Kisah Sukses Kylie Jenner dan Lini Kosmetiknya


  • Kisah Sukses Kylie Jenner dan Lini Kosmetiknya
    Kylie Jenner tergolong sukses dengan lini kosmetiknya 'Kylie Cosmetics'. Apa triknya? (Foto: Dok/FacebookKylie Jenner)


    Kylie Jenner dinobatkan jadi jutawan termuda versi Forbes di usia 21 tahun. Apa yang membuat lini kosmetiknya sukses? 

    Meski pada awalnya, Kylie Jenner berada di bawah bayang-bayang Kim Kardashian ketika sukses Keeping Up with the Kardashians, kini ia justru berada di urutan teratas melampaui Kim di urutan jutawan termuda berkat usahanya sendiri versi majalah Forbes.



    Suksesnya itu tak lain berkat lini kosmetiknya 'Kylie Cosmetics' yang sejauh ini laris di pasaran. Bahkan salah satu produknya sempat habis terjual bahkan sebelum dirilis.  

    (Baca juga: Kylie Jenner Jadi Jutawan Termuda versi Forbes)

    Kylie punya 110 juta pengikut di Instagram dan dianggap ampuh dalam pemasaran online.  

    Kesuksesan Kylie dapat dilihat dari tren industri kecantikan secara global, di mana kini sangat dipengaruhi oleh marketing media sosial, influencer dan vloggers.  

    Kylie meluncurkan lini kosmetiknya pada November 2015 dengan satu lip kit. Pilihan produk tersebut bukan insidental, tapi diambil dari bagaimana internet dalam dua tahun terakhir memberi perhatian khusus pada bibir tebal dan seksi ala Kylie.  


    Pengikut Kylie di Instagram didominasi perempuan usia 18 hingga 24 tahun. Ini memberi peluang produknya untuk sukses. Apalagi ketika ia secara khusus meluncurkan produk lip liner dan maatte lip cream yang disebutkan terjaual dalam hitungan menit.  

    Setelah meluncurkan debut produknya itu, penjualan Kylie Cosmetics terus meningkat hingga dilaporkan dalam satu hari mampu mendapatkan penghasilan sekitar US$19 juta per harinya di 2016.  

    Dalam beberapa tahun, penjualannya mencapai angka fantastis hingga US$630juta, dengan produk beragam tak hanya lipstik, tapi juga lip glos, highlighters, dan eye-shadow.  

    Salah satu trik ampuh Kylie dalam penjualan adalah koleksi terbatas yang membuat para fans takut kehabisan.  

    Mengutip BBC, Stephanie Saltzman, beauty editor Fashionista mengungkapkan betapa besarnya pengaruh online marketing dan influencer saat ini.  

    Jika sebelumnya remaja perempuan mengikuti ibunya dan atau pergi ke setiap counter di department store, kini semudah membalik telapak tangan dari media sosial.  

    Itupun jadi kesuksesan bagi lini kosmetik Kylie Jenner. Mengingat, perusahaan kosmetiknya seperti disebut Forbes tidaklah besar. Hanya ada 12 pekerja dan tujuh orang diantaranya yang pekerja tetap. Kesuksesan Kylie bisa jadi inspirasi jika ingin terjun ke dunia bisnis, terutama industri kecantikan saat ini.