Tips Belanja Hemat Di Luar Negeri


  • Tips Belanja Hemat Di Luar Negeri
    (Foto: freestocks.org/Pexels)

    Untuk sebagian orang, tidak lengkap rasanya jika tidak berbelanja saat liburan. Bahkan mereka akan menyisihkan satu hari dari liburan khusus untuk berbelanja saja. Belanja adalah kegiatan yang sah-sah saja. Tetapi ada baiknya untuk menahan diri agar tidak kalap dan kehabisan uang saat berada di negara orang. Berikut adalah tips hemat belanja di luar negeri.

    (Baca juga artikel: 5 Pengeluaran yang Bisa Dialihkan untuk Tabungan)

    1. Tidak langsung membeli

    Biasakan untuk mengunjungi beberapa toko terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Bisa saja barang yang Anda inginkan ada di toko lain, namun dengan harga yang lebih murah.



    2. Belajar bahasa lokal

    Pelajari bahasa lokal dari negara Anda berkunjung, terutama istilah yang diperlukan dalam kegiatan berbelanja dan tawar-menawar. Praktikkan ketika sedang belanja di pasar dan rayu sang penjual dengan apa yang telah Anda pelajari.

    3. Lihat rak bagian bawah

    Produk yang dipajang pada bagian sesuai jarak pandang mata biasanya memiliki harga yang tidak murah. Produk yang sedang diskon justru biasanya diletakkan di bagian bawah yang tak langsung dilihat oleh para pengunjung. Intip juga keranjang yang ada di bawah meja.

    4. Belanja di pasar

    Toko-toko yang ada di pusat perbelanjaan mungkin memang terlihat lebih menarik, namun harganya pun tentu lebih mahal daripada produk yang dijual di pasar. Padahal, Anda bisa menemukan benda yang sama dengan harga berbeda di dua tempat tersebut. Sejumlah pasar justru memiliki benda yang lebih lucu dan unik daripada yang ada di mall.

    5. Manfaatkan promosi khusus turis

    Jika toko tempat berbelanja menawarkan potongan harga atau bebas pajak khusus untuk turis, maka manfaatkanlah promosi tersebut. Apabila Anda tak menemukan info mengenai promosi tersebut, tak ada salahnya untuk menanyakan kepada petugas kasir ketika hendak membayar.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below