8 Olahan Daging Sapi untuk Disajikan Saat Idul Adha


  • 8 Olahan Daging Sapi untuk Disajikan Saat Idul Adha
    Steak menjadi salah satu hidangan olahan daging sapi yang bisa disajikan saat Idul Adha (Foto: Adha Togi)


    Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga sebagai Lebaran Haji tahun ini kembali hadir pada Rabu (22/8). Momen ini menjadi kesempatan bagi umat muslim 'berkurban' baik kambing atau sapi, dan kemudian di saat yang sama mendapatkan daging kurban untuk dimasak dan disantap bersama keluarga.

    Jika beberapa orang lebih banyak memilih memasak rendang atau sate, daging kurban bisa saja dibuat masakan lain, misalkan dengan menjadikannya semur, brongkos, atau steak.



    Dari beberapa pilihan olahan daging itu, berikut adalah delapan di antaranya yang bisa jadi pertimbangan:

    (Baca juga: Resep Tagine Spesial Khas Maroko)

    1. Rendang

    Berasal dari Sumatra Barat, Rendang berhasil menjadi hidangan paling lezat di dunia versi CNN International dengan kategori World's 50 Most Delicious Foods (Readers' Pick). Tak heran jika rendang pun sangat disukai oleh warga Indonesia yang menyukai makanan pedas dan menjadi salah satu menu olahan daging yang sering ditemui saat Hari Idul Adha.



    2. Gulai

    Dengan bumbu rempah yang berlimpah, gulai memiliki rasa yang gurih dan lezat untuk disantap kapanpun, termasuk saat merayakan Hari Idul Adha. Gulai daging yang masih tersisa bisa disimpan di dalam freezer sehingga bisa disajikan lagi untuk keesokan harinya dan tetap terasa enak. 



    3. Sup Buntut

    Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya, namun sup buntut tetap menjadi salah satu masakan kegemaran warga Indonesia, termasuk pada Hari Idul Adha. Daging yang empuk dan kuah yang gurih cocok untuk disantap bersama nasi.



    4. Empal

    Untuk kamu yang ingin merasakan rasa gurih dengan sentuhan manis, maka empal adalah olahan daging sapi yang cocok untuk dinikmati. Sebaiknya santap makanan dari Jawa Barat ini ketika masih panas agar terasa lebih lezat. 



    5. Semur

    Olahan daging lainnya yang juga terasa manis adalah semur. Untuk penyuka pedas, kamu bisa menambahkan hidangan perpaduan daging dan kentang ini dengan cabai merah besar untuk memberikan rasa pedas.



    6. Brongkos

    Meskipun sekilas terlihat seperti semur, namun salah satu bahan utama hidangan brongkos adalah cabai, sehingga memiliki rasa yang berbeda dengan semur. Santap brongkos dengan kerupuk agar terasa lebih lezat.



    7. Sate

    Hidangan sate telah menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tidak hanya mudah dibuat, sate juga mudah disantap karena tidak membutuhkan garpu atau sendok untuk memakannya. Selain daging kambing, daging sapi pun juga bisa dijadikan sate. Apabila kamu ingin sedang tidak ingin menyantap hidangan bernuansa Indonesia, maka kamu dapat membuatnya menjadi sate untuk barbeque.




    8. Steak

    Jika masih ada daging lebih dan tidak ingin membuatnya sebagai makanan khas Indonesia, kamu bisa mengolahnya sebagai steak dengan cara dipanggang. Tambahkan bumbu lada hitam atau mentega dengan rempah agar terasa lebih lezat. 






 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below