Ini Kiat Andien Mendidik Anak Disela Kegiatan Bernyanyi


  • Ini Kiat Andien Mendidik Anak Disela Kegiatan Bernyanyi
    Andien dan Kawa, (Foto: istimewa)

    MENJADI seorang ibu di zaman sekarang banyak tantangannya. Sebab, mayoritas ibu saat ini ikut berkerja seperti suami. Sehingga, agar peran di kantor dan di rumah seimbang, butuh kiat yang dilakukan.  


    Hal ini rupanya dirasakan pula oleh penyanyi, Andien. Buatnya, menjadi seorang ibu disela pekerjaan sebagai penyanyi sulit bisa mengasuh anaknya, Anaku Askara Biru. Itu karena saat melihat Kawa berkembang dari bulan ke bulan, menjadi pengalaman berharga dalam hidupnya.



    Ada rasa senang yang tak bisa diungkapkan kata-kata saat bisa melihat anak berkembang setiap hari -- baik kemampuan bicara atau fisik. Hingga, sekalipun bekerja, Andien masih teringat akan Kawa – wajah dan tingkahnya. Alhasil, ia suka membawanya berkegiatan agar tak kehilangan momen tumbuh kembangnya. Terkait cara mengasuh Kawa, Andien mengaku mempersiapkan diri menjadi seorang ibu sambil berjalan.


    “Waktu pertama kali clueless. Dulu pas jadi ibu kayanya melakukan kegiatan bernyanyi sambil mengasuh anak nggak mungkin. Tapi ternyata menjalani menjadi mungkin. Untuk bisa mencapai itu, fokus saja waktu itu : bagaimana memperhatikan tumbuh kembang Kawa. Alhasil, agenda perkerjaan saya menyesuaikan dengan pengasuhan Kawa,” katanya di GKM Green Tower, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


    Dalam mendidikan, aku Andien, ia tak mengajarkan semua aspek dalam diri Kawa. Di mana yang membentuknya sebagai pribadi yang baik di masa depan.


    “Apa yang kami ajarkan pada Kawa? Semuanya. Aspek motorik, nilai moral, spiritual dan bebagai hal yang kami yakini membentuk pribadi di masa mendatang. Yang kami berikan ialah sebuah ‘pupuk’, yang membantunya jadi pribadi lebih baik saat besar,” pungkasnya.


    Dalam mengasuh, media yang ia pakai ialah lewat Mainan. Tapi eits.. jangan anggap mainan mobil-mobilan ya, ladies. Tidak. Ia membeli mainan edukatif untuk mengasah otak dan motorik fisik Kawa.


    "Selain itu, saya selalu mendampingi. Apapun mainannya saya dampingi. saya timbulkan aktivitas interaktif; ada tanya jawab. Agar mengstimulus otaknya dan kemampuan bicaranya," ungkap Andien



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below