Sandra Oh, Wanita Asia Nomine Aktris Terbaik Emmy 2018


  • Sandra Oh, Wanita Asia Nomine Aktris Terbaik Emmy 2018
    Sandra Oh, wanita Asia pertama yang masuk daftar nominasi aktris utama terbaik di Emmy Awards 2018, (Foto: Cosmopolitan.com)

    Aktris Sandra Oh masuk nominasi aktris utama dalam ketegori serial drama di Emmy Awards 2018. Ia menjadi wanita berdarah Asia pertama yang masuk nominasi bergengsi itu bersaing dengan nama-nama populer lainnya. Masuknya nama Oh sekaligus menandakan keberagaman calon yang diunggulkan (nomine).

    Oh masuk dalam daftar nominasi berkat aktingnya dalam memerankan karakter Eve dalam serial drama, 'Killing Eve'.

    Aktris Asia-Amerika yang lahir dan besar di Kanada ini tak menyangka bahwa ia bisa masuk nominasi aktris utama dalam industri Hollywood. Sebab, dulu, ia merasa 'menembus' industri Hollywood sudah sulit. Oleh karenanya, orang Asia yang bermain di film Hollywood sangat sedikit.



    Pada The Hollywood Reporter ia mengatakan perjuangan dirinya bisa menembus film Hollywood – katakanlah serial drama Grey’s Anatomy – itu sudah sulit. Apalagi bisa sampai menjadi pemeran utama dan masuk menjadi nominasi aktris utama di industri Hollywood.

    (Baca juga: Kenal Lebih Dekat dengan Laura Basuki, Yuk)

    Akan tetapi, sulit rupanya bukan berarti tidak bisa. Oh berharap pencapaiannya ini bisa menghapus stigma bahwa orang Asia tidak bisa unjuk gigi di industri Hollywood.  

    "Ini tidak bisa berhenti disini. Saya tidak mau berhenti dari fakta bahwa beberapa orang Asia sudah bisa mendapatkan peluang (di film Hollywood), dan berhenti di sana," kata Oh. "Saya mau terus berjalan. Saya mau riak ini berubah menjadi gelombang," tambahnya, seperti dilansir laman Huffington Post, Jumat (13/7).



    Saat ini, ia mensyukuri pencapaian yang sudah di luar ekspektasi selama ini. Sebab, kata Oh, kalau dia ingat-ingat tawaran awal di film Killing Eve, tak pernah terbersit sama sekali di pikirannya bahwa ia bakal menjadi pemeran utama. 

    Ia sangat kaget begitu diberitahu harus memainkan peran sebagai Eve Polastri. Karena sejarah film Hollywood, jarang orang Asia dipercaya memainkan peran utama. Saat itu, Oh berpikir bahwa tawaran film tersebut untuk menjadi pemeran pembantu -- seperti perannya di Grey's Anatomy.

    "Saat saya mendapat bermain di Killing Eve, saya tidak berpikir bahwa penawaran itu untuk Eve. Saya hanya berpikir bahwa banyaknya pengalaman yang saya dapatkan lagi," pungkasnya.



    Oh akan bersaing dengan aktris lain untuk merebutkan aktris utama terbaik dalam serial drama di Emmy Awards 2018, antara lain Tatiana Maslany dari film Orphan Black, Elisabeth Moss dari film The Handmaid’s Tale, Keri Russell dari film The Americans dan Evan Rachel Wood dari film Westworld.

    Oh sebelumnya pernah jadi nomine sebanyak lima kali untuk kategori aktris pendukung terbaik berkat aktingnya sebagai Cristina Yang di serial 'Grey's Anatomy', tapi tak pernah memenangkannya. Pencapaiannya kali ini bisa jadi mencetak sejarah baru jika ia keluar sebagai pemenang yang diumumkan September mendatang.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below