15 Makanan Enak Penambah Stamina Untuk Wanita


  • 15 Makanan Enak Penambah Stamina Untuk Wanita
    (Foto: JÉSHOOTS/Pexels)

    Usai liburan panjang, biasanya pekerjaan akan menumpuk di kantor. Jika kamu termasuk sebagai pegawai yang sibuk, maka dibutuhkan stamina yang tinggi agar bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan, apalagi jika pekerjaan tersebut membutuhkan kekuatan fisik.

    Apabila kamu sedang tidak memiliki stamina yang baik, tak perlu khawatir karena stamina bisa ditingkatkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan makanan yang bisa menambah stamina.

    Berikut adalah 15 jenis makanan penambah stamina yang patut dicoba.



    15 makanan enak penambah stamina untuk wanita.

    1. Telur

    Tak diragukan lagi bahwa telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Selain memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi, telur juga mempunyai banyak protein yang penting untuk membangun stamina.

    Telur juga mengandung sembilan asam amino penting untuk tubuh, yaitu histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine. Kesembilan zat ini juga berguna sebagai sumber energi tubuh kamu.

    2. Ikan

    Mengonsumsi ikan mampu memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung kamu berkat kandungan omega-3, mineral, vitamin, dan protein yang terdapat di dalamnya.

    Selain itu, omega-3 juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja otak serta tubuh. Protein tanpa lemak yang ada terkandung di dalam ikan pun berguna untuk mencapai tingkat stamina yang optimal. 

    3. Selai kacang

    Jika biasanya kamu lebih memilih selai cokelat atau keju untuk dioleskan di atas roti, sekaranglah saatnya untuk beralih ke selai kacang.

    Selai kacang terkenal akan kandungan protein dan lemak sehat yang tinggi, sehingga mampu meingkatkan stamina dengan cepat dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tak salah jika makanan ini disebut sebagai super snack!

    4. Pisang

    Pernah disarankan untuk memakan buah pisang sebelum olahraga? Itu karena pisang kaya terhadap karbohidrat kompleks, serat, dan potasium yang mampu meningkatkan energi kamu.

    Mengonsumsi pisang juga bisa meningkatkan pengeluaran hormon dopamin yang memiliki peran untuk membuat kamu merasa senang, sehingga kegiatan yang harus dilakukan pun terasa tidak berat dan menjadi lebih menyenangkan.

    5. Apel merah

    Pernah mendengar pepatah bahasa Inggris, "an apple a day keeps the doctor away", yang berarti memakan sebuah apel sehari dapat menjauhkan kamu dari dokter?

    Buah apel memang kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, zat besi, hingga serat larut. Tak heran jika buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga berat badan.

    Selain itu, zat besi mampu meningkatkan hemoglobin yang terdapat di dalam darah, sehingga meningkatkan kadar oksigen ke otot dan stamina pun bertambah.

    6. Jeruk

    Buah jeruk terkenal akan kandungan vitamin C. Vitamin ini juga mampu meningkatkan energi tubuh kamu, karena bisa meningkatkan sistem imun dan membersihkan tubuh dari racun.

    Selain jeruk, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan citrus lainnya untuk mendapatkan efek baik yang sama, seperti grapefruit, lemon, dan jeruk limau.

    7. Teh hijau

    Teh yang berasal dari Cina ini identik dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut mampu membantu proses detoksifikasi tubuh dan membuat kamu merasa lebih enerjik. 

    Selain ampuh untuk menambah stamina, teh hijau juga bisa membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan maupun tingkat kolesterol.

    8. Ayam

    Jika kamu ingin merasa enerjik seharian, maka memakan ayam adalah pilihan yang tepat. Daging ayam merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik, sehingga tak hanya mampu meningkatkan stamina, ia juga bisa membantu pertumbuhan otot dan membantu mengurangi berat badan.

    Daripada membeli ayam dari restoran cepat saji yang menggunakan banyak minyak dan bumbu tambahan, ada baiknya untuk memasaknya sendiri di rumah sehingga nutrisinya lebih terjaga. 

    9. Kacang almond

    Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun kacang almond memiliki banyak nutrisi, mulai dari vitamin E hingga omega-3. Sebagai makanan yang mampu meningkatkan metabolisme, kacang almond juga berfungsi sebagai penambah stamina.

    Selain memberikan energi, kacang almond juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, membuat tulang lebih kuat, dan memelihara kesehatan otak.

    10. Oatmeal

    Oatmeal menjadi makanan andalan para atlet yang bergantung pada stamina mereka, karena makanan yang terbuat dari olahan gandum ini kaya akan karbohidrat kompleks dan mampu memberikan energi hingga berjam-jam.

    Tubuh cenderung memproses karbohidrat kompleks lebih lama, sehingga gula darah tetap dalam tingkat yang optimal dan perut terasa kenyang lebih lama.

    11. Quinoa

    Salah satu superfood ini juga menjadi makanan penambah stamina yang patut untuk dicoba. Tak hanya memiliki tingkat protein yang tinggi saja, quinoa juga mengandung serat hingga dua kali lebih banyak dibandingan dengan biji-bijian lainnya.

    Untuk kamu yang membutuhkan energi lebih secara instan dan menjaganya tetap tinggi sepanjang hari, maka quinoa adalah pilihan yang tepat. 

    12. Buah bit

    Tidak semua lidah orang cocok dengan rasa buah bit yang cenderung earthy, sehingga tidak semua mau mengonsumsinya. Padahal, buah bit memiliki nutrisi yang mampu menambah stamina serta mengurangi rasa lelah, seperti vitamin A, vitamin C, potasium, dan serat.

    Buat jus buah bit agar lebih mudah dikonsumsi dan bisa dinikmati manfaatnya.

    13. Anggur merah

    Anggur merah merupakan salah satu buah yang mengandung resveratrol, selain kranberi dan blueberry. Resveratrol adalah senyawa yang baik untuk meningkatkan energi tubuh.

    Selain itu, kandungan gula yang terdapat di dalam anggur merah juga menjadikan buah ini sebagai makanan penambah stamina dan energi secara instan.  

    14. Daging tanpa lemak

    Selain daging ayam, daging sapi juga menjadi sumber protein yang baik. Ia juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang dan bertenaga lebih lama.

    Pastikan untuk mengonsumsi daging sapi yang sudah matang untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular.

    15. Sayuran hijau

    Sayuran hijau biasanya menjadi pilihan bagi kamu yang susah buang air besar karena memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat juga berfungsi untuk menjaga gula darah tetap stabil.

    Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan berbagai jenis vitamin, termasuk Vitamin C yang mampu meningkatkan stamina tubuh. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below