Tips Makeup Seru dari Gilbert Soliz!


  • Tips Makeup Seru dari Gilbert Soliz!
    Foto: Dok. @gilbert_soliz/Instagram

    Dalam rangka merayakan hadirnya koleksi makeup yang semakin lengkap dan lebih up to date, Marc Jacobs Beauty mengadakan pesta relaunch di Sephora Plaza Indonesia pekan lalu. Memeriahkan acara ini, hadir pula Marc Jacobs Beauty Global Makeup Artist, Gilbert Soliz. Selain menyaksikan demo makeup seru yang ia peragakan, her world juga berkesempatan untuk berbincang dengannya secara lebih personal. Penasaran rahasia kecantikan apa saja yang ia beberkan? Yuk, simak obrolan kami.




    Marc Jacobs Beauty relaunch at Sephora Plaza Indonesia


    Hi Gilbert, keseruan apa saja yang Anda kerjakan bersama Marc Jacobs Beauty belakangan ini?
    “Well, ini adalah tahun keempat saya menjadi Global Makeup Artist untuk Marc Jacobs Beauty. Sebelum ini saya baru saja dari Dubai untuk peluncuran Shameless Foundation di sana. Ini adalah pertama kali saya mengunjungi Indonesia. Bepergian ke berbagai negara merupakan salah satu hal terbaik dari pekerjaan saya. Menemui perempuan dari berbagai macam latar dan mempelajari pendekatan mereka terhadap kecantikan benar-benar membuat saya terpukau.”

    Dari yang sudah Anda rasakan sendiri, udara di sini cenderung panas dan lembap setiap saat. Hal ini membuat riasan lebih cepat luntur dan terlihat kusam. Punya tips agar riasan tetap awet?  
    “Pertama-tama, saya sangat menikmati tropical humidity ini, sungguh pelarian menyenangkan dari udara New York yang sangat dingin belakangan ini, haha. Jika tinggal di area bercuaca lembap, yang Anda butuhkan adalah produk berdaya tahan tinggi, sesuatu yang stabil dan tidak bergeser setelah Anda mengaplikasikannya. Hal ini bisa Anda temui di kebanyakan produk Marc Jacobs Beauty, seperti 24 hour wear foundation dan eyeliner, hingga 16 hour wear lipsticks. Mempersiapkan kulit wajah dengan primer juga sangat penting. Under(cover) Perfecting Coconut Face Primer mengandung coconut milk & water yang beraksi sebagai magnet untuk membuat makeup benar-benar menyerap dan menyatu dengan kulit. Apabila Anda aktif sehari-hari, memiliki kulit berminyak, atau mudah berkeringat, produk-produk ini akan menjadi sahabat Anda.”

    Full coverage atau long-wear foundation biasanya terasa berat di kulit, bagaimana menyiasatinya agar tetap nyaman?
    “Ok, Anda harus mencoba sendiri Re(marc)able Full Cover Foundaiton Concentrate. Tagline dari produk ini adalah “one dot, full coverage”, dan itu merupakan fakta. Sebagai beauty junkie yang cukup berpengalaman dengan berbagai produk, saya bisa mengatakan bahwa foundation ini jauh lebih ringan dari full coverage foundation lainnya. Aplikasikan dengan The Face III Buffing Foundation Brush untuk mendapatkan efek air brushed. Jika sewaktu-waktu Anda menginginkan coverage yang lebih ringan atau natural, Anda bisa mencampur Re(marc)able Foundation dengan Under(cover) Perfecting Coconut Face Primer. Sangat fleksibel, kan?”

    Dalam koleksi Coconut terdapat Dew Drops Coconut Gel Highlighter dan Glow Stick. Apa perbedaan antara keduanya?
    Dew Drops Coconut Gel Highlighter memiliki tekstur gel-krim untuk efek highlight bernuansa golden-peach yang terkesan hangat dan subtil. Sedangkan Glow Stick berbentuk cream stick padat dan memiliki kombinasi kilau emas serta perak yang seimbang, memberikan efek lebih terang.”

