak digandrungi banyak wanita saat sedang berlaga di lapangan tak terkecuali atlet badminton putri asal Tiongkok yang pernah amat tergila-gila padanya.




    Lalu, bicara soal olahraga, ternyata tak cuma kok dan raket saja yang mampu membuat Jonatan Christie jatuh hatitapi juga sepak bola, renang, dan surfing. Ssstt, klub sepak bola favoritnya Barca dan Liverpool, lho. Katanya, kalau dulu ia tak sukses jadi bagian dari timnas badminton, ia akan jadi pemain bola saja. Untunglah takdir berkata lain, karena ia malah jadi atlet bulutangkis yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa. Jadi nampaknya bukan sesuatu yang patut disesali, ya? Malahan kita semua bangga dibuatnya.




    Hobi

    Di samping semua kesibukan dan prestasi yang terus menanjak, siapa sangka kalau di waktu senggang Jojo juga suka bermain gitar, menyanyi, workout untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran, hingga membuat vlog tentang kegiatannya sehari-hari. Hmmmm.. Kalau sudah begini, siapa yang tak makin kesengsem? Nilai plus nya menggunung!


    Penasaran dengan vlog nya? Ini dia.

    Enjoy! *winks