17 Momen Berkesan di Upacara Pembukaan Asian Games 2018


  • 17 Momen Berkesan di Upacara Pembukaan Asian Games 2018
    Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung meriah dan spektakuler. (Foto: Dok/AsianGames.id)


    Berlangsung sekitar tiga jam, upacara pembukaan Asian Games 2018 di stadion utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (18/8) malam berlangsung meriah, spektakuler dan membuat merinding. 

    Hampir setiap momen dari acara pembukaan memberi kesan tersendiri. Termasuk set panggung raksasa yang menyerupai pegunungan, kawah, hutan hijau, hingga lautan mewakili Indonesia dengan kekayaan alamnya. 



    Wishnutama sebagai Creative Director juga membuat setiap momen memberi kesan lebih meriah, dan kolosal. Melibatkan ribuan penari dengan kostum beragam, serta formasi yang kompak, pertunjukan upacara pembukaan Asian Games 2018 bisa jadi salah satu pembukaan event olahraga terbaik di dunia. 

    Berikut 17 momen berkesa dari upacara pembukaan Asian Games 2018: 

    (Baca juga: 7 Fakta Menarik Seputar Pembukaan Asian Games 2018)

    1. Pembuka Tari Ratoh Jaroe

    Tari asal Aceh dengan 1500 penari ini memberi kejutan mengesankan sebagai pembuka. Dengan barisan rapat, ribuan penari membentuk formasi dan gerakan yang kompak. Aneka warna baju dari kuning, ungu, merah memberi tampilan yang membuat merinding saat diabadikan dari atas. Kombinasi gerakan tarian dan formasi warna memberi kesan tersendiri yang membuat takjub. 



    2. Parade atlet 

    Parade atlet dari 45 negara asia peserta Asian Games muncul berurutan, dimulai dari Afghanistan hingga kemudian ditutup Uzbekistan, dan kemudian Indnonesia. Ada beberapa kejutan seperti kemunculan delegasi dengan kostum nasional masing-masing, atau pembawa bendera Mongolia yang bertelanjang dada. 


    (Delegasi Filipina dalam parade atlet di upacara pembukaan Asian Games 2018. Foto: Dok/AsianGames.id)

    3. Bersatunya Korea 

    Untuk kali pertama atlet Korea Utara dan Korea Selatan bersatu saat berjalan berarak dalam parade atlet. Bahkan perwakilan negara masing-masing bergandengan tangan sebagai tanda kesatuan. 

    4. Riuh delegasi Indonesia 

    Sebagai tuan rumah, delegasi atlet Indonesia muncul di urutan terakhir dari rangkaian parade atlet. Dan siapa mengira, menjadi delegasi terbanyak yang membuat riuh dan gaduh panggung stadion Gelora Bung Karno. Dengan pakaian merah-putih, delegasi Indonesia tampak mendominasi lapangan sebelum kemudian duduk di tempat yang sudah disediakan. 



    5. Aksi Via Vallen 

    Kemunculan Via Valen dengan lagu tema Asian Games 'Meraih Bintang' memberi keriaan tersendiri. Riuh fans dan delegasi Indonesia, membuat panggung berasa milik sendiri. 

    6. Jokowi bergoyang

    Mengikuti irama dan lantunan lagu yang dibawakan Via Vallen, presiden Jokowi dari stadium tempat duduknya turut bergoyang. Ia menggerakkan tangan seolah mendayung. Ia terus mengikuti irama beberapa kali dan disorot kamera. 

    7. Lantunan syahdu Indonesia Raya 

    Tulus dan didampingi paduan suara Purwacaraka Studio Children Choir membuat lagu kebangsaan terasa berbeda. Khidmat dan membuat merinding. 



    8. Atlet legendaris 

    Delapan atlet legendaris Indonesia, yang pernah meraih medali emas di tingkat Olimpiade dan Asian Games tampil membawakan bendera Olympic Counsil of Asia, sebelum kemudian dikibarkan. Penampilan atlet legendaris ini memberi kebanggaan tersendiri, karena ada di antaranya yang pernah meraih medali di gelaran Asian Games 1962 atau 56 tahun lalu. 

