5 Manfaat Terbaik Jahe untuk Kecantikan Kulit


  • 5 Manfaat Terbaik Jahe untuk Kecantikan Kulit
    Selain untuk kesehatan, jahe juga sangat bermanfaat untuk kulit (Foto: fanjianhua/Freepik)


    Tak hanya menjadi pelengkap bumbu masakan, jahe pun sebenarnya bisa jadi pilihan dalam merawat kesehatan. Mulai dari mengurangi inflamasi, memerangi kanker, membakar lemak, mengurangi rasa sakit yang disebabkan keram perut saat menstruasi, mengatasi maag, hingga menghilangkan sakit kepala sebelah. 

    Tak hanya itu, jahe juga dapat diandalkan dalam merawat kesehatan kulit. Kandungan yang ada di dalamnya, dapat turut mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat dan membuat kulit terlihat bercahaya.



    Dirangkum dari penelusuran sejumlah sumber, berikut lima manfaat jahe yang baik untuk kulit:  

    (Baca juga: Perawatan Kulit dengan Harmoni Rempah-rempah)

    1. Menghilangkan jerawat

    Apabila kamu memiliki kulit berjerawat atau rentan mendapatkannya, jadikan jahe sebagai salah satu makananmu sehari-hari. Jahe dapat membuat kulit lebih bersih, bebas jerawat, dan mulus karena ia mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat secara alami.

    2. Mengurangi selulit

    Selulit menjadi salah satu kondisi kulit yang paling dihindari wanita karena sulit dihilangkan. Namun, masalah ini pun susah dihindari terutama jika sedang hamil atau mengalami perubahan bentuk tubuh yang drastis. Untuk mengatasinya, oleskan essential oil dengan kandungan jahe untuk di area yang terdapat selulit. 

    3. Mencegah penuaan dini

    Banyaknya antioksidan yang terkandung di dalam jahe menjadikannya sebagai sayuran yang ampuh untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Jahe dapat membuat kulit lebih elastis serta menghilangkan racun dan merangsang sirkulasi, sehingga distribusi nutrisi ke kulit dapat berjalan dengan lancar dan kulit terlihat lebih awet muda.

    (Baca juga: Manfaat Bambu untuk Cerahkan Kulit Wajah)

    4. Menghilangkan bekas luka hipopigmentasi

    Bekas luka yang memutih akibat hipopigmentasi dapat disamarkan dengan menggunakan jahe. Potong jahe yang masih segar dan tepuk ke bekas luka. Perawatan ini harus dilakukan secara rutin selama dua minggu atau lebih untuk mendapatkan hasilnya. 

    5. Membuat kulit terlihat bercahaya

    Menggunakan masker yang terbuat dari jahe maupun sheet mask dengan kandungan ekstrak jahe dapat membuat kulit terlihat lebih bercahaya. Selain itu, masker ini juga akan memberikan kelembapan dan menjadikan kulit lebih lembut.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below