Inspirasi 1980-an di Kolaborasi Gucci X Dapper Dan


  • Inspirasi 1980-an di Kolaborasi Gucci X Dapper Dan
    Gaya busan 1980-an menjadi inspirasi untuk koleksi kolaborasi Gucci X Dapper Dan. (Foto: @gucci/Instagram)

    Kolaborasi antar label fashion menjadi salah satu cara untuk menggapai pasar yang tidak tercapai sebelumnya, terutama jika dilakukan antara rumah mode mewah dengan label streetwear.

    Mulai dari Louis Vuitton, Burberry, Erdem, JW Anderson, Balenciaga, Prabal Gurung, hingga Gucci tidak segan untuk berkolaborasi dengan seniman maupun label fashion lain.

    (Baca juga artikel: Sentuhan Bahan Kulit di Koleksi Kacamata Loewe Terbaru)



    Akhir tahun lalu, rumah mode asal Italia, Gucci, mengumumkan bahwa mereka akan berkolaborasi dengan desainer legendaris yang sukses mengangkat gaya hip-hop pada 1980-an yang memiliki nama asli Daniel Day, Dapper Dan.

    Sebelumnya Alessandro Michele, Direktur Kreatif Gucci, sempat membuat beragam busana yang terinspirasi dari desainer tersebut dalam rangka memberikan sebuah penghormatan kepadanya.

    Meskipun ia sempat dituduh mencontek karya Dapper Dan karena penghormatan tersebut, kolaborasi ini sukses menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh para pencinta mode tahun ini. Koleksi ini pun akhirnya telah diluncurkan secara resmi di situs www.gucci.com dan beberapa butik pilihan Gucci di berbagai belahan dunia pada Selasa (17/7).

    Koleksi yang sarat akan gaya streetwear ini terinspirasi dari sejumlah koleksi bersejarah Dapper Dan, termasuk tracksuit dan jaket, namun hadir dalam sentuhan Gucci yang terlihat di penggunaan bahan dan elemen yang menghiasinya. Contohnya adalah garis merah dan hijau khas Gucci, sulaman bentuk naga, dan simbol GG di atas bahan nilon dan velour.

    Hasil kerjasama ini juga menjadi koleksi pertama yang menampilkan logo Gucci berwarna kuning. Logo ini terinspirasi dari sign orisinil toko Dapper Dan.

    Selain itu, Gucci juga melibatkan fotografer mode ternama Ari Marcopoulos untuk mengabadikan koleksi tersebut dalam bentuk kampanye foto. Kampanye ini menampilkan model pria dan wanita yang mengenakan koleksi Gucci x Dapper Dan di daerah Harlem, New York, yang juga terinspirasi gaya 1980-an.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below