10 Cara Mudah Berbagi Pada Hari Lebaran Ini


  • 10 Cara Mudah Berbagi Pada Hari Lebaran Ini
    (Foto: Cytonn Photography/Pexels)

    Ketika memberi dengan ikhlas, kamu tidak hanya membuat orang lain bahagia, namun juga diri sendiri. Pemberian di sini bahkan tidak selalu harus dalam bentuk materi.

    Patrick Stoekmann, seorang profesional dan personal coach, dalam salah satu artikelnva berjudul Master of The Art Giving, menuliskan, "Secara manusiawi, banyak orang percaya jika memiliki sesuatu yang lebih, maka mereka baru akan memberi lebih banyak. Namun, jika kita berpikir seperti itu, kita tidak akan pernah merasa cukup apalagi untuk memberikan sesuatu pada orang lain."

    (Baca juga artikel: 23 Inspirasi Gaya Hijab Artis Untuk Lebaran Tahun Ini)



    Ia juga menambahkan, "Pada dasarnya semua manusia memiliki hadiah yang dapat diberikan kepada orang lain."

    Hal-hal berikut ini adalah beberapa contohnva.

    10 cara mudah berbagi pada hari Lebaran ini.

    1. Memberikan maaf

    Memaafkan secara tulus terkadang memang tidak mudah, namun jika kita berhasil melakukannya, kita dapat menyembuhkan luka hati orang lain juga diri sendiri. Tentunya hal ini akan membuat kamu dan orang lain lebih bahagia.

    2. Memberikan kebaikan

    Berbuat baik adalah hadiah termudah yang bisa kamu berikan kepada orang lain.

    Rapikan meja dan buang sampahnya di restoran cepat saji setelah kamu selesai Kembalikan troli di supermarket pada tempatnya. Bantu seorang lansia saat harus naik atau turun tangga.

    Daftar yang bisa kamu lakukan tak ada batasnya. Berbuat kebaikan memberikan kebahagiaan bagi si pemberi, si penerima dan siapa pun yang menyaksikannya.

    3. Memberikan bakat

    Mungkin kamu punya keahlian dalam menulis, bercerita, memasak, menari, berpidato, main tenis, atau lainnya. Berikan satu jam waktu kamu untuk melatih seseorang.

    4. Memberikan motivasi

    Rekan kamu mungkin sedang ragu dan takut untuk meneruskan pendidikannva ke jenjang S3. Berikan motivasi sehingga akhirnya ia berani mengambil keputusan tersebut, hal ini bisa meniadi perubahan besar dalam hidupnya, dan kamu merupakan bagian dalam perubahan tersebut.

    5. Memberikan benda tak terpakai 

    Periksa lemari kamu, apakah ada pakaian yang sudah lebih dari setahun tidak dikenakan?

    Menurut Elizabeth Larkin, penulis artikel 7 Signs It's Time to Gel Rid of Your Clothes, jika kamu tinggal di negara dua musim dan ada baju di lemari yang sudah lebih dari 6 bulan tidak disentuh, itu berarti waktunya direlakan.

    Sumbangkan benda yang tidak Anda gunakan atau perlukan lagi kepada mereka yang lebih membutuhkan. Your junk is someone else's treasure.

    (Baca juga artikel: Cara Membuat Opor Ayam Enak Untuk Lebaran)

    6. Memberikan rekomendasi

    Mungkin kamu pernah membaca buku atau blog yang bagus, menikmati restoran unik yang lezat, merasakan produk atau servis yang luar biasa, kenal dokter yang andal. Rekomendasikan hal- hal tersebut, kamu telah menemukan suatu hal menarik dan memberikannva untuk orang lain.

    7. Memberikan donasi

    Umumnya kita akan lebih mudah memberikan benda kepada orang lain, namun tidak demikian dengan uang. Hal ini lebih sulit karena berarti uang yang kita miliki akan berkurang.

    Tetapi memberi donasi tidak selalu harus dalam jumlah besair. Banyak organisasi yang mengajak kamu berdonasi dan dapat dimulai dari nominal kecil, bahkan lebih murah dari segelas kopi yang biasa dibeli.

    8. Memberikan informasi

    Just a click away! Sebarkan informasi tentang suatu kegiatan atau informasi bermanfaat di media sosial. Pastinya ada follower kamu yang tertarik.

    Jika tidak berdonasi atau ikut kegiatan tersebut, paling tidak mereka juga membantu menyebarkan informasi.

    9. Memberikan kehadiran

    Buat seseorang merasa dicintai, istimewa, dan dihargai dengan mengunjungi mereka, menelopon, atau mengisim pesan untuk menanyakan kabar.

    Jadi pendengar untuk cerita bahagia atau keluh kesah kekecewaan mereka. Berian pelukan ketika mereka sedang membutuhkannya.

    10. Memberikan waktu dan tenaga

    Seperti halnya berbuat baik, banyak yang bisa kamu lakukan ketikan menjadi sukarelawan. Membantu di posko bantuan bencana. Aktif membantu kegiatan kebersihan komplek. Merawat anjing atau kucing di tempat penampungan.

    (Teks: Dian Sarwono) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below