Kampanye Pencegahan Kanker Serviks Terus Dilakukan


  • Kampanye Pencegahan Kanker Serviks Terus Dilakukan
    (Foto: Dok. Golin)

    Sejak meninggalnya salah satu artis ternama Indonesia akibat kanker serviks, kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mencegah kanker serviks semakin digalakkan. Salah satu lembaga yang melakukannya adalah Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS). 

    (Baca juga artikel: Edukasi Pentingnya Pencegahan Kanker Serviks)

    KICKS bersama dengan Plaza Indonesia dan Yayasan Dunia Kasih Harapan "Bracelef Of Hope" kembali mengajak para wanita Indonesia untuk mengingat bahaya kanker serviks dengan menghadirkan pop-up booth Gelang Harapan Kanker Serviks di Atrium Lantai 4 Plaza Indonesia mulai tanggal 16 hingga 30 April 2018.



    Selain pop-up booth, kampanye pencegahan kanker serviks juga dilakukan dalam bentuk diskusi bersama dengan tema "Bebaskan Perempuan Indonesia Berkarya Tanpa Kanker Serviks" tepat pada Hari Kartini (21/4) yang juga menjadi hari ulang tahun bagi KICKS. Dengan diadakannya diskusi ini, wanita masa kini diharapkan menjadi mendapatkan pengetahuan untuk melindungi diri dari ancaman kanker serviks. 

    dr. Cindy Rani, SpOG-KFER mengatakan, “Kanker serviks banyak ditemukan pada perempuan usia produktif, dan dari keseluruhan kasus kanker serviks baru yang ditemukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70% sudah pada stadium lanjut. Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit, lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun. Padahal, kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah. Oleh karenanya, saya sangat menghimbau untuk para perempuan segeralah lindungi diri melalui pencegahan dengan vaksinasi HPV dan deteksi dini karena pencegahan jauh lebih baik serta lebih mudah daripada pengobatan.”

    Salah satu artis Indonesia yang sedang naik daun, Hannah Al Rashid, juga berpartisipasi dalam kegiatan diskusi tersebut. Wanita yang turut berakting di film Warkop DKI Reborn tersebut mengatakan, “Selain memberikan edukasi, KICKS bersama Bracelet of HOPE dan Plaza Indonesia juga berniat merangkul para perempuan yang berpartisipasi di kegiatan advokasi kami dalam membantu kami menyuarakan pentingnya memberdayakan perempuan Indonesia agar dapat menjalani hidup mereka sepenuhnya dengan terus berkarya dan terbebas dari bahaya kanker serviks”.

    Ada juga workshop membuat gelang harapan kanker serviks yang diadakan oleh Kicks x Hope yang diikuti oleh beberapa artis ternama Indonesia, seperti Prilly Latuconsina, Sarwendah, Bunga Jelitha, Hannah Al Rashid, Rianti Cartwright, Millane Fernandez, Olivia Zalianty, Audrey GAC, Yuki Kato, Diera Bachir, dan Titi Rajo Bintang. 

    Gelang harapan kanker serviks sendiri bisa didapatkan dengan harga Rp150.000 di situs resmi Bracelet Of Hope www.gelangharapan.com maupun di pop-up both KICKS yang ada di lantai 4 Plaza Indonesia.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below