Ragam Budaya Indonesia Di Surabaya Fashion Parade Ke-11


  • Ragam Budaya Indonesia Di Surabaya Fashion Parade Ke-11
    (Foto: Dok. Indonesia Fashion Chamber)

    Industri mode tidak hanya berkembang secara pesat di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia, termasuk Surabaya. Tahun ini, pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza bersama dengan Indonesia Fashion Chamber kembali mengadakan Surabaya Fashion Parade untuk yang ke-11 kalinya pada 2-6 Mei 2018 di Tunjungan Plaza.

    (Baca juga artikel: Deretan Desainer Muda Meriahkan Panggung Fashion Nation)

    Mengangkat tema "Un11té" yang diambil dari bahasa Prancis unité, acara ini menampilkan kebhinekaan Indonesia dengan beragam kebudayaan daerah tetapi tetap dalam satu kesatuan budaya nasional. 



    Ada 40 label yang berpartisipasi di peragaan busana tahun ini, seperti Alphiana Chandrajani, RI Clothing, Interim Clothing, Novita Yunus, Jarit X Dru, Catherine Njoo, Aldre, Yunita Kosasih, Stella Lewis, Bateeq, Phillip Iswardono, Agus Sunandar, Voravaj, Josephine Tan, Obib Nahrawi, dan Sonny Nagasurya.

    Selain itu, Surabaya Fashion Parade juga menghadirkan program talkshow yang membahas tentang mode Tanah Air, seperti “Memahami Makna Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa” yang dibawakan oleh Adi Kusriyanto dan “Zero Waste Kebaya” yang dibawakan oleh Aryani Widagdo Fashion Educationist.

    Ada juga kompetisi Surabaya Model Search, Cipta Motif Batik Surabaya, dan Surabaya Fashion Designer Award yang menjadi bagian dari Surabaya Fashion Parade tahun ini.