Mitologi Wanita Di Pameran Sirap Wadon Di Yogyakarta


  • Mitologi Wanita Di Pameran Sirap Wadon Di Yogyakarta
    (Foto: Dok. Kolektif Tepian)

    Penataan gaya busana kini semakin diminati oleh masyarakat. Tidak hanya di ibukota saja, tetapi juga kota-kota lain seperti Yogyakarta. Fashion stylist asal Yogjakarta, Akib Aryou, pun mengadakan pameran tata gaya bertajuk "Sirap Wadon" yang berarti sihir wanita di Artotel Yogyakarta.

    (Baca juga artikel: Ragam Budaya Indonesia Di Surabaya Fashion Parade Ke-11)

    Ekshibisi yang berlangsung pada 28 April - 24 Mei 2018 ini diproduksi oleh Kolektif Tepian, yaitu sebuah kolektif mode yang dijalankan oleh sepuluh anak muda Yogyakarta. Kolektif ini merupakan bentuk upaya mengembangkan industri mode kota tersebut melalui bidang riset, media mode, serta produksi kreatif.




    Pameran Sirap Wadon kreasi Akib Aryou adalah presentasi dari analisa kritis terhadap isu sosial yang berhubungan dengan wanita. Tokoh mitologi Jawa dan Bali wanita yang cenderung negatif pun dijadikan sebagai contohnya, seperti Calon Arang, Roro Jonggrang, dan Pembayun. Fotografi dan film menjadi bentuk pilihan yang dipilih oleh fashion stylist tersebut.

    "Bagi saya, 'kejahatan' para perempuan ini semata hanyalah karena mereka melawan patriarki. Oleh karena itu, saya berusaha mengisahkan bahwa sihir (sirep) mereka adalah bentuk kesaktian yang menguatkan perempuan (wadon), mereka adalah pahlawan," ujar Akib Aryou.


    Acara pembukaan pameran Sirap Wadon dihadiri oleh banyak tokoh ternama dari dunia mode dan seni, seperti Galuh Anindita (desainer Mahija), Adellya dan Meizha Subagyo (desainer Mardis), Lila Imelda Sari (desainer Lemari Lila), perwakilan dari Uniqlo Indonesia, Ig. Raditya Bramantya (fotografer mode), Alan Mahirma Lars (fotografer mode), Ismail Basbeth (sutradara film), Wregas Bhanuteja (sutradara film), Lyza Anggraheni (ketua Jogja Netpac Asian Film Fest). Ada juga tiga visual creator, Gilang Gil‘ Chandra, Dani Huda, dan Ersya Ruswandono. serta muse pemotretan, Asmara Abigail dan Mila Rosinta.



 

Related Articles

SIRAP WADON

SIRAP WADON

oleh Bung bung

Yogyakarta, Kota Sejuta Pesona dan Nostalgia

Yogyakarta, Kota Sejuta Pesona dan Nostalgia

oleh Imee ester lasma roselin

Rekomendasi Hotel Baru di Yogyakarta

Rekomendasi Hotel Baru di Yogyakarta

oleh Andhini Puteri Lestari

Advertisement - Continue Reading Below