Mengintip Peragaan Koleksi Couture Chanel Terbaru


  • Mengintip Peragaan Koleksi Couture Chanel Terbaru
    Koleksi Haute Couture Fall Winter 18/19 Chanel (Foto: Dok. Time International)

    Rancangan busana karya Karl Lagerfeld untuk Chanel menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu setiap musim. Baik koleksi busana siap pakai, cruise, maupun haute couture.

    Pada Paris Haute Couture Fashion Week (PHCFW) yang berlangsung pekan ini, Chanel kembali menyulap museum Grand Palais dengan luar biasa.

    Jika sebelumnya rumah mode tersebut mendekorasi Grand Palais bak sebuah hutan di musim dingin untuk peragaan busana koleksi busana siap pakai fall winter 18/19 pada bulan Maret lalu, kini museum itu dihias menyerupai jalan yang ada di samping sungai Seine di Paris, lengkap dengan kios buku populer "Boxes".



    (Baca juga artikel: Penelope Cruz Jadi 'Brand Ambassador' Chanel)


    Gaun hitam Chanel menjadi salah satu busananya yang paling ikonis. Untuk koleksi ini, salah satu gaun hitam yang dihadirkan oleh Karl adalah yang terbuat dari gabungan bustier bahan tweed dengan rok mini.

    Ada juga little black dress yang dilengkap dengan kimono hitam panjang yang dihiasi dengan sulaman bunga penuh warna.

    Berbagai bahan khas Chanel digunakan untuk membuat koleksi haute couture fall winter 18/19, seperti tweed, renda, velvet, crepe, flanel, plumetis, sifon, taffeta, dan radzimir

    Warna musim gugur di Paris menjadi inspirasi untuk palet warna koleksi ini, mulai dari emas dan perak yang menyerupai bayangan bulan di air sungai Seine, merah muda dan mauve untuk menggambarkan matahari terbit, hingga hijau yang merupakan warna atap bangunan bersejarah di kota cahaya tersebut.

    Hiasan yang digunakan pun merupakan bentuk simbol dari unsur kota Paris, seperti sulaman batu kristal sebagai batu bulat (cobblestone) dan tulle dengan sulaman emas sebagai gembok cinta di jembatan Pont des Arts.


    Jika musim lalu acara ditutup dengan gaun pengantin merah muda dengan ruffle yang dikenakan oleh Lily-Rose Depp, tahun ini Karl menciptakan gaun pengantin yang dilengkapi jaket dengan redingote-effect bahan tweed dalam warna hijau pucat.


    Peragaan busana koleksi haute couture fall winter 18/19 Chanel ini pun dihadiri oleh para brand ambassador-nya yang berasal dari berbagai negara, seperti Lily-Rose Depp, Vanessa Paradis, Pharrell Williams, Marine Vacth, Caroline de Maigret, Soo Joo Park, Ellie Bamber, Ayami Nakajo, Liu Wen, Zhou Xun, serta yang terbaru, yaitu Penélope Cruz. 

    Lewat koleksinya kali ini, Karl seolah mengingatkan pencinta mode bahwa Paris adalah pusat kota mode yang unik, dengan seni dan budayanya, termasuk dengan keberadaan Chanel.