Ajarkan Anak Puasa, Artika Sari Devi Tak Beri Reward


  • Ajarkan Anak Puasa, Artika Sari Devi Tak Beri Reward
    Ajarkan Anak Puasa, Artika Sari Devi Tak Beri Reward, (Foto: Qalbi)

    Mengajarkan anak menjalani puasa Ramadan wajib bagi orang tua muslim. Itu karena banyak kebaikan yang ada di dalam sananya, dan bukan sekadar rutinas menahan lapar dan haus


    Hal ini pula yang ada di benak aktris cantik dan model, Artika Sari Devi. Ibu dari dua anak salah satu orang ibu yang ikut mengajarkan anak menjalani puasa Ramadan. Bersyukur, akunya, setiap bulan Ramadan hadir anaknya mau belajar puasa, mulai dari setengah hari sampai full sehari.




    “Anak saya ada dua, umur 8 tahun dan tiga tahun. Alhamdulillah, anak pertama sudah full puasanya. Tapi kalau yang kedua, Zoi, masih belajar,” katanya kepada Her World, di Jakarta Convention Center, Jakarta, baru-baru ini.


    Dalam usaha mengajarkan anak menjalani puasa, penting baginya menyiapkan menu sahur yang menggugah selera mereka. Itu agar mereka mau bangun dari tidurnya dan ikut sahur bersama dengan anaknya. “Saya nggak bisa sembarangan menu. Harus enak dan bergizi juga,” terangnya.


    Tetapi, ia sendiri tahu bahwa mengajarkan anak puasa tidak mudah. Ia sadar bahwa ada jam-jam anak-anak  crancky yang membuatnya sulit menahan lapar dan haus. “’Duh, Ma, jamnya nggak jalan-jalan ya? ‘Duh, Ma, aku sudah haus banget nih” Nah, biasanya momen crancky itu sore hari,” katanya.


    Dalam kondisi tersebut, Istri dari Baim sendiri menyiasatinya tak dengan memberi reward – seperti kebayanyakan orang tua lain. Apakah membelikan dia mainan atau memberi sejumlah uang jajan lebih. Ia lebih suka mengajak anaknya membuat menu berbuka yang enak.


    “Ya, saya tidak nggasih reward. Saya bilang nanti buka puasanya 'ini' lho. Enak deh… Misal, ‘eh, yuk bikin cemilan”, Saya bikinin puding deh yang dicampur dengan buah, dipotong dengan buah mangga. Pokoknya, intinya mengalihkan kegiatan agar tidak terasa laparnya,” cerita Artika.


    “Itu semua praktikan dari anak pertama sampai anak kedua. Tapi, kalau anak kedua saya, Zoi, sukanya diajak bermain dia. Iyaudah, kita ajak main. Kebetulan saya dan Baim setiap bulan Ramadan komitmen untuk mengurangi kegiatan agar bisa lebih khusyuk beribadah. Dan mengajarkan anak berpuasa tidak terasa sulit, karena saya bisa bekerja sama dengan Baim,” pungkasnya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below