    Mana yang lebih Anda sukai, mengaplikasikan highlighter sesudah atau sebelum foundation?
    “Tergantung dari tekstur dan kondisi kulit. Untuk kulit yang kering, aging, atau kusam, saya memilih untuk mencampurkan primer dengan Dew Drops Coconut Gel Highlighter sebagai dasar. Kenapa? Karena untuk tipe kulit tersebut, hal utama yang dibutuhkan adalah mengembalikan keremajaan kulit sehingga wajah tampak segar dan berbinar dari dalam. Sedangkan untuk kulit yang masih muda dan tidak bermasalah, saya biasanya mengaplikasikan Dew Drops atau Glow Stick setelah foundation untuk menambah kilau di area wajah tertentu. You know your skin best.”

    Berbicara tentang tren, apa yang sebaiknya kita tinggalkan tahun ini?
    “Menggunakan riasan tebal yang tampak seperti “topeng” dan contour berlebihan. Kini saatnya untuk mengaksentuasi kecantikan autentik yang telah dimiliki, bukan merubahnya. There’s always beauty in imperfections.”

    Rasanya warna-warni vibran akan menjadi tren besar tahun ini. Apa tips mudah untuk menghadirkan lebih banyak warna ke riasan sehari-hari tanpa terlihat berlebihan?
    “Betul sekali. Mungkin bagi Anda yang terbisa dengan palet netral akan sedikit ragu untuk mulai bermain dengan warna. Anda bisa memulainya dengan mengaplikasikan warna “berani” hanya di sudut luar mata, trik ini akan menghadirkan flash of color yang indah saat Anda sedang melihat ke bawah atau melirik. Anda juga bisa mengaplikasikan warna sebagai underliner (eyeliner yang diaplikasikan hanya di waterline bawah mata) atau undersmoke (bauran warna di bagian bawah mata), kedua teknik ini menjadi salah satu hottest trends di runway terkini.”




    Oh ya, di Indonesia, eyelash extension sedang menjadi sesuatu yang begitu digemari saat ini. Menurut Anda, riasan mata seperti apa yang terlihat modern untuk look tersebut?
    “Eyelash extension tentunya sudah menjadi look tersendiri, oleh karena itu Anda tidak perlu melakukan teknik riasan yang terlalu rumit untuk sehari-hari. Saya merekomendasikan hanya satu atau dua warna eyeshadow yang dibaurkan ke seluruh kelopak agar tidak terkesan berlebihan. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai warna dari (Eye)conic Multi Finish Eyeshadow Palette untuk tiap kesempatan.”

    Apa lima produk terbaik pilihan Anda dari Marc Jacobs Beauty?
    “Hanya lima? Haha. Yang pasti Re(marc)able  Full Cover Foundaiton Concentrate (sudah dijelaskan di atas). Lalu Le Marc Lip Creme. Lipstik ini sangat nyaman digunakan, teksturnya menyatu sempurna dengan bibir, warnanya intens, dan tahan lama, hands down! Kemudian Eyeconic Multi Finish Eyeshadow Palette – Glambition, fleksibel untuk siang hingga malam hari dan cocok untuk semua warna kulit. Berikutnya, Highliner Gel Eye Crayon Eyeliner. Wajib punya karena eyeliner ini mudah untuk di-smudge sesaat setelah diaplikasikan, dan ketika sudah kering, ia benar-benar akan diam di tempat, tidak luntur sama sekali. Namun, ia juga mudah dibersihkan. Tak ketinggalan, sama seperti Hung, saya juga sangat menyukai Velvet Noir Major Volume Mascara. Ia mampu membuat mata terlihat lebih “hidup” seketika.”


    Saya juga merupakan penggemar Velvet Noir Major Volume Mascara, namun beberapa orang ragu memilih maskara yang tidak waterproof karena takut mudah luntur. Bagaimana menjaga maskara non-waterproof agar tahan lama?
    “Setelah mengaplikasikan satu lapis maskara, ambil sedikit translucent powder dengan jari manis, kemudian bubuhkan dengan lembut pada bulu mata. Aplikasikan lapisan kedua, kemudian akhiri kembali dengan sedikit translucent powder. Partikel bedak akan menyerap minyak dan air pada kandungan maskara sehingga meminimalisir risiko luntur.”



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below