Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Saat Libur Panjang


  • Cara Mendapat Penghasilan Tambahan Saat Libur Panjang
    (Foto: Negative Space/Pexels)

    Musim liburan untuk para pekerja memang sudah usai. Namun, jika kamu masih menempuh jenjang pendidikan, baik kuliah S1 maupun S2, maka liburan pun masih panjang.

    Libur yang panjang bisa membuat pengeluaran jadi membengkak karena terlalu banyak waktu luang untuk bepergian. Hal ini bisa diakali dengan melakukan pekerjaan sambilan sembari menunggu liburan berakhir.

    (Baca juga artikel: 6 Ide Motivasi Untuk Menabung)



    Berikut adalah 5 pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat libur panjang.

    Cara mendapat penghasilan tambahan saat liburan.

    1. Pemandu wisata

    Waktunya untuk membagikan pengetahuan tentang sejarah dan trivia mengenai kota tempat kamu tinggal dengan menjadi pemandu wisata bagi para turis yang datang.

    Ajak mereka ke lokasi wisata serta hidden gems yang hanya diketahui oleh warga lokal. Mengetahui bahasa asing akan menjadi nilai tambah bagi kamu.

    2. Personal shopper

    Pergi berlibur ke luar negeri memberikan akses untuk membeli barang-barang yang tidak dijual di Indonesia seperti kosmetik atau pakaian dari label tertentu.

    Manfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka jasa titip belanja atau pre-order kepada kerabat atau bahkan orang yang tak dikenal dengan menggunakan media sosial seperti Instagram.

    3. Penulis

    Waktu luang yang ada saat liburan merupakan waktu yang tepat untuk mencurahkan hati dan pikiran dalam bentuk tulisan. Menjadi penulis kontributor di majalah atau suatu situs bisa memberikan penghasilan tambahan.

    Pengalaman pribadi dalam percintaan atau kegiatan saat berlibur seperti mengunjungi situs budaya yang melegenda atau mencicipi makanan lokal yang aneh dapat menjadi inspirasi untuk menulis.

    4. Fotografer

    Gemar memotret segala hal yang ditemukan di lokasi wisata bahkan burung-burung yang hinggap di dekat air mancur? Jadikan hobi kamu sebagai sumber uang jajan selama liburan dengan mengunggahnya ke situs penjualan foto atau menjualnya secara langsung ke perusahaan atau orang yang membutuhkan.

    Jika tidak sedang berlibur, bisa juga membuka jasa fotografi amatir untuk pernikahan teman atau pesta ulang tahun saudara.

    5. Pedagang

    Tetap produktif selama libur panjang dengan mencoba hal-hal baru seperti membuat kerajinan tangan, melukis, atau memasak kue.

    Jual hasil karya atau masakan secara online atau membuka stan di sebuah bazar supaya tetap mendapatkan pemasukan meskipun sedang liburan.

    Apabila tidak ingin memproduksi dan menyimpan barang dagangan sendiri, cobalah teknik penjualan dropship, dimana kamu hanya perlu memberikan data pesanan kepada distributor dan mereka yang akan mengurus pengiriman kepada pelanggan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below