8 Produk Skin Care Yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran


  • 8 Produk Skin Care Yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran
    (Foto: freepik/Freepik)

    Ada banyak perlengkapan yang harus dibawa ketika mudik. Mulai dari pakaian sehari-hari, baju baru untuk merayakan Lebaran, oleh-oleh untuk kerabat, teman lama, dan tetangga, hingga perlengkapan elektronik seperti komputer tablet dan kamera.

    (Baca juga artikel: Cara Menghindari Kulit Kering Dan Kusam Di Bulan Puasa)

    Namun, masih ada kebutuhan lain yang harus dibawa dan tak boleh dilupakan, yaitu perlengkapan perawatan wajah alias skin care. Mudik memang bisa disamakan dengan liburan, tetapi bukan berarti kamu boleh libur untuk merawat kulit, karena proses penuaan terus berlangsung setiap detik.



    Jika biasanya kamu bisa melakukan 10 langkah perawatan wajah atau bahkan lebih, maka langkah tersebut bisa dikurangi guna membuat proses perawatan lebih praktis selama mudik. Apalagi jika sudah terlalu banyak barang yang di bawa dan tidak ada tempat lagi untuk menaruh botol-botol skin care.

    Cukup bawa beberapa produk dan memiliki bentuk praktis untuk dikenakan, bahkan ketika berada di dalam mobil sekalipun. Berikut adalah delapan produk skin care yang wajib dibawa saat mudik.

    8 produk skin care yang wajib dibawa saat mudik.

    1. Tabir surya

    Sebagai negara yang berada tepat di bawah garis khatulistiwa, Indonesia disinari oleh matahari dengan cukup terik. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari pun dapat memberikan dampak buruk bagi kulit, mulai dari membuat kulit terbakar, mempercepat penuaan kulit, hingga menyebabkan kanker kulit.

    Oleh sebab itu, kulit wajah dan tubuh harus dilindungi oleh tabir surya (sunscreen). Pilih tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan kebutuhan.

    Apabila akan berada di bawah sinar matahari lebih lama, sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki SPF tinggi. Namun jika kamu tidak akan lama berada di bawah sinar matahari, cukup gunakan tabir surya dengan SPF 15-30 saja.

    Selain berbentuk krim, tabir surya kini juga telah tersedia dalam bentuk spray. Proses pemakaian pun menjadi lebih mudah karena cukup disemprotkan ke kulit dan diratakan dengan tangan.

    2. Pelembap kulit 

    Pelembap kulit atau dikenal juga sebagai moisturizer adalah salah satu produk paling penting dan tak boleh dilupakan kemanapun kamu pergi.

    Pelembap kulit mampu mencegah kulit menjadi terlalu kering ataupun terlalu berminyak. Produk ini juga mampu melindungi kulit yang sensitif, mempercantik warna dan tekstur kulit, serta menghilangkan ketidaksempurnaan jika dikenakan dalam jangka panjang dan teratur.

    Oleh karena itu, pelembap kulit wajib dibawa saat mudik sehingga manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan.

    Jika wadah pelembap kulit kamu terlalu besar atau takut pecah, pindahkan secukupnya ke wadah yang lebih kecil dan terbuat dari plastik, sehingga lebih praktis dan tak perlu khawatir tertumpuk barang-barang lainnya.

    Selain pelembap kulit untuk wajah, jangan lupa untuk membawa pelembap kulit untuk tubuh juga, baik berupa body lotion, body butter, maupun body oil.

    3. Face mist

    Rasa lelah dan stres bisa menyerang dengan mudah ketika mudik. Terutama untuk kamu yang memilih melewati jalur darat dan terjebak di kemacetan.

    Untuk membuat kulit wajah tetap segar, bawa sebotol face mist di tas tangan kamu agar mudah diraih ketika membutuhkannya.

    Selain memberikan kesegaran, face mist juga mampu memberikan kelembapan lebih bagi kulit dan membantu mengontrol produksi minyak wajah. 

    4. Lip balm

    Selain kulit wajah dan tubuh, jangan lupa untuk membawa lip balm untuk memberikan kelembapan kulit bibir selama mudik. Jika bibir sudah terlanjur kering dan pecah-pecah, dibutuhkan hingga beberapa hari untuk mengembalikan kesempurnaannya dan lipstik pun jadi terlihat kurang cantik.

    Hal ini akan semakin mudah terjadi jika kamu duduk tepat di depan AC dalam jangka waktu yang lama saat macet. Untuk mencegahnya, aplikasikan lip balm ketika bibir terasa kering. 

    Apabila kamu termasuk orang yang mudah kehilangan lip balm karena bentuknya yang kecil, tak ada salahnya untuk membawa beberapa jenis sekaligus. Kamu bisa membawa lip balm dengan rasa yang berbeda-beda sehingga proses melembapkan bibir tidak membosankan.

    5. Sheet mask

    Bagi kamu yang ingin tetap memberikan perawatan lebih terhadap kulit selama mudik, bawalah masker dalam bentuk lembaran (sheet mask) agar lebih praktis untuk digunakan.

    Seiring dengan maraknya tren masker ini, semakin banyak pula jenis sheet mask yang tersedia di apotek, department store, maupun toko brand skin care.

    Sheet mask juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk para sepupu atau sahabat yang ada di kampung halaman jika produk tersebut tidak tersedia di sana.

    6. Hand cream

    Lebaran identik dengan silaturahmi yang mengharuskan kamu untuk bersalaman dengan banyak orang. Jangan sampai kulit tangan kamu kasar ketika bersalaman dengan mereka.

    Jika kulit tangan sudah terlanjur kasar, sediakan hand cream untuk memberikan hidrasi lebih dan membuat kulit terasa lebih lembut dengan lebih cepat. Skin care ini juga mampu memberikan lapisan proteksi lebih sehingga mencegah terjadinya kerusakan lebih terhadap kulit tangan.

    Sediakan hand cream di tas tangan agar mudah diraih dan bisa dikenakan begitu tangan terasa kering.

    7. Sabun wajah

    Setelah melewati perjalanan mudik yang panjang dan memakan waktu lama, membersihkan diri tentu harus dilakukan. Pastikan kamu tidak lupa membawa sabun wajah untuk membersihkan segala debu dan kotoran yang menempel selama perjalanan.

    Pastikan tangan kamu sudah dibersihkan sebelum mencuci wajah. 

    8. Tisu pembersih makeup

    Jika kamu mengenakan makeup selama perjalanan mudik, jangan lupa untuk membersihkannya. Bawa pembersih makeup bentuk tisu agar lebih praktis dan mudah digunakan.

    Kamu bisa memilih tisu pembersih makeup yang memiliki fitur eksfoliasi untuk kamu yang ingin melakukan eksfoliasi kulit saat mudik namun tidak ingin membawa lebih banyak produk skin care.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below