Komplikasi Diabetes di Umur 30 tahun, Kok Bisa?


  • Komplikasi Diabetes di Umur 30 tahun, Kok Bisa?
    Foto: Freepik


    Dijawab oleh : dr. Em Yunir, SpPD, KEMD – Sekretaris Jendral Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI)




    PERTANYAAN:


    Halo Dok... Saya mau nanya soal diabetes. Saya punya teman umur 33 tahun, dia seorang kepala keluarga dengan anak dua. Belum lama ini, tanpa diduga ia meninggal karena komplikasi, buntut dari diabetes.


    Saya tahu dia punya diabetes diumur masih muda saya takjub, di tambah kenyataan dia mengalami komplikasi dan meninggal di usia muda. "Kok bisa kena diabetes dan komplikasi? Mana anaknya masih kecil", batin saya. Jadi, saya mau tahu alasannya, karena saya ada keturunan diabetes dan diumur beda tipis dengan saya. Saya mau mengambil pelajaran dari kejadian teman saya. Terima kasih.


    Nada-  Pariaman


    JAWAB:


    Hal yang paling mungkin penyebab seseorang bisa meninggal di usia muda itu karena diabetes yang dimiliki dari faktor genetik. Kemudian, dia punya gaya hidup yang 'jelek', seperti makan makanan yang kurang sehat, makan terlalu banyak, jarang berolahraga, merokok, atau minum alkohol. Jadinya diabetes bisa muncul di usia 30 tahun.


    Tetapi, kalau pola hidup kamu bagus, maka resistensi akan bagus. Dan ini bisa memundurkan kemunculan diabetes di umur 40 tahun.

    Mengapa begitu? Karena genetik tidak bisa dihindari, tapi bisa diundur. Kelainan gen di orang tua akan diwariskan ke anak, tapi bisa dikurangi risikonya dengan pola hidup sehat.


    Jadi, bila kamu punya riwayat keluarga yang punya diabetes dan gaya hidup tidak sehat, mulai dari sekarang mengubahnya. Hal itu agar komplikasi --yang membuat teman kamu meninggal -- bisa diminimalisir secara terus menerus, bahkan sampai kamu di usia 50 atau 60-an.


    Demikian. Semoga penjelasannya membantu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below