    9. Segmen pembuka kolosal, set kapal 

    Segmen pertunjukan pembuka dengan dua kubu, merah lawan biru ditengahi dengan kemunculan warrior dengan set kapal besar. Kapal ini muncul di tengah panggung lengkap dengan set lautan biru di depannya. Pengenalan set panggung yang megah kini beralasan, karena ada cerita di baliknya. 

    10 Baju adat, tari dan lagu daerah 

    Kemunculan para penari dengan pakaian adat, tarian daerah, serta lagu-lagu daerah dari Sabang-Merauke memberi kebanggan tersendiri, di luar rasa takjub.

    Koreografi yang dibuat Eko Supriyanto dan Denny Malik menguasai ruang panggung yang luas. Ditambah lagi dengan hadirnya para penyanyi ternama sebagai pengiring lagu daerah, dimulai dari Raisa, Fatin, Rossa, Wizzy, Kamasean, Rinni Wulandari hingga Edo Kondologit. 



    11. Pianis Joey Alexander

    Pianis muda berbakat Indonesia yang juga pernah masuk nominasi Grammy Awards, Joey Alexander unjuk kebolehan memainkan piano dengan syahdu. Kemunculannya, memberi kesan tersendiri di antara megah panggung. 

    12. Merdunya Putri Ayu 

    Seiring dengan kemunculan Joey, ada suara merdu Putri Ayu yang menghipnotis kala menyanyikan 'Melati Suci'. Penampilannya ini diikuti koreografi yang apik dari 10 penari berkostum serba putih.

    13. Segmen api dan kirab api Asian Games

    Ketika pertunjukan tentang 'Indonesia' usai berganti dengan cepat ke segmen 'Api' yang didominasi merah. Ratusan penari, lagi-lagi dengan formasi tertentu memberi riuh dan membuat merah panggung. Beberapa penari membawa api dalam wujud sebenarnya, memainkannya sebagai sebuah atraksi.

    Aksi para penari kemudian berlanjut pada kirab obor (torch relay), di mana dibawa oleh atlet legandaris dan ditutup oleh Susi Susanti yang melangkah ke atas puncak kawah dan menghidupkan api, tanda dimulainya Asian Games. Kobaran api ini diikuti kembang api yang riuh, di gedung GBK dan juga jalanan di luarnya. 



    14. Gema suara Anggun

    Membawakan lagu 'Pemuda', Anggun muncul dengan latar panggung air terjun yang membuat takjub. Mengenakan busana dari Maison Met dan aksesori headpiece Rinaldy Yunardi, Anggun menunjukkan kebolehannya yang membuat merinding. 

    15. Segmen Energy of Asia 

    Sebagai segmen penutup, Energi memberi pesan kental masa depan yang futuristik dan era digital. Gerak cepat, busana dengan cahaya LED, serta instalasi pelengkapnya menunjukkan kekompakan. Segmen ini penuh bermandikan cahaya dan optimistis yang asik. 



    16. Pesona Ariel Noah dkk

    Di tengah panggung dan lagu penutup, Ariel Noah muncul ditemani Sheryl Sheinafia, Rian D'Masiv dan Cakra Khan. Berempat mereka menambah riuh suasana. sebelum kemudian diikuti pesta kembang api. 

    17. Pesta Kembang Api 

    Pesta kembang api mencapai puncaknya di akhir acara. Berlangsung beberapa menit, kembang api hadir dalam berbagai bentuk, dan warna, serta pecah menggema memenuhi ruang GBK. Dilihat dari udara, pesta kembang api ini pun kemudian membentuk formasi tersendiri yang membuat takjub. Tak heran kemudan komentator dari gelaran pembukaan Asian Games kerap menyebutkan kata 'Spectacular', tanpa henti. 



    Upacara pembukaan Asian Games 2018 tampil sempurna dengan urutan acara yang pas. Hampir setiap detailnya bermakna, di luar riuh selebrasi yang mengesankan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below