7 Fakta Menarik Seputar Pembukaan Asian Games 2018


  • 7 Fakta Menarik Seputar Pembukaan Asian Games 2018
    Upacara Pembukaan Asian Games 2018 berlangsung Sabtu, (18/8), di Stadion Gelora Bunga Karno, Jakarta. (Foto: pixabay by Pexels.com)


    Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung Sabtu (18/8), di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Riuh upacara ini sudah bergema dengan tiket pembukaan yang disebut habis terjual. 

    Gaungnya juga makin besar ketika beberapa cuplikan video pertunjukan yang membuat penasaran publik tersiar, dengan melibatkan ribuan penari, koreografer handal, desainer serta sejumlah artis ternama yang bakal mengisi acara. 



    Siapa saja dan bagaimana upacara pembukaan Asian Games 2018 ini berlangsung, berikut beberapa fakta menarik yang patut diketahui: 

    (Baca juga: Panduan Nonton dan Beli Tiket Asian Games 2018)

    1. Susunan Acara

    Acara pembukaan dikabarkan akan diawali pre-show pukul 17:00 WIB, dan kemudian upacara pembukaan sendiri dimulai pukul 19:00 hingga 22:00 WIB. Adapun susunan acaranya diawali dengan urutan parade para atlet, pembukaan protokol, pertunjukan selama 75 menit dan penutupan. Publik diharapkan datang lebih awal agar tidak berdesakan dan menonton dari pre-show hingga akhir. Pre-Show sendiri akan diisi oleh sejumlah artis, di antaranya Citra Scholastika, Tike, Ronal, Evi Masamba dan Yura Yunita. 



    2. Tiket habis terjual 

    Tiket upacara pembukaan yang dibuka buat publik disebut panitia sudah habis terjual. Tiket ini dijual bervariasi sesuai kategori dari mulai Rp750.000 hingga Rp5 juta. Bagi yang sudah membeli tiket dapat melakukan penukaran e-vouchernya di loket 2,3,4, dan 7 di Gelora Bung Karno. 



    3. Segmen pertunjukan 

    Desainer aksesori Rinaldy Yunardi menuturkan akan ada tiga segmen dalam pertunjukan pembuka Asian Games 2018. "Saya diberi kepercayaan untuk mendesain kostum dan aksesori di tiga segmen, dan juga untuk artis. Tiga segmen ini ada sekitar 1500 penari, dan saya bikin 55 kostum, termasuk aksesori," ujarnya saat dihubungi her world Indonesia, pada Sabtu (18/8).  

    Lebih jauh ia mengungkapkan, tiga segmen tersebut dibagi atas Earth, Fire, dan Energy. Segmen pertama, kata dia, adalah Earth, atau bumi nusantara, di mana para penari mengenakan baju adat daerah dari seluruh Indonesia. Kain tersebut asli dengan sentuhan sesuai kebutuhan dengan tujuan lebih menunjukkan keberanekaragaman budaya Indonesia.



    Di segmen dua, yakni fire atau api, para penari mengenakan baju dan celana yang didominasi warna merah dengan desain sedikit lebih kontemporer, dan sentuhan warna emas dan budaya kecak Bali. Segmen ini, kata Rinaldy, menggambarkan kobaran semangat persatuan bangsa.  



    Lalu, di segmen tiga, yakni energi positif dengan busana sporty atau olahraga, dengan detail garis-garis dan dominasi warna putih. Menurut Rinaldy, segmen ini menunjukkan energi positif Indonesia untuk dunia. Jika tiga segmen digabung maka akan menjadi simbol kebersamaan, keanekaragaman budaya, menjadi kobaran api perjuangan untuk energi positif menuju masa depan lebih baik.



    4. Panggung artis

    Sejumlah artis yang turut beraksi di panggung utama, di antaranya ada Anggun, Raisa, Tulus, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D'Masiv, dan Cakra khan. Rinaldy mengatakan dirinya bekerjasama dengan desainer Didi Budiarjo untuk tampilan Rossa, Fatin dan GAC. Ia juga menyediakan aksesori untuk Anggun.

    Dikabarkan untuk upacara pembukaan terdapat panggung raksasa berukuran panjang hingga 135 meter, lebar 30 meter dan tinggi 26 meter. Ini merupakan salah satu panggung terbesar untuk upacara pembukaan acara sejenisnya. 



    5. Di balik layar 

    Dalam salah satu postingan di akun instagramnya, Wishnutama selaku creative director upacara pembukaan Asian Games 2018 membagi cuplikan siapa saja yang berada di balik layar gelaran tersebut. Di antaranya, ada nama sejumlah artis, ribuan penari, musisi Ronald Steven dan Addie MS, koreografer Eko Supryanto dan Denny Malik, serta desainer Rinaldy Yunardi, Dynand Fariz, dan Jember Fashion Carnaval.



    6. Yang patut diketahui publik

    - Rekayasa lalu lintas 

    Pantia memberlakukan rekayasa lalu lintas dan jalur pintu masuk di pembukaan Asian Games 2018. Ada empat kategori jalur, yakni VIP (di pintu masuk dekat hotel Mulia), pengalihan arus lalu lintas di jalan Sudirman, area bebas kendaran pribadi di dalam area GBK, serta area pintu masuk penonton. Tiga area masuk tersebut berada di samping fX. 



    - Yang tak boleh dibawa 

    Penonton upacara pembukaan Asian Games 2018 dilarang membawa makanan dan minuman, rokok dan rokok elektrik, kamera dan alat rekam, senjata api, penembak laser dan alkohol. Selain itu, juga tak boleh membawa pembuat suara gaduh, kembang api dan bahan peledak, hewan peliharaan, botol kaca. benda beracun berbahaya dan pisau atau senjata tajam.



    7. Siaran langsung

    Bagi yang tak kebagian tiket, dapat menyaksikan upacara pembukaan Asian Games 2018 di TVRI, SCTV, Indosiar, atau bisa juga live streaming di vidio.com.